Cara Menabung yang Baik, Unik, dan Kreatif yang Bisa Kamu Coba Biar Cepat Kaya

Cara Menabung yang Baik, Unik, dan Kreatif yang Bisa Kamu Coba Biar Cepat Kaya

Posted by

Selain menghasilkan pendapatan tambahan, berhemat dan menerapkan cara menabung yang baik merupakan langkah yang sedari dulu dipercaya bisa membuat orang cepat kaya. Tapi faktanya memang tak sesederhana itu. Meski terdengar mudah, nyatanya tak semua orang mampu menekuni metode konservatif ini dengan baik dan benar.

Banyak orang yang gagal berhemat dan menabung. Bahkan tak jarang yang mengeluhkan tabungan mereka terpakai lagi dan lagi, hingga akhirnya malah gigit jari tanpa hasil yang berarti. Padahal, baik dalam dunia bisnis maupun bidang pekerjaan apapun, berhemat maupun menabung merupakan salah satu kunci utama agar bisa segera sukses secara finansial.

Cara Menabung yang Baik Perlu Diterapkan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun keluarga, penghematan umumnya dilakukan dengan menekan pengeluaran bulanan sebagai bagian dari cara menabung yang baik. Masalah kemudian muncul saat godaan demi godaan datang menerpa dan Kamu pun kesulitan untuk membendungnya. Akhirnya tak jarang, mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tak penting atau bukan prioritas pun jadi tak bisa dihindari.

Fakta lainnya, semakin bertambah umur seseorang, semakin inventif pula ia saat tiba waktunya untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi bila sudah berkeluarga, tekanan dari sana-sini akan terasa lantaran tanggungan biaya hidup kian meningkat. Alhasil, segala cara dilakukan demi menghemat lebih banyak uang.

Lagipula, realitanya bahkan bila Kamu masih single sekalipun mempunyai tabungan itu penting bagi Kamu yang berencana mewujudkan berbagai tujuan keuangan dan cita-cita tertentu. Pasalnya, rata-rata dibutuhkan sejumlah uang untuk merealisasikan berbagai impian. Sebut saja mulai dari target piknik dan jalan-jalan, membeli rumah idaman, punya kendaraan dambaan, hingga menyelenggarakan pesta pernikahan impian.

Pertimbangkan Cara Menabung yang Baik diluar Metode Konvensional

Kabar baiknya, blog Indodana menemukan beberapa cara menabung yang baik, unik dan kreatif. Bahkan yang jauh dari kata konvensional

Jadi, artikel ini akan mengajakmu menilik beberapa cara menabung yang baik dan anti gagal yang layak Kamu coba. Kamu bisa lupakan sejenak cara lama menabung dalam bentuk deposito, investasi, reksadana atau pun jenis tabungan lain yang Kamu kenal. Terutama jika Kamu sering mengalami kegagalan dalam menyisihkan uang.

Akan tetapi, bukan berarti cara menabung yang konvensional tidak baik untuk dilakukan. Bila kamu memang terbiasa menerapkan cara menabung yang baik lewat metode konvensional, lakukan saja karena memang hasilnya pasti akan baik bila dengan tepat dilakukan.

Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif agar Lebih Sejahtera di Waktu Kamu Pensiun

Cara Menabung yang Baik, Unik, dan Kreatif

Jika berbagai metode mengelola uang yang konservatif itu terasa tak mempan bagimu, mungkin Kamu bisa coba meniru cara-cara berikut yang lebih unik dan kreatif untuk melakukan penghematan. Lakukan langkah-langkah yang rasanya tidak seperti sebuah penghematan dan menabung. Dengan begitu, Kamu pun bisa lebih enjoy hidup seolah tanpa beban, tapi tetap mendapat hasil yang signifikan. Penasaran seperti apa saja? Simak uraiannya sebagai berikut.

1. Potong Otomatis Setiap Bulan Saat Gajian

Cara Menabung yang Baik dengan Potongan Otomatis
Cara Menabung yang Baik dengan Potongan Otomatis

Cara pertama adalah sisihkan sejumlah uangmu setiap habis gajian. Ini cukup mudah untuk dilakukan karena hanya sekali saja Kamu perlu melakukannya dalam sebulan. Jadwalkan  transfer sejumlah uang secara berkala dengan menggunakan internet banking sehari setelah tanggal gajian.

Bank dibuat secara otomatis melakukan transfer ke nomor rekening yang ia buat khusus untuk menabung. Ia pun tak pernah menyentuh uang dalam rekening tersebut, apalagi jika sampai digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan menjadwalkan dan membuat sistem otomatis seperti ini, menurut Jimmy, tak akan ada lagi alasan baginya untuk tidak menyisihkan uang tabungan saat menerima gaji. Sudah banyak bank swasta yang menyediakan fitur internet banking atau mobile banking untuk mempermudah proses transaksi seperti KLIKBCA atau Mandiri Mobile.

2. Hindari Memesan Soda atau Jus Saat Makan di Restoran

Hindari Soda atau Jus
Hindari Soda atau Jus

Biasanya harga minuman di restoran atau café bisa jauh lebih mahal dan berkali-kali lipat dari harga biasa. Jadi jangan pesan soda atau jus saat Kamu hang out. Sebaliknya, pilihlah yang paling murah dan menyehatkan: air putih.

Memesan air putih tak hanya membuatmu bisa lebih menghemat uang tapi juga merawat kesehatan tubuh. Seperti diketahui, air putih memang baik untuk proses detoks dalam tubuh. Sehingga dengan rajin minum air putih, Kamu juga sedang menjaga kesehatan tubuh yang pada akhirnya akan menjauhkanmu dari sejumlah penyakit yang berbahaya. Penghematan jangka panjang, bukan?

3. Tabungan 20 Ribu

Tabungan 20 Ribu
Tabungan 20 Ribu

Pernah mendengar cara yang satu ini? Menabung Rp 20 ribu terhitung cukup sederhana untuk dipraktekkan. Seperti namanya, Kamu hanya perlu menyediakan sebuah celengan dan mengisinya dengan lembar demi lembar uang Rp 20 ribuan.

Buat komitmen bahwa setiap uang pecahan Rp 20 ribuan yang Kamu temukan harus disisihkan ke dalam tabungan. Itu sudah merupakan jatah celengan. Misal, sehabis belanja Kamu temukan uang kembalian dalam pecahan Rp 20 ribuan dua lembar, maka tabungkan keduanya dan langsung pisahkan ke dalam celengan. 

Lakukan dengan konsisten, maka dalam seiring berjalannya waktu uang yang dikumpulkan akan mencapai jumlah yang besar tanpa Kamu sadari.

4. Cat Atap Rumah dengan Warna Putih

Cat atap Rumah dengan Warna Putih
Cat atap Rumah dengan Warna Putih

Kamu yang sudah punya rumah sendiri juga bisa mencoba cara ini. Cat atap rumahmu dengan warna putih untuk penghematan. Warna putih diketahui bisa membuat penggunaan energi jadi lebih efisien. Tagihan listrik bisa berkurang dibuatnya. Hasilnya? Menghemat budget untuk pengeluaran daya listrik dan juga hemat energi.

5. Menabung Sesuai Tanggal

Menabung Sesuai Tanggal
Menabung Sesuai Tanggal

Cara ini menitikberatkan pada tanggal hari ini sebagai penentu nominal tabunganmu. Jadi misalkan sekarang tanggal 28. Berarti Kamu mesti menabungkan Rp 28 ribu, Rp 2 juta 800 ribu, atau Rp 28 juta. Yang penting sesuaikan dengan tanggalnya.

Jika Kamu melakukannya secara berurutan dari tanggal 1-31, begitu seterusnya dari awal hingga akhir bulan selama setahun, maka hasil nominalnya akan bervariatif tapi menakjubkan. Contohnya saja, Kamu menabung mulai dari tanggal 1 sebesar Rp1.000, tanggal 2 sebesar Rp2.000 hingga tanggal 30 yakni Rp30.000, maka jika dihitung totalnya, dalam sebulan Kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp465.000-Rp496.000. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Bayangkan dalam setahun, setidaknya kamu bisa mendapatkan tabungan sekitar Rp5.580.000.

Cara ini terbilang seru dan sebagai pengingat, kamu juga bisa membuat kertas petunjuk hari di depan kotak penyimpanan/ stoples uangnya. Ia akan menandainya jika sudah berhasil menyisihkan uang setiap harinya. Akan tetapi, Kamu harus konsisten dan tak boleh ‘bolong-bolong’ dalam menyisihkan uangnya.

6. Simpan Barang di Kulkas

Simpan Barang di Kulkas
Simpan Barang di Kulkas

Untuk penghematan lainnya, Kamu juga bisa menyimpan barang seperti lilin, cat kuku dan kosmetik (yang bukan makanan) di dalam lemari pendingin. Penyimpanan barang di lemari es ini rupanya bisa memperpanjang ‘umur’ barang. Dengan demikian, tak perlu khawatir soal tanggal kadaluwarsa, karena beberapa barangmu bisa jadi lebih awet lagi setelah berdiam di dalam kulkas.

7. Stop Berlangganan E-mail dari Retail dan Online Shop

Stop Belanja Online
Stop Belanja Online

Stefanie O’Connell yang merupakan penulis buku keuangan personal dan sekaligus dikenal sebagai ‘Millenial Money Expert’  mengungkapkan bawah e-mail berisi promo dari online shop dan retail bisa menggoda imanmu untuk menabung dan berhemat. O’Conell pun menyarankan agar Kamu stop saja berlanggananan newsletter promo seperti itu.

Tanpa adanya akses penawaran promosi, tentu saja niat belanja Kamu bisa berkurang dan secara tidak langsung bisa menghemat pengeluaran kamu tiap bulan. Ingat karena kita sering termakan promosi online untuk membeli berbagai barang yang tidak kita butuhkan.

8. Bawa Selalu Foto Goal Berhemat

Bawa Foto untuk Motivasi Menabung
Bawa Foto untuk Motivasi Menabung

Apa saja cita-cita dan impianmu? Kamu bisa mengumpulkan foto-fotonya dalam smartphone Kamu atau dalam sebuah folder. Bila perlu, rangkum dalam sebuah folder dan laminating semuanya. Jadikan foto-foto goa-mu itu sebagai pengingat.

Bawa kemana-mana sehingga dalam setiap kesempatan, di setiap hal yang sedang Kamu kerjakan, Kamu akan termotivasi untuk menabung dan berhemat demi perwujudan cita-citamu itu. Sebenarnya saran ini kerap diberikan dalam berbagai buku pengembangan diri (papan visi/ vision board). Dan benar mujarab adanya.

Sebagai contoh, Kamu mau pergi mengunjungi Austria dan Vienna sebagai tempat wisata impianmu. Cetak foto-foto yang Kamu suka dan taruh dalam dompet atau jadikan sebagai wallpaper laptop dan juga layar ponselmu. Hal ini bisa menjadi alarm belanja bagimu. Setiap kali Kamu membuka dompet untuk membayar belanjaanmu, Kamu akan teringat untuk menabungkan sejumlah uang. Mending mana, menabung untuk jalan-jalan ke Vienna atau belanja yang tidak perlu?

9. Sisihkan Uang Kertas Terkecil

Sisihkan Uang Kertas TerkecilSisihkan Uang Kertas Terkecil
Sisihkan Uang Kertas Terkecil

Cek dompetmu sekarang. Ada berapa nominal terkecil dari pecahan uang kertas yang Kamu punya? Rp2.000? Rp20.000? Rp50.000? Berapa pun nominal terkecilnya, langsung masukkan ke dalam celengannmu.

Agar konsisten, miliki waktu khusus untuk Kamu menabung setiap harinya. Misal, Kamu mau melakukannya beberapa saat sebelum pergi tidur. Kamu juga bisa menabungkan pecahan uang terkecilmu di waktu lainnya, yang penting selama sudah tak ada transaksi lagi dalam hari tersebut. Cara ini membuatmu menyisihkan sejumlah uang dengan hasil yang bisa bervariasi dan tergantung dari isi dompet.

10. Tabungkan Recehanmu

Tabungkan Uang Receh
Tabungkan Uang Receh

Stop menyepelekan uang recehan. Sediakan celengan khusus dengan ukuran besar untuk menabungkan uang receh yang Kamu punya.  Meski terkesan santai dan fun, tapi ternyata hasilnya bisa sangat signifikan. Jika kamu memiliki banyak receh dari hasil kembalian belanja dan transaksi lainnya, segara taruh di toples atau tempat penampungan lain.

Tidak jarang kita mendengar berbagai cerita sukses orang-orang yang berhasil membeli motor lewat tabungan uang receh yang mereka sisihkan. ‘Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit’ peribahasa ini rasanya sangat tepat mewakili cara menabung yang satu ini. Jangan terlalu banyak berpikir, sisihkan saja uang receh kamu dan tanpa kamu sadari hasilnya akan menjadi besar.

Baca Juga: Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin Alasan-Alasan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Wujudkan Mimpimu Dimulai dari Cara Menabung yang Baik

Demikianlah kesepuluh cara unik dalam berhemat dan menyisihkan sejumlah uang untuk keperluan di masa mendatang. Tertarik mencobanya? Cara di atas memang bukan hal baru. Meski begitu, semunya layak ditiru demi untuk mewujudkan cita-citamu. Jangan biarkan mimpimu hanya sekadar mimpi, wujudkan sekarang juga dengan mengambil langkah kecil, yakni hidup lebih hemat dan menyimpan sejumlah uang. Good luck!

Butuh Dana Tambahan untuk Masa Depan? Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Investor Sekarang!