Pekerjaan Sampingan dengan Upah Besar yang Terlihat Mudah Tapi Sulit

Posted by

Di tengah kebutuhan hidup yang kian beragam dan harga barang serta jasa yang semakin tinggi, mengandalkan hidup hanya dari gaji bulanan saja sepertinya tidak cukup. Terbukti dari semakin banyaknya orang yang menjalankan bisnis sampingan hingga mengambil pekerjaan sampingan. Semua itu dilakukan demi untuk mendapatkan penghasilan ekstra, yang tentunya dilakukan demi untuk menunjang taraf dan kualitas hidup yang lebih baik.

Jangankan bagi yang sudah berkeluarga, mereka yang masih single pun kerap mengambil pekerjaan sampingan demi untuk mewujudkan berbagai tujuan finansial. Pasalnya, mengandalkan gaji bulanan saja seringkali belum cukup. Seringkali, gaji bulanan seolah hanya menumpang lewat saja untuk memenuhi kebutuhan. Padahal, idealnya, di samping memenuhi kebutuhan, Anda juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk emergency fund (dana darurat), tabungan, investasi, asuransi, tunjangan kesehatan hingga dana untuk pensiun.

Pekerjaan Sampingan Sebagai Solusi Mencapai Tujuan Finansial

Dengan demikian, mengandalkan pekerjaan sampingan agar mendapat uang ekstra kini menjadi solusi yang seringkali disarankan oleh para perencana keuangan.

Semua membutuhkan usaha yang signifikan mengingat kekayaan tak dapat dibangun hanya dalam satu malam. Sehingga selain menambahkan pekerjaan sampingan, ada beberapa cara lain yang juga patut diterapkan agar segera bisa mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Pekerjaan Sampingan Sebagai Pembelajaran Finansial

Tak dapat dipungkiri, terus menerus belajar mengenai pengelolaan keuangan akan membuat Anda semakin cakap dalam prakteknya. Hal ini dikarenakan manajemen finansial tak hanya melibatkan teori keilmuan tapi juga seni.

Sejatinya, agar Anda dapat memaksimalkan kondisi finansial Anda, Anda perlu terlebih dahulu menjadi melek finansial. Belajar mengenai keuangan saat ini bisa jadi lebih mudah karena didukung dengan kemajuan zaman. Anda dapat memaksimalkan keberadaan internet dan menggali lebih seputar strategi finansial seperti menabung dan investasi.

Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapat pekerjaan sampingan. Dengan kecanggihan teknologi yang kian mutakhir saat ini, pilihan kerja yang baru pun menjadi semakin beragam. Akses yang bertambah luas membuat beberapa lapangan dan jenis pekerjaan baru kini bermunculan karena kemajuan zaman.

Sudah banyak orang yang memanfaatkan keberadaan smartphone-nya untuk menekuni bisnis sampingan dan pekerjaan tambahan. Contohnya saja seperti berjualan online dan masih banyak lagi.

Pekerjaan Sampingan yang Terlihat Mudah Namun Cukup Sulit Dilakukan

Akan tetapi, meskipun pekerjaan sampingan kini lebih mudah diperoleh dan menawarkan uang tambahan yang menggiurkan, namun bukan berarti hal itu mudah untuk dilakukan. Apa saja? Berikut adalah rekomendasi jenis pekerjaan tambahan yang bisa dijadikan pilihan. Simak ulasannya.

1. Make-Up Artist

Pekerjaan Sampingan Make-Up Artist
Pekerjaan Sampingan Make-Up Artist

Menjadikan make-up artist sebagai profesi sampingan juga bisa sangat menjanjikan. Betapa tidak, sekalinya Anda mendapat fee, jumlahnya bisa mulai dari ratusan ribu bahkan hingga jutaan Rupiah. Terdengar menggiurkan, bukan? Bagi Anda yang tertarik untuk menekuninya, Anda bisa mendapatkan uang tambahan dengan cara yang fun dan menyenangkan terutama jika ini memang merupakan kegemaran Anda.

Akhir pekan bisa Anda gunakan untuk menerima proyek sekaligus menghasilkan banyak uang. Umumnya, fee nominal terendah yang bisa diraup untuk sekali make-up adalah Rp 300 ribu per wajah. Bayangkan jika setiap Sabtu dan Minggu Anda mendapatkan job, artinya selama sebulan Anda bisa menghasilkan pendapatan ekstra sebesar Rp 300 ribu x 8 = Rp 2,4 juta.

Jangan lupa juga untuk terus promosikan hasil kerja Anda dengan meng-update media sosial, seperti di Instagram dan Facebook misalnya. Jadikan media sosial Anda sebagai port-o-folio yang merangkum semua proyek yang sudah Anda kerjakan. Bangun reputasi yang baik dengan mengoptimalkan personal branding karena pasalnya, persaingan dalam bidang ini pun terbilang cukup ketat.

Dengan demikian, Anda akan ingin mengembangkan kreativitas dan juga keunikan otentik dari hasil riasan wajah yang Anda miliki. Seperti diketahui, saat ini sudah banyak bermunculan make-up artist profesional maupun yang sekadar hobi dan muncul hanya demi eksistensi dan aktualisasi diri di media sosial saja. Dengan demikian, Anda harus mampu ‘menguasai medan perang’ yang ada.

2. Editor

Pekerjaan Sampingan Editor
Pekerjaan Sampingan Editor

Tawaran kerja sampingan selanjutnya adalah editor. Berbagai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan profesi ini adalah proofreader, editor buku dan juga editor bagi beberapa media online. Dengan semakin banyaknya bermunculan media online saat ini, jurnalisme daring (dalam jaringan) kian diperhitungkan sehingga profesi editor pun semakin banyak dibutuhkan.

Biasanya, sistem kerja freelance ini dibagi menjadi dua skema. Sebagai editor buku contohnya, Anda akan diwajibkan untuk menghadiri briefing di kantor tentu tidak setiap hari, melainkan dalam kurun waktu tertentu.

Beda perusahaan berarti beda pula aturan main yang perlu Anda perhatikan dalam mengedit pekerjaan. Sementara itu, beberapa perusahaan lain tidak mewajibkan editornya untuk bertemu. Dengan sistem kerja remote (jarak jauh), pekerjaan masih tetap dapat diselesaikan sesuai kesepakatan yang ditentukan perusahaan dan para freelancer. Biasanya, hasil pekerjaan cukup dikirimkan melalui e-mail saja.

Bagaimana dengan upahnya? Ada fee yang dihitung berdasarkan jumlah proyek yang dikerjakan. Ada juga yang dihitung bulanan. Misalnya, Anda telah mengedit 7 buku dalam sebulan, maka upah yang akan Anda dapatkan adalah sesuai banyaknya buku yang telah diedit.

Sedangkan untuk yang dihitung bulanan, fee Anda akan tetap dibayar untuk sebulan dan ini tak bergantung dari berapa jumlah buku yang telah selesai Anda edit.

3. Penulis/Writer

Pekerjaan Sampingan Penulis
Pekerjaan Sampingan Penulis

Menjadi writer atau journalist untuk media online pun kian digandrungi saat ini. Meski begitu, serupa dengan editor, proses pengerjaannya tak semudah yang dibayangkan. Selain harus berwawasan luas dan jago menulis, mengetahui etika jurnalisme bagi Anda yang mungkin tidak mempunyai background akademis Ilmu Komunikasi Jurnalistik merupakan hal yang wajib. Ketelitian juga menjadi modal utama dari profesi ini.

Faktanya? Anda harus bersaing dengan banyak freelance writer di luar sana yang bisa jadi sudah dibekali dengan sejumlah pengalaman yang lebih banyak dari Anda. Pekerjaan yang membutuhkan banyak fokus ini juga akan menjadi tantangan tersendiri jika Anda masih baru alias seorang newbie. Ini dikarenakan sebagai freelancer, mereka yang newbie masih diragukan kemampuannya. Inilah yang kadang membuat para newbie kesulitan mendapat proyek.

Saat ini memang sudah cukup banyak portal freelancer yang bisa Anda manfaatkan, sebut saja seperti Sribulancer, Projects, Upwork, dll. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan Anda akan menjumpai saingan yang sama dalam memperebutkan proyek-proyek yang ada. Jadi selain personal branding, kunci lainnya adalah pengalaman.

4. Desainer Grafis

Pekerjaan Sampingan Desainer Grafis
Pekerjaan Sampingan Desainer Grafis

Serupa dengan profesi freelance writer, banyak desainer grafis yang bersaing ketat demi memenangkan proyek pekerjaan. Saking banyaknya pesaing yang lain, kemungkinan terburuknya adalah bisa jadi Anda tidak berhasil mendapat proyek selama satu bulan. Karena biasanya, akan ada banyak faktor juga yang menjadi pertimbangan apakah seorang desainer cocok dengan permintaan perusahaan.

Misalnya mulai dari spesifikasi proyek yang dikerjakan, besaran upahnya hingga tenggat waktu yang diberikan. Anda tentu tak ingin kerja sampingan mengganggu pekerjaan utama Anda. Itulah sebabnya mengerjakan pekerjaan ekstra seperti ini sama sekali tak mudah. Ada manajemen waktu yang perlu diatur sedemikian rupa, dengan sebaik mungkin.

5. Fotografer

Pekerjaan Sampingan Fotografer
Pekerjaan Sampingan Fotografer

Menjadi fotografer juga membutuhkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang spesifik. Khususnya jika Anda tidak diperkuat dengan landasan background akademis yang memadai dalam seni fotografi. Selain itu, modal untuk sarana dan fasilitas yang diperlukannya pun tak bisa dibilang murah.

Pekerjaan sampingan ini juga membutuhkan kesabaran ekstra dan lagi-lagi personal branding. Pasalnya, belum tentu akan ada yang menggunakan jasa Anda selama sebulan. Artinya belum tentu Anda bisa mendapatkan pemasukan. Opsinya, Anda bisa bergabung dengan event organizer atau wedding organizer dan pihak-pihak yang sekiranya membutuhkan jasa Anda.

Anda juga bisa menjualnya ke agensi penjual gambar. Sebagai contoh, mungkin foto Anda yang dipasang di Shutterstock bisa dibeli banyak orang. Di sini bisa jadi kesabaran Anda akan diuji kembali lantaran foto yang terjual menghasilkan pemasukan meski nominalnya tak bisa dibilang besar.

Opsi lainnya, Anda bisa memajang karya Anda di media sosial sebagai personal branding. Seperti diketahui, personal branding merupakan proses memasarkan diri dan karier Anda melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Bukan tak mungkin dengan memajang karya dan memasarkan diri di media sosial, berbagai tawaran yang menghasilkan uang kemudian berdatangan.

Sebagai contoh, banyak selebgram (termasuk fotografernya) di era digital ini yang kemudian mendapat tawaran kerjasama berupa pemasaran iklan lantaran jumlah followers yang banyak.

6. Social Media Evaluator

Pekerjaan Sampingan Social Media Evaluator
Pekerjaan Sampingan Social Media Evaluator

Jika berbicara mengenai profesi satu ini, enyahkan pemikiran bahwa pekerjaan sampingan hanyalah omong kosong dengan pendapatan yang remeh. Pasalnya, penyedia pekerjaan sebagai evaluator sosial media seperti Appen betul-betul memberikan bayaran dalam jumlah yang menggiurkan.

Appen Butler Hill atau Appen, berani membayar US$ 5 setiap hari untuk pekerjaan yang Anda selesaikan. Dengan demikian, jika dihitung totalnya maka Anda akan mendapatkan US$ 150 atau Rp 2,2 jutaan setiap bulannya.

Bagaimana cara kerjanya? Sesuai namanya, sebagai evaluator, Anda hanya perlu menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengevaluasi sebuah iklan yang muncul di social media misalnya. seharinya, Anda akan dikirimi 20 pertanyaan. Adapun pertanyaan-pertanyaan ini akan terus dikirim kepada Anda selama satu bulan.

Meski sekilas tampak mudah, namun jangan salah, kendati Anda sudah mengikuti prosedur yang diberlakukan, nyata untuk melamar menjadi social media evaluator ini bukanlah perkara mudah. Bisa saja Anda dianggap tidak lolos kualifikasi perusahaan tersebut lantaran seleksinya yang cukup ketat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Anda Coba untuk Hasilkan Keuntungan di Era Digital

Lakukan Pekerjaan Sampingan dengan Penuh Dedikasi dan Kesabaran

Meski bekerja sampingan secara online ini terbilang ‘tidak nyata’ karena lebih banyak melibatkan dunia maya, namun nyatanya usaha dan perjuangan yang dikerahkan pun perlu sama dedikasinya sebagaimana pekerjaan-pekerjaan di dunia nyata pada umumnya. Dari sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kesabaran adalah kuncinya agar Anda bisa menikmati hasil kerja sampingan tersebut.

Reputasi yang dibangun pun tak bisa serta merta didapatkan secara instan. Dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang memadai terlebih dahulu hingga akhirnya Anda bisa menikmati tarif yang memuaskan untuk menambah pundi-pundi keuangan Anda. Sebagai permulaan, pastikan Anda memasang tarif yang ramah untuk klien mengingat hal ini merupakan pertimbangan utama di tengah persaingan yang ketat di era digital ini.

Ingatlah untuk senantiasa memberikan yang terbaik semaksimal mungkin melalui hasil kerja Anda agar klien pun terpuaskan dan menjadi pelanggan dari jasa Anda. Review positif darinya juga bisa menjadi nilai tersendiri bagi Anda, khususnya bagi Anda yang perlu direkomendasikan. Jika sudah semakin banyak yang merekomendasikan, Anda pun bisa mendapatkan tarif yang lebih tinggi sehingga pemasukan pun jadi kian bertambah. Semoga kebanjiran proyek dan sukses selalu untuk pekerjaan Anda!

Butuh Tambahan Dana Selain dari Pekerjaan Sampingan? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!