Cara Tampil Keren di Kantor Tanpa Menguras Kantong

Cara Tampil Keren di Kantor Tanpa Menguras Kantong

Posted by

Tak dapat dipungkiri, tampil menarik dengan busana profesional bisa menyokong rasa percaya diri seseorang untuk menjemput kesuksesan. Sudah sejak lama banyak orang mencari cara tampil keren untuk  mendongkrak keberhasilan di dunia kerja. Ini juga berkaitan erat dengan tuntutan pekerjaan pada profesi tertentu untuk selalu memiliki penampilan rapi.

Berpakaian Rapi adalah Kunci Membangun Citra Baik

Berpakaian rapi dan tetap tampil keren di kantor memang merupakan hal penting. Ada pendapat yang mengatakan “Dress for the job you want, not for the job you have”. Sementara yang lainnya berpendapat, “Dress how you want to be addressed,” seolah mempertegas betapa citra seseorang sangat ditentukan oleh kekuatan dari penampilannya. Faktanya, hal ini memang tak terelakkan mengingat orang lain akan menilai Anda dari penampilan luar yang tampak.

Memang benar bahwa pakaian kerja yang dikenakan seseorang tak hanya merupakan formalitas belaka. Nyatanya, gaya berpakaian Anda merupakan salah satu bentuk komunikasi alam bawah sadar yang mengandung ekspresi dan pernyataan diri Anda. Dengan kata lain, disengaja atau tidak, berbusana merupakan salah satu cara manusia mengaktualisasikan dirinya baik secara personal maupun profesional.

Cara Tampil Keren dengan Nyaman dan Hemat

Cara tampil keren tak hanya melulu soal kesesuaian dan penampilan saja. Kenyamanan dalam berbusana juga diperlukan agar seseorang bisa tampil percaya diri hingga akhirnya sukses dalam segala sesuatu yang dikerjakannya.

Terutama jika menyangkut dunia kerja. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menyiapkan uang dalam jumlah besar dan menghabiskan isi rekening demi investasi dalam balutan busana formal idaman Anda. Sebaliknya, jadilah cerdas dan bijak dalam mengatur uang untuk budget busana kerja.

Baca Juga: Cara Cerdas Beli Pakaian Pria yang Kece Buat Kamu yang Hobi

Terlepas dari apakah Anda seorang fresh graduate atau first jobber yang belum lama terjun ke dunia profesional, atau yang sudah berkecimpung dalam industri kerja, artikel ini akan membahas mengenai cara tampil keren di kantor tanpa harus menguras kantong secara berlebihan setiap bulannya. Apa saja poin pentingnya? Simak uraiannya sebagai berikut.

1. Jual Baju yang Tidak Terpakai

Jual Baju yang Tidak Terpakai
Jual Baju yang Tidak Terpakai

Seringkali kita mesti membuang hal-hal lama agar tercipta ruang untuk datangnya hal-hal baru. Merujuk gagasan ini, hal penting pertama yang perlu dilakukan adalah melenyapkan baju-baju Anda yang sudah tak terpakai. Daripada dibiarkan menumpuk, jual atau sumbangkan outfit lama Anda dengan memasang iklan di Carousell atau website sejenisnya. Selain sebagai salah satu cara tampil keren, Jika membersihkan lemari Anda juga sekaligus bisa menambah pundi-pundi keuangan saat ini, mengapa tidak?

Uang yang dihasilkan bisa digunakan untuk membeli busana profesional idaman Anda yang dibutuhkan saat ini, khususnya jika Anda bekerja di lingkungan yang menuntut Anda untuk tampil lebih formal.

Cara ini juga bisa membuat Anda lebih hemat lagi karena biasanya jika Anda merupakan seorang first jobber, gaji pertama yang belum cukup memadai kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan busana kerja. Mengingat outfit yang digunakan tentu berbeda dengan busana semasa kuliah dahulu. Sehingga uang yang Anda dapatkan tak terbuang percuma namun penampilan tetap keren.

2. Beli Bertahap

Beli Baju Secara Bertahap
Beli Baju Secara Bertahap

Cara tampil keren yang kedua adalah Anda juga bisa membeli busana formal secara bertahap dan lakukan sejumlah penyesuaian dalam menentukan prioritasnya. Dengan begini, penghematan masih bisa dilakukan. Contohnya, jika Anda sering menghadiri meeting dan bertemu dengan banyak klien, Anda bisa lebih mendahulukan baju ‘luaran’ terlebih dahulu seperti blazer.

Anda juga bisa mengganti tas ransel dengan model tas yang lebih rapi dan formal seperti tote bag di bulan berikutnya. Belilah satu hingga dua item per bulannya agar keuangan Anda tak habis terkuras.

3. Prioritaskan Pakaian Luar

Cara Tampil Keren dengan Pakaian Luar
Cara Tampil Keren dengan Pakaian Luar

Cara tampil keren yang ketiga. Utamakan beberapa pakaian luar seperti jas, blazer dan vest. Akan lebih baik jika Anda prioritaskan barang-barang  tersebut ketimbang celana dan atau kemeja formal yang mahal. Baju luaran akan lebih efektif dan efisien mengingat lebih sering dikenakan ketimbang kemeja.

Selain itu, luaran yang berbeda-beda bisa dijadikan kamuflase untuk menutupi jas kerja Anda yang belum terlalu banyak. Kuncinya adalah memadukan semuanya dengan kreatif dan semanis mungkin. Dengan demikian, Anda tetap bisa tampil rapi dan gaya di tempat kerja.

4. Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

Cara tampil keren yang keempat, meski harga murah terasa menggiurkan, namun alangkah baiknya jika Anda tetap mengutamakan kualitas dan bukan kuantitas. Alih-alih membeli busana yang murah namun berkualitas rendah, Anda bisa memilih untuk memiliki beberapa baju dengan harga premium yang berkualitas tinggi. Frekuensinya bisa dalam beberapa bulan sekali saja agar terhindar dari pemborosan. Hal ini lebih baik ketimbang memiliki sejumlah pakaian lebih banyak namun tidak tahan lama.

5. Pilih Warna Standar

PIliih Warna Pakaian Standar
PIliih Warna Pakaian Standar

Cara tampil keren yang kelima adalah memilih warna pakaian basic yang cenderung simple namun polos dan elegan. Hal ini juga dapat memudahkan Anda untuk tampil gaya ke tempat kerja. Warna-warna yang netral dan dasar seperti hitam, putih, krem dan abu akan lebih mudah dipadukan ketimbang yang bercorak dan berpola tertentu, atau yang warnanya mencolok serta berani.

Untuk wanita, seorang fashion stylish terkenal dari Galleria Dallas bernama Holly Quartaro memberikan sebuah tips untuk tampil elegan ke kantor. Anda hanya perlu mengenakan beberapa item seperti blus warna krem atau putih yang dipadukan dengan blazer hitam, tas tangan serta sepatu hak yang juga berwarna hitam.

Nantinya, keempat fashion item tersebut bisa dapat di mix and match dengan berbagai busana lain. Contohnya saja, cardigan berwarna beige, berbagai polo shirt warna pastel, dan masih banyak lagi. Yang pasti, desain klasik dengan warna netral akan tetap abadi, tak pernah ketinggalan zaman dan selalu paling mudah untuk dipadukan. Dengan begitu, Anda bisa tampil maksimal meski dengan budget yang minimalis.

6. Hindari Belanja Online

Membeli setelan kantor via online barangkali akan lebih murah. Akan tetapi, ingatlah bahwa busana formal menggunakan bahan yang berbeda dengan pakaian casual. Artinya, jika misalkan ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, jangan harap bisa melar. Daripada nantinya salah ukuran dan jadi tak terpakai (, ada baiknya untuk fitting terlebih dulu agar ukurannya betul-betul pas dengan yang Anda cari.

Terkecuali Anda bisa memastikan bahwa ukurannya akan sangat sesuai dengan tubuh Anda dan barangnya sesuai ekspektasi. Jangan belanja fashion item secara online. Sebaliknya, luangkan waktu untuk hunting fashion item yang ukuran dan potongannya sesuai dengan tubuh Anda dan cocok.

7. Hunting Promo dan Diskon

Jika budget yang Anda miliki belum memadai, disarankan untuk sabar dan terus menabung. Tentunya jangan sampai memaksakan diri hingga berutang. Meski begitu, Anda juga bisa memburu barang yang sedang promo dan diskon.

Kecuali penghasilan Anda sangat besar dan mumpuni, tak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli jas formal keluaran butik ternama atau fashion item yang branded. Karena selain harganya kerap hingga mencapai jutaan Rupiah, mahal atau tidaknya sebuah barang tidak menentukan apakah barang tersebut cocok dikenakan untuk Anda dan membuat penampilan semakin keren.

Jika ada yang harganya ekonomis dan kebetulan sesuai dengan penampilan Anda, mengapa tidak? Apalagi  ternyata item tersebut ternyata harganya sudah dipotong/diskon. Jadi rajin-rajinlah mencari info tentang hal ini, siapa tahu ada diskon yang bisa dimanfaatkan.

8. Untuk Sepatu, Beli yang Berbahan Kulit

Pilih Sepatu Kulit
Pilih Sepatu Kulit

Ada beberapa item yang memang pantas dibeli sekalian dengan harga mahal mengingat kualitasnya. Salah satunya adalah sepatu dan jaket. Alih-alih membeli yang berbahan kulit imitasi, keluarkan dana lebih besar untuk membeli sepatu pantofel kulit. Pasalnya, yang berbahan kulit tentu akan lebih tahan lama, sehingga sebenarnya trik ini juga merupakan salah satu penghematan yang bisa Anda coba. Dengan demikian, sepatu yang Anda kenakan akan bertahan lebih lama dan awet digunakan.

Jika dibandingkan dengan pembelian sepatu yang lebih murah namun sering, budget-nya bisa jadi malah lebih mahal. Ada baiknya juga jika Anda melakukan perbandingan harga ini sebelum memutuskan untuk beli. Sepatu kulit tidak akan mengelupas atau ‘retak’ dalam waktu dekat. Selain itu, sepatu berbahan kulit asli biasanya lebih tahan banting terhadap segala cuaca. 

Miliki setidaknya dua warna sepatu, yakni hitam dan coklat yang akan tampak formal dan profesional. Anda bisa memadukan warnanya agar senada dengan sabuk dan tas Anda.

9. Perhatikan Pemilihan Motif

Meski disarankan untuk memilih yang polos demi kesan profesional, Anda masih bisa memilih motif garis-garis vertikal dan horizontal untuk kemeja, celana dan blazer. Hindari corak yang terlalu ramai agar citra formal dan profesional tetap terjaga. Selain itu, pilihan warna gelap dan terang juga bisa dicocokkan dengan motifnya agar tetap sesuai dengan pribadi dan selera Anda.

10. Jangan Sepelekan Dasi Bila Anda Seorang Pria

Jangan Sepelekan Dasi Pria
Jangan Sepelekan Dasi Pria

Pemilihan warna dan ukuran dasi juga tak boleh diabaikan. Gunakan dasi panjang (necktie) untuk menunjang penampilan bisnis formal. Untuk ukuran, pilih dasi dengan medium size agar terkesan moderen. Umumnya ukuran ini cocok bagi Anda yang berpostur tubuh sedang dan atau agak besar.

Pemilihan dasi ukuran lebar dan besar tidak disarankan, mengingat size ini lebih cocok untuk digunakan oleh senior yang sudah berumur.

Dasi yang berukuran lebih kecil (slim) masih cocok digunakan. Dengan catatan, mesti dipadukan dengan kemeja berkerah sedang (tak terlalu lebar). Terutama jika perut Anda cenderung buncit dan tak rata, hindari dasi dengan model ini.

Untuk warna, pilih dasi polos warna navy blue, hitam atau hijau olive. Mengingat tak semua orang nyaman dengan warna mencolok, Anda hanya boleh menggunakan warna merah jika merasa cukup nyaman dan percaya diri dengan warna yang kesannya agresif dan ambisius tersebut.

Tips terakhir, dasi hanyalah aksesoris. Sehingga disarankan untuk tidak membeli item ini dengan harga yang terlalu tinggi, apalagi jika memiliki harga sampai lebih mahal ketimbang kemeja Anda.

Baca Juga: Batasi Pengeluaran Kamu Dari Hal-Hal Ini agar Hidup Kamu Lebih Hemat

Selalu Sediakan Budget Rutin Tapi Tidak Berlebihan

Demikianlah beberapa tips yang dapat dibagikan terkait busana kerja formal yang menunjang tampilan profesional Anda tanpa harus mengeluarkan budget mahal. Jangan lupa sediakan budget rutin setiap bulannya untuk ‘mencicil’ fashion item apa saja yang Anda butuhkan agar penampilan Anda semakin meyakinkan.

Sejatinya, baik atau tidaknya seseorang memang tak bisa dinilai hanya dari cara mereka berpakaian. Meski begitu, berpenampilan rapi tetap diperlukan mengingat penampilan merupakan kesan pertama bagi semua orang yang bertemu dengan Anda. Dengan pengelolaan budget dan sejumlah tips di atas, semoga penampilan profesional Anda lebih mendukung kesuksesan di kemudian hari serta tetap berbelanja dengan cerdas dan hemat agar finansial tetap aman. Selamat mencoba!

Butuh Dana Buat Beli Baju Keren? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!