Cara Cerdas Beli Pakaian Pria yang Kece Buat Kamu yang Hobi

Cara Cerdas Beli Pakaian Pria yang Kece Buat Kamu yang Hobi Belanja

Posted by

Di era digital yang kini kian modern, fashion makin diminati tak hanya oleh perempuan saja. Kaum Adam saat ini juga lebih aware memperhatikan penampilannya. Segala lapisan masyarakat jadi semakin menyadari betapa pentingnya berpenampilan baik. Meski bukan satu-satunya faktor, namun beberapa studi mengatakan bahwa penampilan yang baik merupakan cara ampuh untuk mendongkrak rasa percaya diri seseorang terutama untuk kaum adam. Sehingga, di zaman sekarang Anda perlu tahu cara beli pakaian pria yang baik untuk tampil lebih modis.

Seringkali dikatakan bahwa pria modern dewasa ini cenderung tidak ambil pusing dalam menghabiskan uangnya sewaktu belanja. Cenderung tanpa berpikir panjang, kebanyakan pria tidak terlalu paham mengenai masalah kualitas bahan, harga dan mode busana. Bahkan tak jarang, mereka mengambil jalan ‘aman’ dengan memberi barang bermerek.

Modal Besar untuk Beli Pakaian Pria

Yang lebih mengejutkan, ternyata pria pun bersedia merogoh koceknya dalam-dalam demi untuk menunjang penampilan mereka. Hal ini terbukti dari sebuah survei di Suncorp Insurance asal Inggris.

Survei yang melibatkan pria di usia 20 tahunan tersebut mengatakan bahwa seorang pria rata-rata rela menghabiskan uang lebih dari Rp 6 juta demi tampil lebih menarik. Apa saja barang yang kerap mereka beli? Rata-rata adalah pakaian pria, sepatu, bahkan hingga perawatan wajah.

Yang menarik, rupanya angka tersebut lebih tinggi ketimbang para responden wanita. Berdasarkan riset ini, diketahui para wanita hanya menghabiskan Rp 5,2 juta untuk membeli kebutuhan yang sama. Dengan kata lain, rupanya banyak pria zaman sekarang yang lebih pesolek daripada wanita.

Baca Juga: Buat Kamu yang Ingin Jadi Pria Mapan, Terapkan 5 Hal Ini Biar Kondisi Keuangan Kamu Makin Mantap

Sebenarnya sah-sah saja untuk tampil keren, kece dan bergaya. Semua orang tentunya tetap ingin menjaga agar penampilan mereka senantiasa menarik dan enak dipandang. Yang terpenting adalah jangan sampai kegiatan berbelanja barang fashion ini menjadi diluar kendali dan mempengaruhi kondisi finansial Anda.

Sebagai pria modern, Anda tak harus selalu membeli item fashion yang serba mahal, branded, berkelas dan dalam jumlah berlimpah banyak ala closet kepunyaan para model. Ingatlah bahwa masih ada banyak kebutuhan lain yang sekiranya wajib diprioritaskan. Selain memenuhi kebutuhan pokok, Anda juga harus mempersiapkan keuangan masa depan dengan lebih banyak menabungkan sejumlah uang.

Sebaliknya, justru pria modern adalah pria yang concern dan cerdas mengelola keuangannya. Agar lebih jelas lagi, berikut ulasan lengkap mengenai cara cerdas beli pakaian pira yang kece. Apa saja?

1. Beli Pakaian Pria dengan Budget Khusus

Pakaian Pria dengan Budget Khusus
Pakaian Pria dengan Budget Khusus

Sebagai pria yang smart dan bergaya, Anda tentu tak mau kebablasan dan terlalu boros dalam berbelanja hanya demi gaya. Untuk itu, perlu ditetapkan batasan besaran budget yang akan digunakan untuk beli pakaian pria. Pasalnya, sama halnya seperti produk-produk untuk para wanita, produk fashion untuk pria saat ini pun sudah semakin banyak ragamnya. Jika tidak berhati-hati, Anda bisa tergoda dan malah menjadi terlalu konsumtif dibuatnya.

Agar keuangan tetap aman terkendali, tentukan berapa besar anggaran untuk belanja produk fashion per bulannya yang masih dianggap normal. Biasakan setiap bulan untuk membuat daftar belanja prioritas, termasuk anggaran untuk belanja kebutuhan ini.

Tak perlu membeli semuanya di bulan yang sama. Tentukan prioritas dan ‘cicil’ saja kebutuhan yang paling utamanya. Misal, jika sepatu Anda sudah rusak maka prioritaskan untuk menggantinya bulan ini. Tunda dulu untuk membeli tas dan jas yang sebenarnya tak terlalu mendesak.

Tentukan juga harga maksimal barangnya. Jadikan hal ini sebagai acuan agar Anda bisa memilih produk yang sesuai budget nantinya. Jangan beli yang harganya lebih dari itu.

2. Sisihkan 50% Budget untuk Pakaian Formal

Pakaian Pria Formal
Pakaian Pria Formal

Anda juga bisa mengalokasikan 50% budget untuk belanja pakaian kerja atau formal. Hal ini akan lebih berguna untuk menunjang kinerja profesional Anda ketimbang busana casual. Membeli pakaian formal tentu akan lebih bermanfaat karena bisa menunjang aktivitas profesional Anda. Seperti ketika bertemu klien misalnya.

Sering-seringlah mencari inspirasi. Saat ini gaya berpakaian para aktor Hollywood pun sangat mungkin untuk dijadikan acuan sebelum memutuskan beli pakaian pria.

3. Sisihkan 20% Budget untuk Pakaian Casual

Pakaian Pria Casual
Pakaian Pria Casual

Bagaimanapun, tak mungkin juga setiap hari Anda melulu berpakaian formal. Pakaian casual juga wajib Anda miliki. Gaya kasual seperti polo shirt dipadukan dengan celana pendek dan sneakers yang sesuai akan membuat penampilan santai Anda tetap gaya dan elegan. Kenakan gaya santai Anda saat menghadiri acara-acara informal dan rekreasi.

4. Sisihkan 30% untuk Belanja Alas Kaki

Sepatu Pria
Sepatu Pria

Sepatu yang tepat tak hanya akan membuat kaki Anda nyaman selama beraktivitas tapi juga menunjang penampilan Anda tetap terlihat trendy dan bergaya. Tidak disarankan untuk menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Selain karena bisa membuat penampilan Anda membosankan, ada risiko penyakit kulit dan bau tak sedap yang mengintai.

Ketentuan idealnya adalah miliki beberapa sepatu yang waktu penggunaannya berbeda. Apa saja? Contohnya seperti sepatu formal ala wingtip, chelsea dan oxford. Ini semua wajib ada di lemari Anda. sementara itu, Anda bisa memilih boat shoes dan sneakers untuk tampilan santai. Anda juga bisa memilih sepatu boots jika senang melakukan aktivitas alam.

5. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum beli pakaian pria, ada beberapa pakaian dasar yang wajib dimiliki. Untuk itu, cek lemari pakaian Anda dan buatlah daftar mengenai item fashion apa saja yang Anda butuhkan. Agar senantiasa tampil rapi dan menarik di berbagai kesempatan, miliki pakaian dasar seperti kaus berkerah (polo shirt), t-shirt (baju kaus), kemeja lengan pendek, kemeja lengan panjang (kasual dan formal), blazer, jas resmi, hoodie. Untuk bawahannya, miliki celana bahan (warna gelap atau netral), celana denim (terang dan gelap), celana chino dan celana pendek.

Untuk sepatu, pria wajib mempunyai pantofel, sneakers (sepatu kasual) dan sandal santai. Cek lemari Anda, sudahkah Anda memiliki semuanya? Jika baru sebagian, berbelanjalah dan lengkapi karena ini merupakan dasar untuk tampil di segala acara.

Cek terlebih dahulu koleksi pakaian Anda di lemari, siapa tahu ada beberapa yang sudah Anda punya tapi lupa, dan masih layak pakai. Sesuaikan warna pakaian Anda dengan postur tubuh. Untuk Anda yang berbadan besar, menggunakan warna gelap akan membuat Anda tampak lebih ramping. Bagi Anda yang bertubuh kurus dan tinggi, warna cerah atau sedikit motif dan bercorak bisa dijadikan pilihan tepat.

Setelah membuat daftar belanjaan mengenai apa saja yang mesti dibeli, tips lainnya adalah Anda bisa mencoba berbelanja secara musiman alih-alih bulanan. Dengan demikian, anggaran yang Anda keluarkan untuk beli pakaian pria bisa lebih diperketat lagi.

Jangan lupa selalu bawa daftar belanjaan Anda saat hunting barang. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari membeli belanjaan yang sebenarnya tidak begitu Anda perlukan. Hindari pemborosan dan belanja sesuai perhitungan anggaran yang sudah disusun sebelumnya.

6. Pilih Model dan Warna yang Netral dan Basic

Warna Pakaian Netral
Warna Pakaian Netral

Gaya berbusana yang model dan warnanya basic akan tampak selalu cocok dan fleksibel hampir di setiap suasana dan acara. Selain itu Anda akan lebih mudah lagi dalam memadukan warna dan modelnya. Misalnya kemeja yang klasik dan polos akan menampilkan kesan simple, rapi, elegan dan modern. Anda bisa memadukan kemeja oxford warna putih yang dikenakan bersama celana chino untuk ke kantor.

Selain agar terhindar dari kesan berlebihan, warna-warna polos yang mendasar seperti hitam putih, abu dan navy bersifat timeless. Anda tak akan pernah tampak kuno dalam mengenakannya di setiap kesempatan. Selain itu, warna-warna basic seperti ini akan lebih mudah untuk dipasangkan dengan warna lain. Dengan begitu, Anda tak perlu terlalu sering berbelanja hanya karena belum mendapatkan bawahan yang serasi untuk kemeja corak bunga-bunga Hawaiian Anda, misalnya.

7. Selalu Kenakan yang Ukuran Pas

Agar nyaman digunakan dan sedap dipandang, Anda akan ingin selalu mengenakan item fashion yang ukurannya pas—tidak kekecilan, tidak juga terlalu longgar atau kebesaran. Beda ukuran akan sangat berpengaruh terhadap penampilan Anda secara signifikan. Jadi kenakanlah potongan yang pas dan sesuai bentuk tubuh Anda.

Mengenakan pakaian yang terlalu sempit bisa mempengaruhi peredaran darah Anda sehingga berpengaruh tak baik bagi kesehatan. Sedangkan pakaian yang terlalu longgar dan kebesaran hanya akan membuat Anda tampak gemuk atau tak terurus. Hindari hal ini.

Itulah sebabnya Anda perlu mencoba dulu sebelum membeli. Hanya beli barang-barang yang memang paling nyaman dipakai dan tampak prima menunjang penampilan Anda.

8. Manfaatkan Kartu Kredit dengan Tepat Guna

Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan kartu kredit sesuai kebutuhan guna menjaga keuangan Anda. Jika ada yang membebaskan biaya pemakaian di luar batas kredit dan biaya keterlambatan pembayaran, manfaatkan dengan tepat kegunaannya. Ini bukan berarti Anda jadi tidak berdisiplin dalam pelunasan kartu kredit, melainkan sebuah opsi lain yang bisa dijadikan solusi jika memang diperlukan.

Sebagai alternatif lainnya, berbelanjalah di e-commerce atau toko yang menjalin kerjasama dengan layanan kartu kredit Anda. Dengan demikian, Anda dapat menikmati dengan maksimal berbagai diskon yang promo yang sedang berlangsung dan tersedia. Kuncinya adalah pemilihan kartu kredit yang tepat untuk keperluan Anda. Langkah ini bisa menjadi salah satu opsi yang tak hanya bijak tapi juga cerdas dalam mengatur keuangan Anda selagi tetap bisa bergaya. Oleh sebab itu, pintar-pintarlah dalam memilih kartu kredit untuk Anda.

Sebagai pria modern dan konsumen yang cerdas, Anda masih bisa mementingkan gaya sembari telaten mengelola keuangan. Cerdas dalam urusan dompet tentunya akan membuat keuangan Anda tetap aman. Ingat, jangan sampai bangkrut hanya karena terlalu memaksakan diri ingin terlihat keren. Sesuaikan dengan budget yang tersedia karena tanpa barang bermerek pun Anda masih bisa tampil berkelas.

Baca Juga: Punya Uang Pas-Pasan Tapi Masih Ingin Bergaya? Coba Terapkan Cara-Cara Ini

Ingat untuk Selalu Cerdas dan Fleksibel dalam Memilih Pakaian Pria

Tentunya bukan berarti Anda tak boleh menjadi pembelanja yang brand minded. Namun akan lebih baik lagi jika pria cerdas bisa lebih fleksibel dalam menyikapinya. Tak perlu terpaku mengacu pada barang-barang branded. Anda bisa tetap berpegang pada budget yang efisien namun hasilnya tetap elegan. Karena yang terpenting adalah kualitasnya dan cocok proporsional. Dengan begitu, uang Anda tak perlu habis sia-sia selagi masih bisa tampil gaya. Selamat berbelanja!

Butuh Uang untuk Beli Pakaian Pria Baru? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!