Mau Jadi Pegawai Bank Yuk Simak Dulu Untung Ruginya Berikut Ini

Mau Jadi Pegawai Bank? Yuk Simak Dulu Untung Ruginya Berikut Ini

Posted by

Setiap orang pasti memiliki pekerjaan impian yang ingin diraih. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan saat ini. Tentu Anda tidak boleh sampai salah dalam memilih pekerjaan, karena hal ini sangat penting menyangkut masa depan diri Anda. Memiliki pekerjaan yang bagus tentu saja menjadi tujuan banyak orang karena bisa menjamin kelangsungan hidup. Salah satu pekerjaan yang bisa Anda coba adalah menjadi pegawai bank.

Pekerjaan Pegawai Bank Banyak Diminati Masyarakat

Jika Anda bekerja di sana, Anda bisa disebut sebagai banker. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang banyak peminatnya karena memiliki banyak keuntungan. seperti lingkungan kerja yang baik, karier yang menjanjikan, dan gaji yang cukup.

Baca Juga: Gaji Tidak Kunjung Naik Walaupun Sudah Kerja Keras? Mungkin Ini Alasannya

Namun tak hanya itu, ketika bekerja dimanapun tentu juga ada berbagai kerugian yang bisa Anda rasakan. Berikut simak beberapa keuntungan dan kerugian jika Anda bekerja sebagai pegawai bank:

Karier Pegawai Bank yang Menjanjikan

Karir yang MenjanjikanKarier yang Menjanjikan
Karier yang Menjanjikan

Menjadi pegawai bank merupakan salah satu profesi dengan jenjang karir yang menjanjikan. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk langsung naik jabatan, akan tetapi bila Anda ulet dalam bekerja dan setia kesempatan promosi pasti akan selalu datang di dunia perbankan.

Di dalam dunia perbankan, Anda dituntut untuk terus bekerja dari bawah. Nah jika Anda berpotensi maka karier Anda akan naik dari waktu ke waktu. Anda mungkin bisa menikmati bekerja di posisi Senior Account Office atau Senior Funding Officer bila sudah bekerja selama 5 tahun bila Anda memang berprestasi.

Gaji yang Bagus

Gaji yang Bagus
Gaji yang Bagus

Jika Anda berbicara tentang pekerjaan, tentunya berhubungan dengan adanya gaji atau upah dari pekerjaan tersebut. Salah satu pertimbangan yang dilakukan oleh pencari kerja sebelum melamar pekerjaan adalah mendapatkan gaji yang bagus. Nah, ketika Anda bekerja di bank, untuk mendapatkan gaji yang bagus adalah hal yang pasti.

Standar gaji yang diberikan pihak bank bisa dibilang di atas rata-rata gaji pegawai pada umumnya yakni sekitar 5 juta keatas Terutama di wilayah Jakarta. Belum lagi ditambah dengan berbagai macam kompensasi dan benefit lainnya seperti asuransi kesehatan, perawatan gigi, santunan melahirkan, dll.

Terbuka untuk Berbagai Jurusan

Terbuka untuk Semua Jurusan
Terbuka untuk Semua Jurusan

Salah satu jenis pekerjaan yang karyawannya bukan hanya dari lulusan yang fokus pada pekerjaan tersebut adalah dengan menjadi pegawai bank. Sudah ada banyak pegawai bank yang ternyata dulunya bukan lulusan akuntansi atau keuangan. Melainkan, banyak yang lulusan kesehatan, guru, komunikasi, pertanian, peternakan, dan bahkan bank juga menerima lulusan SMA/SMK. Tentu hal ini bisa memotivasi Anda untuk melamar kerja di sana.

Apalagi di berbagai bank swasta maupun negeri seperti BCA atau Bank Mandiri sudah memiliki program Management Trainee (MT) yang menjanjikan perekrutan dan pelatihan karyawan dari jurusan manapun. Sehingga, kesempatan Anda bergabung sebagai pegawai tetap bisa dibilang sangat besar apabila mengikuti program ini sampai akhir.

Menunjang Gaya Hidup Dan Pandangan di Masyarakat

Gaya Hidup dan Pandangan Masyarakat
Gaya Hidup dan Pandangan Masyarakat

Menjadi pegawai bank adalah salah satu pekerjaan dengan gaya hidup yang terbilang keren. Banyak orang memandang Anda lebih saat Anda menjadi seorang pegawai bank. Biasanya Anda dituntut untuk berpakaian rapi, bersih, wangi dan menarik. Tentu hal ini bisa menjadikan orang lain senang dan bangga dengan tampilan Anda, terutama orangtua dan kerabat dekat.

Hari dan Jam Kerja yang Teratur

Jam Kerja Teratur
Jam Kerja Teratur

Anda tak perlu khawatir akan jumlah hari dan jam ketika bekerja di bank karena ia memiliki jumlah jam dan hari kerja yang teratur. Hampir semua bank di Indonesia  menerapkan jam kerja dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dari hari Senin hingga Jumat. Dengan begini, Anda bisa menikmati hari pekan bersama keluarga setiap minggunya.

Persaingan yang Ketat

Persaingan Kerja
Persaingan Kerja

Kekurangan yang bisa Anda rasakan ketika bekerja di bank adalah adanya persaingan yang ketat. Untuk menjadi pegawai bank nyatanya tidak semudah yang dibayangkan karena Anda harus memiliki pribadi yang baik dan juga otak yang cerdas. Karena banyaknya peminat yang ingin menjadi pegawai bank membuat persaingan menjadi semakin ketat.

Stress Kerja yang Tinggi

Stress Kerja yang Tinggi
Stress Kerja yang Tinggi

Ternyata ketika Anda menjadi pegawai bank tingkat stres yang bisa Anda rasakan tinggi lho. Hal ini disebabkan oleh tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk bekerja cepat, melakukan pelayanan yang prima dan terbaik serta harus menghadapi konsumen yang memiliki berbagai macam tingkah dengan selalu bersikap sopan dan sabar.

Risiko Ganti Rugi jika Melakukan Kesalahan

Risiko Ganti Rugi
Risiko Ganti Rugi

Jika terjadi salah dalam menghitung atau terjadi kekurangan jumlah uang, Anda wajib untuk mengganti rugi dengan nominal yang sama. Hal ini merupakan risiko yang besar saat bekerja menjadi pegawai bank. Kesalahan tersebut bisa dipengaruhi oleh faktor tubuh yang kurang fit bisa menyebabkan terjadinya human error. Kesalahan digit saja bisa berakibat fatal bagi Anda.

Baca Juga: Strategi Ampuh Biar Kamu Cepat Naik Gaji di Perusahaan

Tahapan yang Harus Dilalui Jika Anda Berminat Bekerja Sebagai Pegawai Bank

Jika Anda ingin melamar untuk bekerja di bank, ada beberapa tahapan yang umumnya wajib Anda lalui secara berurutan demi mendapatkan pekerjaan impian Anda.

  • Pertama, seleksi administrasi dengan mengumpulkan syarat dan kelengkapan dokumen (surat lamaran, daftar riwayat hidup, pas foto, foto copy identitas, foto copy ijazah, dan foto copy transkrip nilai) yang  wajib dilakukan entah dalam bentuk online atau tidak.
  • Kedua, Anda diharuskan untuk mengikuti tes kompetensi (berkaitan dengan ilmu pengetahuan umum) dan juga tes TOEFL (berlaku pada sejumlah bank ternama).
  • Ketiga, tes psikotes untuk mengukur kemampuan intelligence yang Anda miliki.
  • Keempat, adanya tes Aptitude yang tak hanya menekankan pada kemampuan intelejensi saja tetapi juga karakter Anda ketika dihadapkan dengan situasi kerja yang akan tergambar di tes ini. Pertanyaan-pertanyaan pada tes Aptitude diharuskan untuk dijawab dengan jujur tanpa mengada-ngada karena tes ini tidak hanya menggunakan logika saja, namun juga menggunakan hati.
  • Kelima, adanya tahapan simulasi FGD (Focus Group Discussion) yang akan menguji diri Anda untuk menciptakan solusi tiap masalah.
  • Keenam, Anda akan diwawancara oleh bagian HRD bank.
  • Ketujuh, setelah melewati wawancara HRD, Anda akan menghadapi interview user yang dilakukan oleh kepala divisi bagian yang Anda sudah lamar tentang kemampuan hardskill dan softskill Anda.
  • Kedelapan, Anda harus mengikuti tes kesehatan karena di sini menentukan lolos atau tidaknya Anda.
  • Terakhir, jika Anda sudah lolos serangkaian tes dab sebelumnya biasanya Anda akan ditempatkan melalui jalur OJT, Development Program atau Management Trainee, Anda harus melewati pelatihan sebelum resmi diterima sebagai karyawan bank.

Gaji Anda Kurang Mencukupi untuk Keperluan Mendadak? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!