Mau Dapat Uang Tambahan dengan Cepat Lakukan Cara-Cara Sederhana Ini

Mau Dapat Uang Tambahan dengan Cepat? Lakukan Cara-Cara Sederhana Ini

Posted by

Di tengah semakin tingginya harga kebutuhan saat ini, banyak orang yang terus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dalam beberapa momen tertentu, beberapa kebutuhan juga seolah menuntut biaya lain yang diluar dugaan, mendesak dan cukup penting untuk segera dipenuhi secepatnya. Contohnya saja seperti biaya berobat, biaya pendidikan hingga budget lainnya yang juga bersifat penting dan mendesak.

Selain itu, tingginya gaya hidup seseorang juga menjadi penentu seberapa besar jumlah uang yang diperlukan untuk menunjang kehidupannya. Mau tak mau, demi kelangsungan hidup yang tetap terjaga kenyamanannya, dan demi untuk mewujudkan cita-cita yang membutuhkan uang agar dapat direalisasikan, sejumlah uang ekstra haruslah dihasilkan.

Selain juga karena tuntutan hidup, kondisi keuangan yang stabil dan aman terkendali juga harus dijaga. Guna mencapai kemapanan dan kesehatan finansial, urusan menabung dan investasi pun harus didahulukan demi masa depan yang lebih gemilang. Tuntutan keuangan saat ini sama pentingnya dengan kebutuhan unag mencakup masa yang akan datang dan masa depan seperti dana darurat, dana pensiun dan bentuk simpanan lainnya.

Baca Juga: Jualan Online Lewat E-Commerce? Simak Tips Berikut agar Cepat Lebih Menarik dan Laku

Di antara sejumlah kebutuhan yang terus berlomba untuk dipenuhi ini, tak heran jika kebanyakan orang kerap mengalami kesulitan untuk mengelola keuangannya agar tetap mapan di saat ini maupun untuk masa depan. Tentunya, semua orang mengidealkan kondisi keuangan yang mapan dan sejahtera untuk saat ini dan seterusnya.

Bagi sebagian orang, mencari pekerjaan tambahan dan bisnis sampingan mungkin tak bisa dilakukan dengan mudah karena satu dan lain hal. Meski begitu, ada beberapa cara kreatif yang bisa dipraktekkan guna memenuhi kebutuhan dana ekstra secepatnya ini. Triknya adalah dengan memaksimalkan apa yang saat ini berada di depan mata. Anda bisa mengoptimalkan fungsi smartphone yang dimiliki.

Selain itu, tak hanya pekerjaan formal dan non formal saja yang bisa diusahakan. Anda juga bisa menghasilkan sejumlah uang dari hobi, keterampilan dan hal lainnya yang sudah Anda miliki selama ini. Apa saja triknya? Ada bermacam-macam pilihan, simak uraiannya sebagai berikut.

Jual Barang-Barang Bekas Milik Anda

Jual Barang-Barang Bekas Anda
Jual Barang-Barang Bekas Anda

 

Punya banyak barang? Coba periksa lemari dan gudang Anda. Apa saja yang masih berada dalam kondisi terbaik yang bisa Anda lepas. Anda bisa menjualnya dan menghasilkan uang ekstra dari barang dan benda yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Daripada memenuhi rumah dan kamar, bukankah akan lebih baik jika ditukar dengan uang?

Periksa mulai dari pakaian dan buku di lemari dan rak Anda. Berdayakan benda-benda tersebut. Pilih yang masih layak pakai dan layak jual. Foto semuanya dengan semenarik mungkin dan unggah di media sosial serta platform jual beli online yang kini sudah banyak tersedia pilihannya, contohnya seperti Tokopedia dan BukaLapak.

Tips lainnya, Anda bisa mendatangi langsung beberapa lapak yang ada di pasar loak. Tak banyak yang tahu, sebenarnya tak jarang bisa ditemukan di sana beberapa barang yang bermerek. Barang branded tersebut bisa Anda beli lalu dijual kembali ke orang lain dengan harga pantas.

Isi Survei Online dan Dapatkan Rewards

Isi Survei Online
Isi Survei Online

Cara ini juga bisa menjadi opsi yang Anda pilih. Selain bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, cara ini pun tidak membutuhkan skill khusus yang merepotkan. Anda hanya perlu meluangkan waktu dan data internet untuk mengisi survey online dan setelahnya Anda akan mendapatkan bayaran. Yang menarik, ada beberapa dari aplikasi ini yang membayar respondennya dengan Dollar.

Anda bisa mencoba kunjungi situs ViewFruit, Toluna dan iPanel Indonesia. Caranya pun cukup mudah. Sign up saja di salah satu situs tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email Anda setiap kali ada survei terbaru yang muncul untuk diisi. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengisi survey tertentu kemudian mendapat imbalan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Umumnya, Anda akan menerima reward dalam bentuk poin. Dengan mengumpulkan sejumlah poinnya, barulah kemudian Anda bisa menukarnya dengan uang cash, hadiah dan voucher.

Bermain Games

Main Game Online
Main Game Online

Hobi bermain games zaman sekarang bahkan bisa menghasilkan uang. Tak hanya sekadar menjadi kegemaran, para gamers seringkali mendapat uang dengan bermain game. Bagaimana caranya?

Pertama, mainkan game yang akan memberikan reward dalam bentuk uang. Kedua, menjadi gamer profesional. Cara ini sudah semakin umum ditemui. Para gamer rata-rata bisa menjual akun game miliknya. Dengan catatan harus sudah mencapai level tinggi.

Gamer profesional juga bisa mendapat uang dengan menjadi joki bagi akun gamer lain, yakni memainkan ID game dari pengguna lain hingga mencapai level tertentu. Opsi lainnya adalah menjadi game-tester serta bekerja di dalam perusahaan gamer.

Dapat Cashback dengan Foto Struk Belanja

Foto Struk Belanja
Foto Struk Belanja

Meski di Indonesia aplikasi semacam ini masih sedikit, namun Anda sudah bisa mencobanya. Di luar negeri, aplikasi yang memberi rewards saat Anda foto struk belanja sudah lumrah adanya. Namun di Tanah Air, seperti diketahui, Anda bisa mencoba unduh aplikasi Snapcart dan dapatkan cashback dari tiap struk belanja yang Anda dapatkan sehabis berbelanja.

Caranya? Anda harus berbelanja dulu ke swalayan atau supermarket untuk mendapatkan struk. Dan manfaatkan struk belanjanya untuk mendapat cashback. Foto struk belanja tersebut dan unggah ke aplikasi Snapcart.

Selanjutnya, cashback akan ditransfer ke Snapcart Balance Anda. Jika uang di Snapcart Balance milik Anda sudah mencapai hingga nilai tertentu, silakan ditukarkan dengan berbagai opsi reward. Pilihannya adalah voucher, uang tunai hingga non tunai (e-wallet).

Sewakan Kamar Kosong di Rumah

Sewa Kamar
Sewa Kamar

Menyewakan paviliun atau kamar kosong di rumah juga bisa menjadi pilihan passive income yang menyenangkan. Selain mudah, nominalnya pun bisa dibilang lumayan besar. Jika kebetulan Anda tinggal di rumah cukup besar dan masih ada kamar kosong yang memungkinkan untuk disewakan, gunakan aset tersebut dan jadikan kamar itu sebagai kos-kosan.

Akan lebih menguntungkan lagi jika memang ada bagian rumah dan tanah Anda yang cukup luas dan tak digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan situs seperti AirBnB untuk menyewakan kamar kosong Anda.

Jual Hobi dan Jasa Anda

Jual Hobi dan Jasa
Jual Hobi dan Jasa

Punya hobi unik dan kreatif? Anda bisa menjual keahlian dan hobi Anda tersebut sehingga akhirnya mendatangkan uang. Misal Anda senang menggambar dan membuat ilustrasi, maka tawarkan saja jasa Anda untuk menggambar dan membuat ilustrasi kepada orang lain.

Demikian halnya jika Anda suka bermain musik dan memiliki keahlian bermain beberapa alat instrument sekaligus. Hobi lain yang bisa menjadi jasa dan menghasilkan uang adalah menulis, memasak, merias wajah (make-up artist), bahkan hingga memotret. Apapun kegemaran Anda, pastikan untuk diasah terus sehingga bisa menjadi lahan uang ekstra yang mengalirkan dana ke dalam rekening tabungan Anda.

Jual Skill dan Jadi Tentor

Tentor atau Les Privat
Tentor atau Les Privat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, misal Anda diberkahi dengan otak encer dan cakap dalam beberapa skill di luar akademik, Anda bisa menjualnya juga. Dengan menjadi tentor dan guru les private, Anda bisa menghasilkan uang dengan kecakapan yang Anda punya.

Sebagai contoh, Anda bisa menjadi tentor private anak-anak untuk mengajarkan aritmatika berhitung, les alat musik seperti gitar, piano, biola, olah vocal dan lain sebagainya.

Dunia lembaga pendidikan non formal—seperti diketahui—memang memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Ada banyak orang tua di luar sana yang rela merogoh kocek sedalam-dalamnya demi pendidikan sang buah hati tercinta. Jika ternyata Anda mempunyai skill yang mumpuni, jangan ragu untuk menjajalnya.

Mengajar sebagai guru les private selama dua hingga 3 jam bisa mendatangkan uang ekstra yang layak bagi jasa di bidang ini. Selain waktunya yang lebih fleksibel untuk Anda jalani, menjadi guru private sepert ini tentu bisa mendatangkan kepuasan tersendiri bagi Anda lantaran sudah berbagi ilmu.

Mengunduh Aplikasi

Download Aplikasi Penghasil Uang
Download Aplikasi Penghasil Uang

Satu lagi pilihan easy money yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi yang bisa menghasilkan uang. Sudah coba? Install aplikasi ini dan Anda bisa ikuti instruksi yang ada. Instruksinya bisa beragam, mulai dari membuka beberapa situs dan atau mengunduh aplikasi tertentu yang sesuai arahan aplikasi tersebut.

Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan sejumlah poin yang bisa ditukarkan dengan pulsa. Ada pun untuk nominal pulsanya sendiri juga variatif. Mulai dari Rp 5000 hingga Rp 50.000. Dengan memainkan aplikasi ini, setidaknya Anda tak perlu lagi memikirkan soal budget untuk pulsa Anda, bukan? Lumayan untuk mengurangi pengeluaran yang ada.

Usaha Isi Ulang Pulsa

Jual Pulsa Online
Jual Pulsa Online

Salah satu langkah usaha yang bisa Anda coba adalah menjadi agen isi ulang pulsa. Di tengah era digital dimana kebutuhan pulsa semakin tinggi seperti sekarang ini, dijamin usaha Anda tidak akan sepi. Pasalnya, kebutuhan akan pulsa dan data internet saat ini sepertinya sudah bergeser dan naik peringkat menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

Dengan membuka jasa pengisian pulsa, Anda bisa meraup sejumlah keuntungan yang bisa diandalkan untuk menambah isi dompet. Tapi ingat, hindari menerima utang demi lancarnya usaha Anda jika menjualnya ke teman dan orang terdekat.

Bergabung dalam Event Organizer

Daftar Event Organizer

Yang satu ini cocok bagi Anda pribadi Extrovert yang suka kerja di lapangan. Bergabunglah dengan event organizer hingga wedding organizer tertentu. Saat ini jasa mereka semakin banyak dibutuhkan juga oleh masyarakat untuk menangani acara besar seperti musik, festival film dan fashion hingga pernikahan.

Sebagai langkah awal, Anda bisa bergabung sebagai volunteer atau freelancer. Meski pun daily fee yang didapatkan tidak begitu besar, namun hal ini patut dicoba. Tak hanya honor saja, biasanya akan ada makanan dan uang akomodasi yang cukup memadai jika terlibat dalam kegiatan ini.

Selain itu, Anda akan mendapat benefit lainnya yang juga tak kalah pentingnya saat ini, yakni bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Teman baru ini tentu bisa menjadi kolega bisnis yang membuat Anda menimba pengalaman, wawasan, pengetahuan bahkan keterampilan yang baru.

Jadi Makelar atau Perantara

Makelar atau Perantara

Anda punya kemampuan komunikasi, negosiasi  dan marketing yang baik? Menjadi makelar atau perantara bisa dijadikan pilihan untuk menambah keuntungan. Sebagai contoh, misal ada teman Anda yang hendak menjual mobilnya. Anda bisa berperan menjadi perantara/ makelar dengan membantu menawarkan mobil tersebut kepada calon pembeli.

Sebagai imbalan atas jasa Anda, Anda bisa negosiasikan sejumlah keuntungan sebanyak sekian persen dari harga jual mobil tersebut kepada teman Anda.

Baca Juga: Cara-Cara Ampuh agar Anda Bebas dari Hutang Pinjaman dan Hidup Lebih Bahagia

Demikianlah sejumlah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan dengan cepat. Yang mana yang akan Anda coba?