Anda Wanita Karir? Ini 9 Trik Belanja Hemat yang Bisa Kamu Praktekkan

Anda Wanita Karir? Ini 9 Trik Belanja Hemat yang Bisa Kamu Praktekkan

Posted by

Di era emansipasi seperti saat ini, banyak wanita yang memilih melebarkan sayapnya dan menjadi wanita karir. Sebagai wanita modern yang bekerja, banyak juga perempuan yang berprofesi sebagai karyawan mencakup mahasiswi atau ibu rumah tangga. Tuntutan zaman yang semakin maju serta kebutuhan ekonomi yang kian tinggi membuat wanita pun harus bisa mandiri secara finansial.

Dengan segudang kegiatan dan kewajiban yang ada dan harus dipenuhi sebagai wanita karir, wanita dituntut tak hanya mesti cakap menjadi ibu rumah tangga. Mereka juga harus mampu mengelola waktu dan keuangannya dengan baik. Dengan kata lain, menjadi wanita yang jago multi-tasking dan yang pandai mengatur haruslah dimiliki para perempuan dewasa ini.

Banyak juga ibu rumah tangga yang merangkap sebagai wanita karier di masyarakat. Bagi sebagian yang belum punya anak, mungkin masih mampu meng-handle segala sesuatunya sendirian. Namun lain ceritanya bagi mereka yang sudah punya anak dan juga masih harus bekerja. Membagi waktu untuk mengurus keluarga dan pekerjaan bisa jadi merupakan tantangan sehari-hari yang tak bisa dibilang mudah. Salah satunya adalah berbelanja.

Kebiasaan Belanja Wanita Karir untuk Menghibur Diri

Umumnya, kebanyakan wanita menyikapi belanja sebagai ajang menghibur diri. Belanja seolah menjadi jeda untuk keluar sejenak dari rutinitas dan mendapat hiburan. Bahkan meskipun ternyata belanjanya hanya sedikit dan lebih banyak window shopping saja. Aktivitas berbelanja memang menyenangkan sebagai selingan.

Namun bagi mereka para wanita super sibuk yang merupakan ibu rumah tangga dan bekerja, hal ini tak bisa terlalu dinikmati. Malahan aktivitas ini bisa mendatangkan masalah tersendiri karena keterbatasan waktu yang dimiliki. Akan tetapi, kebutuhan dapur, rumah tangga dan keluarga tentu tak bisa ditunda. Seringnya, karena menyangkut soal uang, berbelanja juga tak bisa diwakilkan sehingga Anda harus meluangkan waktu untuk melakukannya sendiri.

Apakah Anda juga mengalaminya? Agar lebih dapat menghemat waktu dan energi, Anda perlu membentuk dan mengembangkan sistem pengaturan yang memadai dalam rumah tangga Anda, dan ini juga termasuk soal pengaturan gaji di setiap bulannya.

Segala hal yang sudah disimpan dengan teratur dan tertata rapi tentu akan lebih memudahkan Anda dalam beraktivitas di kehidupan sehari-hari. Contohnya saja seperti pengaturan keuangan, tempat mainan si kecil, lemari pakaian bahkan hingga penempatan bumbu-bumbu di dapur cantik Anda.

Baca Juga: Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin Alasan-Alasan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Wanita Karir Perlu Mengatur Gaji Setiap Bulan untuk Belanja Hemat

Mengatur gaji Anda setiap bulannya akan teramat sangat bermanfaat bagi keuangan rumah tangga Anda. Anda bisa jadi lebih cepat dan hemat lagi dalam berbelanja kebutuhan keluarga Anda setiap bulannya. Dengan menata dan mengelola keuangan Anda, arus pengeluaran bisa jadi lebih terkendali karena ada prioritas keuangan Anda yang sudah diatur ulang.

Agar segala urusan Anda bisa tetap terlaksana dan kebutuhan di rumah juga bisa terpenuhi dengan segera, mari simak trik berbelanja hemat dan cepat berikut yang bisa dipraktekkan.

1. Terapkan Sistem Amplop

Wanita Karir Perlu Amplop untuk Pembagian Gaji
Wanita Karir Perlu Amplop untuk Pembagian Gaji

Atur kas keuangan Anda ke beberapa kategori dan simpan terpisah ke dalam beberapa amplop. Sebagai contoh, Anda dapat membagi penghasilan Anda ke beberapa kas amplop seperti kas makanan, kas tabungan, kas pendidikan anak, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan rumah tangga Anda.

Dengan mengatur budget sejak awal seperti ini, Anda akan terhindarkan dari pemborosan dan sikap konsumtif yang tak bermanfaat karena tiap pengeluaran sudah dibatasi sesuai porsi. Namun agar prakteknya berjalan sesuai rencana, Anda perlu berdisiplin mengikutinya.

2. Tabungkan 10-30%

Sisihkan 10-30% Penghasilan

Tabungkan minimal sebanyak 10-30% dari penghasilan Anda untuk masing-masing kas Dana Darurat, Tabungan dan Investasi. Dana Darurat (Emergency Fund) yang ideal adalah sebesar 6x dari total biaya hidup keluarga Anda selama sebulan. Dana ini akan sangat bermanfaat untuk menutupi kejadian tak terduga seperti musibah kecelakaan, sakit dan lain-lain. Selain itu, Anda juga akan ingin menyisihkan sejumlah uang untuk biaya pendidikan anak.

3. Susun Daftar Belanjaan

Buat Daftar Belanjaan Sebelum ke Supermarket
Buat Daftar Belanjaan Sebelum ke Supermarket

Susun daftar belanjaan Anda dari prioritas yang paling penting hingga yang paling remeh sesuai kebutuhan. Tempatkan item yang paling tidak dibutuhkan di urutan terakhir dalam daftar agar Anda lebih memprioritaskan yang penting-pentingnya saja. Kemudian jangan berbelanja lebih dari itu.

Hal ini juga berhubungan dengan poin pertama, tulis dalam catatan termasuk daftar kebutuhan belanja Anda seperti kebutuhan mandi, kebutuhan makanan, kebutuhan anak, berbagai tagihan dan cicilan yang perlu dilunasi per bulannya dan lain sebagainya. Dengan demikian, arus pemasukan dan pengeluaran Anda akan lebih tertata rapi dan terperinci lagi. Jika sudah lebih teratur seperti, Anda akan lebih mudah dan cepat lagi dalam mengatur kehidupan sehari-hari.

4. Tentukan Menu Masakan dalam Sebulan

Tentukan Menu Masakan dalam Sebulan
Tentukan Menu Masakan dalam Sebulan

Sebagai wanita karir terkadang Anda pasti cukup sibuk menentukan menu masakan setiap hari. Untuk mempermudah, Anda bisa menentukan menu masakan dalam sebulan sejak awal bulan. Tentukan dalam seminggu ke depan, menu makanan apa saja yang akan Anda buat di rumah. Susun menu masakan hingga sebulan ke depan dengan lebih bervariasi.

Sebagai inspirasi, Anda bisa mengintip ide resep makanan dari berbagai majalah resep yang kini sudah banyak tersedia baik secara fisik maupun elektronik melalui penelusuran internet.

Dengan menentukan menu sejak awal ini akan berpengaruh terhadap daftar belanjaan Anda. Selain itu, karena sudah ditentukan dan dipersiapkan sejak awal, semuanya akan lebih ringkas dan makin cepat kelak dikerjakan. Dengan begitu, baik waktu, uang maupun energi yang Anda keluarkan bisa lebih sedikit.

5. Belanja Sendirian

Belanja Sendiri
Belanja Sendiri

Hematlah waktu Anda dengan pergi berbelanja sendirian. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dan bergegas membeli aja saja yang tertulis dalam daftar belanjaan Anda. Ikuti petunjuk dalam daftar belanjaan Anda dan hindari berbelanja dengan orang lain karena biasanya itu akan membuat orang tergoda untuk mengambil barang tak berguna yang sebenarnya kurang penting.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Marketing Science Institute, semakin banyak teman yang Anda ajak belanja, maka besar kemungkinan akan semakin banyak juga belanjaan Anda. Semakin mahal juga nominalnya. Dari hasil studi kasus yang kemudian dimuat dalam TIME tersebut, diketahui bahwa 65% barang yang dibeli saat berbelanja dengan orang lain ternyata malah tidak berguna. Titipkan dulu si kecil ke orang tua dan pergilah berbelanja sendirian. Dengan begitu, belanja akan lebih cepat, irit dan ringkas.

6. Beli yang Masih Utuh

Beli Bahan Makanan Utuh
Beli Bahan Makanan Utuh

Terkadang agar bisa menghemat uang sebagai wanita karir, ada waktu lebih banyak yang mesti Anda keluarkan. Contohnya dalam hal ini. Jika Anda biasanya kerap membeli sayur dan daging yang telah dipotong, ingatlah bahwa harga item tersebut juga lebih mahal. Sebaliknya, jika Anda membeli yang masih utuh, harganya akan lebih murah. Meski begitu, sebagai konsekuensinya Anda akan perlu meluangkan waktu untuk memotong bahan-bahan tersebut saat ada waktu luang. Simpan di lemari pendingin. Sehingga nantinya bahan-bahan tersebut bisa langsung diolah saat Anda hendak memasaknya.

7. Manfaatkan Promo dan Diskon

Promo dan Diskon Belanja
Promo dan Diskon Belanja

Sebagai wanita karir, telitilah sebelum membeli dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsa, harga yang lebih murah hingga manfaatkan promo dan diskon seperti buy 1 get 1 dan lainnya. Perhatikan juga siapa tahu ada kupon, cashback dan promo kartu kredit lainnya. Anda bisa mengoptimalkan fasilitas tersebut untuk mengirit sejumlah uang.

Terutama jika Anda hendak berbelanja menggunakan credit card, browsing dan cari tahu terlebih dahulu mengenai kemungkinan adanya promo yang bisa mendukung Anda berbelanja lebih hemat lagi.

8. Cermati Rak Atas Bawah, Hunting Area Tengah

Cermati Rak Belanja
Cermati Rak Belanja

Seringnya, peletakkan barang tertentu di supermarket juga dilakukan atas dasar strategi bisnis. Beberapa supermarket kerap menggunakan taktik agar konsumen digiring untuk membeli barang yang lebih mahal. Misalnya, seperti menempatkan barang-barang yang lebih murah di rak bagian atas dan bawah. Sedangkan untuk barang dengan harga termahal akan diletakkan di rak yang posisinya paling mudah untuk dicapai.

Pembeli akan cenderung mengambil barang yang terletak di posisi sesuai tinggi badannya, atau yang sejajar dengan arah pandangan dirinya. Oleh sebab itu, meskipun Anda bergegas tapi tetaplah perhatikan harga dan dapatkan penawaran paling ekonomis yang bisa Anda dapatkan. Temukan yang harganya bersahabat namun tetap terjaga mutunya.

Anda juga bisa menyusuri area tengah dan ujung supermarket. Umumnya, supermarket meletakkan pilihan bahan yang hemat lagi sehat di area tengah dan ujung. Susuri kedua area tadi untuk melengkapi hunting daftar belanjaan Anda.

9. Hindari Membawa Trolley

Hindari Membawa Trolley

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak membawa trolley. Faktanya, Anda bisa tergoda menambahkan 40% barang belanjaan lebih banyak dari yang direncanakan saat mendorong trolley.

Oleh karena itu, kalau daftar belanjaan Anda hanya sedikit, gunakan keranjang saja. Atau bahkan tidak membawa apa-apa sama sekali. Dengan demikian, waktu belanja Anda akan jadi lebih cepat lagi. Tak hanya itu, uang Anda pun akan lebih aman sehingga pengeluaran tetap terkendali dan semua kebutuhan tetap terpenuhi.

Sebelum ke kasir, pastikan Anda tidak membeli lebih dari daftar belanjaan. Periksa lagi apakah Anda betul-betul membutuhkan barang yang sudah Anda bawa di dalam keranjang. Pangkas item yang sekiranya memang tidak dibutuhkan.

Seperti dikutip dari Reader’s Digest, terkuak fakta menarik bahwa 60% dari konsumen sadar benar bahwa mereka telah memasukkan terlalu banyak barang setelah mereka tiba di kasir. Giliran hendak melakukan pembayaran, mereka pun memutuskan untuk tidak jadi membeli beberapa barang dan meninggalkannya di kasir. Evaluasi singkat ini bagus diperlukan untuk Anda berpikir dengan lebih jernih. Anda tentu tak ingin sampai hilang kewaspadaan finansial sehingga apalagi kehilangan uang Anda.

Sebagai tambahan, sebenarnya Anda bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah lagi dengan berbelanja di pasar tradisional. Apalagi jika Anda melakukannya di waktu-waktu tertentu seperti dini hari/ pagi hari. Pada jam-jam dimulainya pasar tradisional, kondisi pasar tak hanya masih sepi pengunjung tapi juga sayur-mayur dan buah-buahannya masih tersedia dalam banyak pilihan, lagi lebih segar. Cobalah berbelanja di sana dan bandingkan sendiri perbedaan harganya.

Baca Juga: Tips Hidup Hemat di Ibukota untuk Kamu Para Pendatang

Tetap Konsisten Atur Waktu dan Keuangan

Demikianlah beberapa trik hemat dan cepat yang bisa Anda praktekkan dalam berbelanja. Sebagai wanita sibuk yang sibuk, adalah penting untuk tetap mengatur waktu dan keuangan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan terkendali. Selamat mencoba, Ladies.

Sebagai Wanita Karir, Jangan Lupa untuk Berinvestasi untuk Masa Depan Ya! Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!