Tips Membuka Bisnis Café Kopi Kecil-Kecilan

Tips Membuka Bisnis Café Kopi Kecil-Kecilan

Diposkan oleh

Sejak dulu, kopi sudah menjadi salah satu minuman populer di Indonesia. Mulai dari kalangan kelas bawah, menengah hingga kelas atas, kebanyakan dari mereka menyukai kopi. Karena kepopuleran minuman yang satu ini, banyak sekali bermunculan ke permukaan pengusaha di Indonesia untuk menggeluti bisnis kopi mulai dari kedai kopi tradisional hingga café bertema moderen.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Anda Coba untuk Hasilkan Keuntungan di Era Digital

Bisnis café adalah peluang besar yang bisa Anda coba karena menjanjikan di masa depan. Tetapi, itu semua tergantung dari bagaimana cara Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut. Penasaran bagaimana cara memulai Lalu bagaimana cara memulai bisnis café kopi kecil-kecilan? Mari ikuti tips di bawah ini:

Yakinkan Niat dan Semangat

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sebuah usaha apapun itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah niat yang kuat dengan semangat yang membara. Sama halnya dengan membuka bisnis café kopi ini. Karena tanpa adanya niat dan keyakinan yang kuat, keberhasilan Anda dalam bisnis tersebut akan menjadi kecil. Maka dari itu, untuk mendukung  agar Anda sangat yakin dengan keputusan Anda, diperlukan untuk melakukan analisa terhadap bisnis tersebut.

Kumpulkan Informasi Pendukung

Setelah Anda meyakinkan diri untuk berniat membuka bisnis tersebut, hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang diperlukan guna membangun bisnis café ini. Anda bisa mencari informasi tentang kemampuan daya beli masyarakat, area mana yang paling berpotensi untuk dijadikan sebagai lokasi café, berapa banyak persaingan yang ada di lapangan terhadap bisnis ini, dan tak lupa apa saja kelebihan dan kekurangan dari saingan Anda. Jangan sungkan untuk bertanya pada teman Anda yang menggemari kopi atau bisa juga mengunjungi langsung warung kopi atau café yang sudah ada untuk mempelajari peralatan membuat kopi, menu apa saya yang cocok untuk disediakan, dan juga harga yang dipatok.

Tentukan Modal

Menentukan besar modal usaha menjadi faktor penting sebelum memulai sebuah usaha. Banyak para pemimpi yang tidak melanjutkan mimpinya untuk memulai bisnis impiannya hanya karena tidak cukupnya modal. Menentukan modal dengan menyesuaikan budget yang ada atau dengan menyusun modal usaha terlebih dahulu baru mencari modal Anda setelahnya. Ketika Anda menentukan modal usaha jangan memaksakan keadaan Anda yang sekarang. Karena jika modal yang harus Anda keluarkan terlalu besar akan membuat usaha Anda tertunda atau bahkan gagal sebelum beraksi. Alangkah baiknya jika Anda bisa menentukan sendiri kemampuan modal Anda baru kemudian menentukan seperti apa café kopi yang akan digeluti nantinya.

Menentukan Lokasi

Setelah menentukan modal, jangan lupa untuk menentukan lokasi café Anda.
Carilah lokasi di dekat kantor, tempat wisata, pasar, atau daerah lain yang ramai dikunjungi. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencari lokasi dimana banyak  anak muda berkumpul seperti di dekat kampus, mall, atau di tempat olahraga. Lain halnya jika Anda ingin membuka warung kopi sederhana, carilah lokasi yang berada di dekat pasar atau tempat-tempat ramai warga desa setempat. Setelah Anda menentukan beberapa lokasi yang strategis, carilah informasi tentang cara agar Anda bisa mendirikan tempat usaha di lokasi tersebut. Tak lupa untuk mengetahui tantangan yang akan Anda hadapi di lokasi tersebut apakah jauh dari rumah Anda atau tidak.

Bekerja Sama Dengan Partner Bisnis Terbaik

Ketika baru saja menjalankan bisnis café pertama Anda ini sendiri, tentu Anda akan kewalahan jika semuanya hanya dilakukan sendirian tanpa bantuan orang lain. Untuk itu, Anda bisa mengajak partner terbaik untuk bekerja sama dalam proses berjalannya bisnis Anda. Anda bisa mengajak orang yang menjadi karyawan Anda sendiri, atau bisa juga teman bahkan suami/istri Anda. Kehadiran partner ini juga memudahkan Anda untuk mendapatkan masukan dan juga nasehat dalam menjalankan bisnis café kopi Anda.

Promosi

Setelah semuanya sudah siap, segeralah meluncurkan bisnis Anda. Sudah hal yang lumrah bahwa bisnis yang baru saja dibuka akan memiliki kendala seperti belum adanya pelanggan yang membeli karena nama bisnis Anda belum dikenal. Oleh sebab itu, hal penting yang bisa Anda lakukan adalah melakukan promosi. Undanglah teman dan keluarga Anda untuk datang di café kopi milik Anda sesering mungkin. Dengan banyaknya pembeli yang sebenarnya adalah teman dan keluarga Anda sendiri dapat memancing pembeli lain untuk mencoba kopi Anda. Biasanya, patokan keramaian pada sebuah café bisa jadi menandakkan kalau minuman yang disajikan enak sekaligus menawarkan harga yang terjangkau di kantong, atau bisa juga pelayanan yang baik.

Legalitas Dan Perkembangan

Walaupun Anda membuka café kopi kecil-kecilan, bukan berarti bisnis Anda tidak berpotensi untuk menjadi café yang besar. Jika merek café Anda sudah berhasil, potensi untuk membuka cabang di tempat lain akan menjadi besar. Café kopi yang mempunyai ciri khas, dan pemasaran yang berhasil akan sangat mudah berkembang ke pasar yang lebih luas lagi. Bisa dengan membuka cabang pribadi atau dengan membuka cabang franchise dengan menyewakan nama café yang sudah dipatenkan. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengurus legalitas izin usaha. Dengan begitu, perkembangan café Anda bisa dengan mudah membesar.

Baca Juga: Tips Pemula untuk Memulai Bisnis baru Agar Cepat Berkembang dan Sukses

Konsep Unik Café Kopi Sederhana Untuk Anda Coba

Bagi para penggemar kopi, meminum kopi apalagi bisa meraciknya sendiri adalah ritual yang menyenangkan. Kopi sudah menjadi rutinitas bagi mereka yang menggemari minuman ini. Jika, Anda tertarik untuk membuka bisnis café kopi, Anda bisa mencoba konsep unik dan sederhana, yaitu:

  1. Jangan minder menggunakan gerobak sendiri untuk menjual kopi dimanapun Anda mau seperti depan kampus, kantor, pasar, atau tempat ramai lainnya.
  2. Padukanlah batu bata di setiap sudut kedai Anda untuk memberikan kesan hangat dan nyaman.
  3. Sewa tempat kosong di seberang gedung, mall, atau hotel untuk membuka tenda usaha kopi mu, tak lupa desainlah semenarik mungkin tenda untuk café kopi kecil-kecilan Anda.
  4. Manfaatkan ruangan atau halaman rumah Anda untuk memulai bisnis kopi ini.
  5. Anda juga bisa menjajakkan kopi dengan mobil terbuka pada sore hingga malam hari di tempat-tempat ramai seperti depan mall atau tempat-tempat wisata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s