Ingin Buka Usaha di Desa?  Kenapa Tidak? Ini Jenis Usaha yang Bisa Anda Pilih

Ingin Buka Usaha di Desa?  Kenapa Tidak? Ini Jenis Usaha yang Bisa Anda Pilih

Posted by

Saat ini tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hidup di kota besar lebih ideal dan cocok untuk mencari uang.  Ungkapan tersebut bisa saja benar dan bisa saja tidak. Tentu untuk Anda yang menginginkan karir yang bekerja di perusahaan, pastinya harus bekerja di kota besar.  Karena standar UMR di kota besar juga lebih tinggi daripada di desa. Tapi beda halnya jika ingin buka usaha di desa. Di kota maupun di desa mempunyai peluang yang sama tergantung dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

Buka Usaha di Desa? Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Kali ini kita akan membahas tentang jenis usaha apa yang bisa Anda lakukan di desa. Buang jauh-jauh pikiran Anda bahwa buka usaha di desa tidak menguntungkan. Jenis usaha yang bisa dijalankan juga bisa terbilang beragam. Simak ulasannya berikut ini.

Bisnis Online

Peluang buka usaha di desa yang pertama adalah membuka bisnis online. Fasilitas internet saat ini tidak hanya bisa didapatkan di kota besar, dengan perkembangan teknologi, masyarakat di desa juga dapat menggunakan internet.  Hal ini memudahkan juga bagi Anda yang ingin melakukan jual beli secara online. Dengan masyarakat desa yang banyak membuat kerajinan tangan, Anda bisa menjualnya secara online lewat berbagai situs jual beli online  seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Ternak Ikan

Peluang buka usaha di desa yang kedua adalah melakukan ternak ikan. Sudah banyak orang yang sukses dari membudidayakan ikan. Harga tanah di desa lebih murah apabila di bandingkan dengan di kota. Anda bisa memanfaatkan lokasi yang sudah Anda miliki untuk kemudian membuat kolam ikan budidaya.  Besar dan jumlah kolam ikan bisa anda sesuaikan dengan luas tanah yang Anda miliki.

Jenis ikan yang sering di budidayakan dan bisa mendatang keuntungan berlimpah untuk orang–orang yang bermukim di desa misalnya Ikan Gurame, Ikan Mas, Ikan Nila, atau Ikan Lele.  Untuk mempelajari cara budidaya ikan, Anda bisa belajar dari buku-buku yang di jual di toko buku di kota pastinya, dan Anda juga bisa baca artikel mengenai hal ini via internet, artikel banyak di bagikan secara gratis. 

Beternak Hewan

Bagi orang desa memelihara hewan ternak merupakan soal yang mudah.  Karena memiliki lahan yang lebih luas dan makanan untuk hewan ternak juga lebih banyak tersedia.  Hewan ternak yang sering dikembangbiakkan adalah bebek, ayam, atau kambing, yang kemudian bisa dipasarkan ke kota.  

Jenis usaha apapun pasti butuh modal, Anda bisa menghitung modal yang Anda miliki bandingkan dengan perkiraan biaya yang mungkin Anda keluarkan.  Buka usaha di desa di bidang peternakan bisa dibilang menguntunkan karena potensi penghasilan peternak yang berada di desa bisa mencapai Rp10 juta perbulan bahkan lebih. Anda bisa menimbang dan memilih ternak apa yang ingin di kembangkan, karena semua ternak yang disebut tadi bisa menghasilkan keuntungan berlimpah.

Menanam Sayuran atau Tanaman Lainnya

Masih berkaitan dengan lahan, Anda tidak selalu harus mempunyai lahan untuk menjalankan usaha, Anda juga bisa menyewa lahan tersebut.  Untuk itu Anda bisa manfaatkan untuk menanam sayur atau tanaman hias yang bisa menghasilkan pendapatan lebih. Adapun sayuran yang bisa Anda tanam misalnya gambas, buncis, singkong, pisang, dan lain-lain.

Usaha Warung

Buka usaha di desa tidak harus melulu lewat ternak atau bercocok tanam. Jika Anda tidak punya lahan yang luas untuk berternak, berbudidaya ikan atau berkebun maka Anda bisa menggunakan bagian kosong di rumah Anda untuk membuka usaha warung.  Usaha ini seperti menyediakan kebutuhan dapur, sayuran, daging, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain. Anda bisa membeli peralatan rumah tangga secara grosir di kota untuk kemudian Anda jual kembali di desa dengan harga yang telah disesuaikan.

Bisnis Potong Rambut

Buka usaha di desa lewat jasa potong rambut juga bisa dibilang menguntungkan. Jika Anda memiliki keahlian potong rambut maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi tukang cukur keliling atau memanfaatkan ruang yang ada di rumah atau bisa juga dengan sewa tempat di pasar tradisional karena cenderung akan ramai.  Anda dapat membuka bisnis ini dengan peralatan yang dibutuhkan seperti kursi, sisir, mesin pencukur, silet, kipas angin, dll. Modal yang dibtuhkan juga tidak terlalu besar.

Usaha Jahitan

Masih yang berkaitan dengan keahlian, bagi Anda yang ingin buka usaha di desa baik wanita atau pria yang memiliki kemampuan atau keahlian dalam hal menjahit maka ini peluang yang paling baik untuk bisa mendapatkan penghasilan.  Anda bisa membuka jasa permak pakaian, pemotongan kain, atau bahkan menerima jasa pembuatan baju sesuai permintaan konsumen.

Usaha Bengkel

Bagi Anda yang tidak mempunyai keahlian, jangan menyerah dulu, Anda bisa buka usaha di desan melalui bengkel. Melihat jumlah sepeda motor yang banyak sekali beredar saat ini, hampir semua orang setidaknya memiliki 1 sepeda motor, bukan hanya di kota saja di desa juga demikian.  Ini merupakan peluang usaha yang bisa disebut paling menguntungkan jika Anda tinggal di desa, karena biasanya belum banyak masyarakat desa yang menjalankan usaha seperti ini.

Baca Juga: Usaha Modal 1 Juta? Bisa Saja Kok! Cek Jenisnya Berikut Ini

Selalu Lihat Peluang yang Terbuka

Itulah usaha-usaha yang bisa dilakukan di desa.  Dimanapun Anda baik di kota maupun desa, selalu ada peluang untuk menjalankan bisnis, hanya bagaimana Anda melihat peluang dan mengelola usaha Anda agar menghasilkan tambahan. Manfaatkan segala kesempatan yang ada dan jalankan usaha yang Anda inginkan. Semoga Bermanfaat!

Butuh Modal untuk Buka Usaha di Desa? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!