Pertimbangkan Kendala-Kendala Berikut Ini Saat Atur Uang Agar Keuanganmu Tetap Terjaga

Pertimbangkan Kendala-Kendala Berikut Ini Saat Atur Uang Agar Keuanganmu Tetap Terjaga

Posted by

Setiap orang tentu ingin segera mendapatkan kebebasan finansial dan hidup makmur, sehat, sejahtera. Namun jalan menuju kebebasan keuangan tersebut tidaklah mudah. Banyak tantangan terjal dan kendala berliku yang harus dihadapi—bahkan meski telah dipersiapkan dengan benar sekalipun.

Lakukan Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Namun pendapat umum mengatakan bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Jika saat ini keuanganmu masih kurang mantap, barangkali ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dan dikoreksi. Ibarat sedia payung sebelum hujan, Kamu juga bisa belajar mengantisipasi dan mencegah sejumlah kendala untuk menjaga keuanganmu. Caranya dengan belajar dari para ahli dan ikuti langkah yang sesuai dengan kondisi keuangan yang sedang Kamu hadapi saat ini.

Baca Juga: Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin Alasan-Alasan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Kendala yang Dihadapi Saat Atur Uang

Mari pertimbangkan beberapa kendala berikut ini saat Kamu tengah menjaga pengaturan keuanganmu. Karena bisa jadi saat ini, atau nanti, Kamu akan menghadapinya.

Kamu Akan Kelelahan

Sejumlah cara untuk meraih kebebasan finansial umumnya diperjuangkan oleh semua orang. Salah satu cara yang konvensional namun jitu meski dibilang kuno adalah berhemat dan menabung. Serta menambah penghasilan dengan beberapa sumber pendapatan sekaligus.

Adakalanya semua ini akan membuatmu lelah. Ini semua bisa menguras kesabaranmu. Wajar saja, Kamu sedang mengendalikan situasi dan dirimu sendiri. Membiasakan diri untuk selalu memperhitungkan uang receh dan menyimpannya, menimbang opsi yang paling irit, menelusuri pengeluaran dan mengatakan tidak pada keinginan dirimu sendiri, semua pasti menguras bukan saja logikamu tapi juga emosimu.

Demi tujuan keuangan ini, ada banyak dari keinginanmu sendiri yang harus dikorbankan. Tapi ingatlah juga bahwa sejumlah orang dapat bertahan hidup dan baik-baik saja berbulan-bulan tanpa membeli pakaian baru. Yang lain juga baik-baik saja mengendarai kendaraan yang sama bertahun-tahun. Orang lain bisa tetap berbahagia meski hanya mengambil liburan sekali saja dalam 10 tahun. Semuanya tergantung dari pengendalian diri dan prioritasmu sendiri.

Namun, tak semua orang akan tahan melakukan hal ini. itulah sebabnya Kamu perlu temukan intensitas dan tempo yang sesuai dengan pribadi dan kedisiplinanmu dalam mengelola keuangan. Berikan dirimu ruang gerak yang diperlukan untuk sukses. Beristirahatlah sejenak bila perlu. Berikan kesempatan agar Kamu santai dan berbahagia.

Bagaimanapun, Kamu akan ingin menetapkan tujuan keuangan yang aman bagi masa depan sekaligus juga membuatmu bahagia menjalani hidup. Tetap tekun dan bersabar ya, karena perjalanan ini merupakan lari marathon yang panjang.

Kamu Juga Akan Kesepian

Tempaan selanjutnya adalah rasa kesepian. Lihat sekelilingmu, saat ini atau bahkan sejak dulu, gaya hidup berhemat bukanlah yang paling populer di kalangan masyarakat. Selain cenderung konsumtif, generasi tertentu bahkan lebih mengutamakan gaya hidup konsumtif dibandingkan hidup irit. Kamu bisa jadi akan dibombardir dengan pesan bahwa harga menentukan kualitas dan sebagainya.

Kamu juga layak mendapatkan yang terbaik mengingat hidup hanya satu kali. Namun jangan terlalu memanjakan diri. Memang benar gaya hidup yang bertentangan dengan arus mainstream bisa membuatmu kesepian. Kamu mungkin akan kehilangan beberapa orang teman yang tujuan keuangannya tak sejalan dengan visi misimu ini. Mungkin juga sulit bagimu untuk menemukan mereka yang sepemikiran dan mendukungmu dalam pengelolaan keuangan yang Kamu jalani saat ini.

Tapi kabar baiknya, Kamu tidak sendirian. Meski tidak banyak, ada juga orang-orang diluar sana yang bertujuan sama sepertimu. Jangan ciut dan merasa terisolasi, apalagi membatalkan misi dan mengikuti kebanyakan orang.

Sebelum Kamu menyerah dan bergabung dengan jajaran orang tak bertanggung jawab dalam keuangannya, pertimbangkan untuk mengganti inner circle-mu. Kelilingi diri dengan orang yang sepemikiran dan setujuan meraih kemandirian keuangan. Cari dan temukan mereka agar Kamu tetap semangat dalam menjalani misi panjangmu ini. Beranikan diri untuk berdiskusi mengenai kemandirian keuangan dengan rekan kerja, teman bahkan anggota keluarga dan komunitas atau forum media sosial.

Kamu Akan Mengalami Kemunduran

Perjalanan panjang ini bukan berarti akan terus naik dan mendaki. Kendala lain yang umum dihadapi adalah Kamu juga akan mengalami kemunduran. Situasi darurat itu benar datang. Dana darurat yang Kamu kumpulkan selama ini akan dikeluarkan segera setelah Kamu menghadapi situasi itu.

Meski memang menguras energi, jangan patah semangat lalu menyerah setelah hal itu terjadi, karena perjalananmu belum berakhir. Buatlah strategi dan susun langkah baru. Rencanakan kembali keuanganmu dengan lebih cerdas dan bijak.

Kamu Akan Mendengar Info yang Bertentangan

Kontradiksi bisa jadi membuatmu goyah. Info keuangan lain yang bertentangan dan disebutkan orang sepertinya menggiurkan dan menyerang keteguhanmu selama ini. Bisa jadi ini akan membuatmu frustrasi. Makin lama Kamu menggeluti sebuah bidang, makin lapar juga Kamu akan informasi seputar hal itu. Ini semua wajar karena Kamu ingin memastikan apakah Kamu sudah berada di jalur yang benar untuk mewujudkan impian keuanganmu.

Namun bahkan para ahli keuangan pun bisa berbeda pendapat mengenai banyak hal. Kamu mungkin akan mengalami momen di mana Kamu dituntut untuk memutuskan pilihan keuangan yang sulit. Ada yang menyarankan agar properti dilunasi sesegera mungkin, sementara yang lain mengatakan sebaliknya. Ada juga cara investasi yang  sangat rumit berbelit-belit dan membingungkan. Hal ini pasti sangat memusingkan.

Cara sederhana dan praktis untuk menghadapi hal ini adalah ini: Jika Kamu tak memahaminya, jangan lakukan itu. Kamu tak perlu memahami semua hal untuk mendapatkan kebebasan finansial. Cukup jalani satu cara yang paling Kamu yakini dengan tekun. Sesuatu yang secara lazim sudah Kamu pahami dengan mudah.

Kamu Akan Ingin Melakukan Semuanya Sekaligus

Kesabaranmu pasti diuji. Kebebasan keuangan memang tak bisa diraih secepat itu. Ada proses panjang dan melelahkan yang akan menempamu habis-habisan. Ibaratnya, bagaimana caranya agar Kamu bisa memakan gajah? Dengan memotongnya kecil-kecil. Lakukan langkah-langkah kecil untuk kesuksesan jangka panjang. Konsistensi di sini merupakan kunci keberhasilan di masa depan.

Lakukan hal yang sama berulang kali untuk membuat kemajuan itu. Membayar utang, menyisihkan dana darurat, menabung dana pensiun dan menyisihkan uang untuk beli mobil akan membuatmu frustrasi jika dilakukan sekaligus pada saat yang bersamaan. Lagipula Kamu tak akan bisa berfokus jika dilakukan dengan cara yang demikian.

Baca Juga: Tiba-Tiba Keluar Uang Karena Hal Tak Terduga? Lakukan 3 Tips Ini Agar Tidak Kaget

Selalu Kerjakan dengan Fokus dan Teliti Kembali Prioritas Anda

Kerjakan perlahan dan fokuskan satu-persatu. Menentukan prioritas yang mana yang terpenting memang merupakan tantangan tersendiri. Tapi kembali lagi, hidup adalah pilihan dengan risiko dan konsekuensinya masing-masing. Triknya adalah melakukan apa yang Kamu bisa, sekarang juga, dengan apa yang Kamu punya saat ini. Percayalah, bahwa dengan kesabaran dan ketabahan, semuanya akan berbuah manis di waktu yang tepat. Sukses selalu dan tetap semangat!

Mulai Persiapkan dana Tambahan untuk Masa Depan! Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!