Hindari 5 Kesalahan-kesalahan Berikut Jika Berencana Ingin Memiliki Kartu Kredit

Hindari 5 Kesalahan-kesalahan Berikut Jika Berencana Ingin Memiliki Kartu Kredit

Diposkan oleh

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran non tunai yang kini banyak digemari di kalangan masyarakat. Memang, dengan memakainya, penggunanya akan terbantu lebih mudah dan praktis dalam bertransaksi belanja. Tak hanya itu, banyak yang tergiur karena kepemilikan kartu kredit sendiri juga memberikan banyak benefit dan manfaat lainnya yang membuat pemiliknya mendapatkan transaksi lebih hemat.

Ada pun keuntungan-keuntungan tersebut bisa didapatkan dalam bentuk poin hadiah, voucher, cashback, diskon, airmiles, cicilan 0% dan lainnya.

Namun, seperti diketahui, kepemilikan kartu kredit bisa menguntungkan tapi juga bisa menjerumuskan pemiliknya ke dalam jeratan utang. Bagaikan koin dua sisi, kartu kredit dapat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi virtual dan juga dana segar. Namun di sisi lain, kartu kredit akan merugikan mereka yang tak bisa bijak dalam menggunakannya.

Credit card sendiri merupakan alat transaksi non-tunai berbasis uang pinjaman dari bank berbunga tinggi. Jadi hat-hati, jika tak cermat dan bijak dalam memanfaatkannya, credit card bisa sebabkan malapetaka yang membahayakan keuangan Anda.

Baca Juga: Takut Mengalami Masalah kartu Kredit? Coba Hindari Hal-Hal Berikut

Untuk itu, ada beberapa kesalahan yang wajib dihindari jika berencana menggunakan kartu kredit. Apa saja? Simak sebagai berikut.

Hindari Menunda Bayar Tagihan

Jangan tunda pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Jika Anda membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo, ingatlah ada denda yang harus Anda tanggung. Di samping itu, Anda juga akan dikenai beban bunga yang ikut berbunga. Jangan sepelekan kesalahan ini.

Sebaliknya, disiplinlah dalam membayar tagihan kartu kredit. Agar tepat waktu, Anda bisa menggunakan fitur pembayaran otomatis yang diambil langsung dari rekening tabungan pribadi Anda. Bayarlah tagihan sebelum tanggal pembukuan transaksi. Dengan demikian, Anda tak perlu membayar bunga dan bisa menghemat pengeluaran.

Hindari Punya Kartu Kredit Banyak

Mengendalikan pengeluaran dari satu kartu kredit saja bisa menyulitkan Anda jika tidak berdisiplin. Apalagi jika kartu kredit yang Anda punya ternyata lebih dari satu. Bayangkan jika semua tagihannya telat dibayarkan. Bukan tak mungkin hasil kerja keras Anda akan habis hanya untuk membayar utang credit card saja.

Agar terhindar dari mimpi buruk itu, pikirkan kembali keuntungan apa saja yang diberikan kartu kredit Anda. Miliki kartu kredit yang sesuai kebutuhan dan manfaatkan dengan maksimal benefitnya.

Ingat, memiliki banyak kartu kredit sekaligus sama saja dengan mengoleksi utang. Lagipula, menurut banyak pakar keuangan, kepemilikan dua kartu kredit bagi seorang pengguna sudah cukup ideal. Anda bisa memilih penerbit kartu kredit yang berbeda agar fasilitas yang didapatkan bisa saling melengkapi.

Hindari Lebih Suka Bayar Minimum Payment

Jika ini merupakan kebiasaan Anda, segera ubah dan hindari. Sekilas, lebih suka bayar minimum payment tampaknya sepele. Namun akibatnya, Anda akan menanggung beban bunga lebih besat pada tagihan-tagihan selanjutnya. Hal ini hanya akan menyebabkan utang kartu kredit Anda membengkak pada akumulasi di bulan-bulan berikutnya.

Anda tentu tak ingin terjerat dalam lilitan utang tak berujung. Maka dari itu, bayar lunas setiap tagihan yang ada. Tanpa ditunda.

Hindari Memakainya Seperti Kartu Debit

Kelebihan lain dari kartu kredit adalah fiturnya (cash advance) yang membuat Anda bisa mengambil cash seperti halnya kartu debit. Namun, ketika mengambil uang tunai dengan kartu debit, Anda tak akan dikenakan biaya tambahan. Lain halnya dengan kartu kredit. Sekali tarik tunai dengan kartu kredit, Anda akan langsung dibebani bunga yang cukup tinggi pada tagihan kartu kredit Anda nanti.

Fitur cash advance ini membuat kartu kredit seolah menjadi penolong kebutuhan tunai dalam kondisi darurat. Tapi ingat, dana yang ditarik memakai kartu kredit merupakan dana yang Anda pinjam dari bank. Bunganya juga mahal.

Hindari Tak Peduli Riwayat Transaksi

Pedulikan riwayat transaksi. Jangan hanya karena bisa dengan mudah menggeseknya untuk transaksi, Anda tak lagi memerhatikan apa saja pembelanjaan yang dilakukan dengan kartu kredit. Pasalnya, hal ini hanya akan membuat tagihan Anda membengkak.

Seperti diketahui, transaksi belanja yang dilakukan dengan kartu kredit memang akan tercatat langsung dalam pembukuan bank. Meski begitu, cermatlah dalam bertransaksi. Dengan demikian, Anda bisa lebih tahu mengapa sewaktu-waktu jumlah tagihan Anda membludak.

Dengan memerhatikan riwayat transaksi ini, Anda pun akan terhindarkan dari kewalahan karena dapat mengontrol pembelanjaan agar tetap sesuai dengan anggaran keuangan.

Hindari Menjadikan Kartu Kredit Sebagai Alasan Konsumtif

Jangan hanya karena kemudahannya, Anda lantas terjebak untuk berlaku lebih boros. Pasalnya, sudah banyak orang yang terjebak godaan iming-iming kartu kredit. Alhasil, perilaku konsumtif jadi semakin tak terkendali.

Sebagai contoh, kartu kredit kerap memberikan banyak diskon untuk transaksi tertentu. Akhirnya, banyak penggunanya yang termakan promo lalu memburu diskon tersebut. Padahal, sebenarnya jasa dan barang tersebut tak sebegitunya ia perlukan.

Baca Juga: Usia Anda Sudah 30 Tahun? Ini Cara Cerdas untuk Atur Pengeluaran Kamu Supaya Lebih Berguna

Maksimalkan Manfaat Kartu Kredit dengan Lebih Efektif

Setelah mencermati beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pengguna kartu kredit yang seringkali menyebabkan masalah keuangan, hendaknya Anda jadi lebih bijak dan berhati-hati lagi dalam memaksimalkan manfaatnya. Tak lucu rasanya jika penghasilan jadi tak memadai demi memenuhi bengkaknya tagihan kartu kredit akibat kekeliruan dalam cara menggunakannya. Sebaliknya, gunakan kartu kredit seperlunya sesuai kebutuhan dan tetap berhemat demi kesehatan keuangan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s