Atur Uang Anda Dengan Tepat Dengan Tips Berikut Agar Mapan di Usia 40 Tahun

Posted by

Semua orang pasti berharap agar dapat hidup tentram dan sejahtera di masa tuanya nanti. Itulah sebabnya banyak yang sejak dini mengupayakan dengan giat untuk  membenahi hidup terutama pada sektor keuangan. Gunanya agar mendapatkan keamanan dan kemapanan finansial di masa pensiun nanti. Sejak di usia produktif, banyak orang yang sudah mulai berfokus untuk mengatur keuangannya agar bisa tenang dan nyaman di hari tua nanti.

Pastikan Memiliki Strategi Keuangan yang Baik Sebelum Usia 40 Tahun

Meski begitu, sudahkah Anda berada di jalur yang tepat? Pasalnya, tidak semua orang di usia 40 sudah mempunyai kondisi keuangan yang stabil dan mantap. Itulah sebabnya dibutuhkan strategi keuangan yang bijak dan cerdas guna mendapatkan keuangan mapan yang menjamin kehidupan terbaik di masa pensiun nanti.

Baca Juga: Usia Anda Sudah 30 Tahun? Ini Cara Cerdas untuk Atur Pengeluaran Kamu Supaya Lebih Berguna

Yang pasti, Anda perlu merencanakan tabungan bertahap sejak dini. Rancang manajemen keuangan Anda semantap mungkin sebelum usia Anda mencapai 40 tahun. Anda dapat mengatur keuangan Anda secara tepat dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut:

Lebih Ekstra Jaga Kesehatan

Sejatinya, cara pertama berlaku bagi semua umur. Namun perlu diingat, khususnya, orang pada usia 40 tahun cenderung lebih super sibuk jika dibanding dengan yang lebih muda. Tak hanya sibuk dengan urusan pekerjaan, tapi juga urusan anak, ibadah, pasangan, keluarga, dan masih banyak lagi prioritas lainnya. Di sinilah penting untuk diingat, bahwa tidak menjaga kesehatan Anda saat ini sama saja dengan ‘menabung’ banyak pengeluaran di kemudian hari terutama pada saat pensiun.

Jadi ini bukan hanya semata kesalahan dalam pengelolaan keuangan saja. Lebih tepatnya, kelolalah waktu dan kegiatan Anda sebaik mungkin. Dengan demikian, Anda akan ingin mengatur kembali prioritas Anda serta mengurangi kegiatan yang tidak perlu.

Stop juga kebiasaan buruk yang merugikan seperti merokok dan kurang olahraga. Perhatikan kesehatan lahir batin Anda, kelola stress dengan baik serta atur waktu kerja dan istirahat Anda. Bagi dengan sebaik mungkin jam kerja, jam untuk keluarga dan waktu beristirahat demi mendapatkan masa depan yang lebih baik dan terkendali.

Miliki Dana Darurat

Idealnya, Anda sudah harus memiliki dana darurat di usia 40 tahun. Miliki tabungan yang utuh untuk dipergunakan sebagai dana darurat. Ingat, ada banyak kemungkinan dan ketidakpastian dalam hidup, sehingga menyediakan antisipasi merupakan salah satu langkah cerdik untuk melindungi diri.

Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa merasa lebih aman di usia yang tak bisa lagi dibilang muda tersebut. Anda juga akan ingin memastikan manfaat dari dana darurat tersebut bagi hidup Anda. Karena tak dapat dipungkiri, ketersediaan dana lebih bisa membuat Anda mendapatkan sejumlah fasilitas dan sarana yang mendatangkan kenyamanan yang belum tentu dapat dinikmati oleh semua orang. Jadi sisihkan dana darurat mulai sekarang.

Upah Sudah Harus 3x Lipat dari Pendapatan Saat Ini

Sebaiknya, saat memasuki usia 40 tahun, Anda minimal sudah harus mempunyai  pendapatan 3 kali lipat dari upah normal Anda. Dana tersebut sudah harus bisa disimpan murni sebagai dana pensiun. Sebagai contoh, jika pendapatan Anda saat ini adalah sebesar Rp60 juta per tahun, maka usahakan pada saat menginjak 40 tahun, Anda sudah mengantongi penghasilan sejumlah Rp180 juta per tahun. 

Simpan dana ini sebagai dana pensiun Anda. Anda bisa mengupayakan berbagai cara perputaran uang agar dana ini bisa terkumpul di usia 40 tahun Anda—dan terus bertambah. Miliki passive income dan penghasilan sampingan sangat disarankan agar tabungan ini uangnya ‘tetap berjalan’ dan bertambah banyak. Pertimbangkan melakukan investasi selagi masih muda agar di umur 40 Anda sudah bisa merasakan manfaatnya.

Sudah Melunasi Semua Utang

Memasuki usia 40 tahun yang bisa dikatakan sudah tak lagi muda, artinya Anda sudah harus terbebas dari segala utang terutama utang dalam jumlah besar. Dengan begitu, Anda bisa berfokus untuk menyimpan dana bagi kebutuhan pensiun alih-alih menyetorkan sejumlah cicilan untuk melunasi utang.

Selain itu, di usia 40 tahun rata-rata dari Anda masih harus menanggung pembayaran kebutuhan kuliah anak-anak maupun sokongan kebutuhan lainnya dalam hidup. Anda akan ingin memperhitungkan hal ini sejak dini, selagi masih di usia produktif.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur terlibat dalam utang jumlah besar? Rencanakan pelunasannya segera dan lakukan keseimbangan dalam pengeluaran Anda. Pengeluaran yang lebih besar pasak daripada tiang hanya akan menambah beban keuangan Anda.

Sudah Membuat Surat Wasiat

Hendaknya Anda membuat surat wasiat meski usia baru menginjak 40 tahun. Kepemilikan surat wasiat sejak awal akan mempermudah Anda untuk mengurus harta benda serta mengamanahkan harta ke depannya.

Sudah Mulai Menabung untuk Pendidikan Anak Selagi Mampu

Bagi Anda yang mampu menyimpan uang lebih, sekarang waktunya untuk menabung sebanyak mungkin. Terutama jika Anda berencana membayar kuliah anak-anak Anda di kemudian hari. Ingatlah bahwa semakin lama biaya hidup semakin mahal akibat inflasi. Demikian juga dengan biaya kesehatan dan pendidikan. Dengan begitu, Anda juga akan ingin mulai menyisihkan pendapatan Anda untuk keperluan ini sejak dini.

Baca Juga: Strategi Ampuh Biar Kamu Cepat Naik Gaji di Perusahaan

Mulai Kebiasaan Baik untuk Mengelola Pendapatan Sedini Mungkin

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan agar mencapai keuangan yang mantap dan mapan di usia 40 tahun. Manajemen uang yang terkendali, stabil dan dikelola dengan baik memang tak bisa didapatkan dalam sekejap. Namun tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang diperlukan, Anda dapat memulai kebiasaan baik dalam pengelolaannya sekarang juga. Semoga berhasil dan sukses selalu untuk Anda!

Mulai Investasi Sebelum Usia 40 Tahun! Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!