Kerjakan dengan Lebih dan SepenPunya Uang Pas-Pasan Tapi Masih Ingin Bergaya? Coba Terapkan Cara-Cara Ini

Punya Uang Pas-Pasan Tapi Masih Ingin Bergaya? Coba Terapkan Cara-Cara Ini

Diposkan oleh

Penampilan seringkali menjadi faktor pertama yang dilihat dan dinilai orang lain. Tak heran jika kesan pertama juga ditimbulkan dari penampilan kita. Salah satunya adalah cara kita berbusana. Rapi saja tidak cukup, perlu sentuhan gaya agar Kamu semakin percaya diri dan sukses berinteraksi di setiap situasi.

Tapi bagaimana jika ternyata budget yang Kamu miliki pas-pasan? Tentu Kamu perlu pintar-pintar mengelola keuanganmu agar segala kebutuhan tetap bisa terpenuhi. Termasuk kebutuhan sandang. Tanpa bermaksud untuk terlalu mengutamakan gaya, namun tak dapat dipungkiri penampilan yang menunjang berguna untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Penampilan bersih, rapi dan sedap dipandang juga pada akhirnya akan memberikan kesan baik bagi orang lain terhadapmu. Jadi, hal ini juga merupakan faktor penting.

Baca Juga: Jenis Pengeluaran yang Perlu Kamu Atur Sekarang Agar Dompetmu Tidak Cepat Kempes

Lantas adakah cara khusus agar Kamu bisa tampil gaya dan berkelas tanpa harus merampok isi rekeningmu? Kamu bisa menyiasatinya dengan mencoba tips berikut ini. Yuk disimak.

1. Jangan Beli  Barang KW

Kamu ingin membeli beberapa item tertentu dengan merk terkenal. Namanya juga branded, harganya kebanyakan tak bisa dibilang murah. Daripada membeli barang versi KW, lebih baik Kamu tabung dulu saja uangmu dan tunggu hingga Kamu mampu membeli yang asli.

Pasalnya, bahkan KW terbaik pun tak akan pernah sama mutunya dengan yang asli. Daripada membeli versi KW-nya, Kamu bisa memilih second option yang mungkin harganya akan lebih ramah dan terjangkau untuk dompetmu.

Sejatinya, tak perlu barang yang harganya selangit demi menunjang penampilan. Cobalah alternatif lain selama gaya tersebut cocok untukmu—yang sesuai karaktermu.

2. Beli Barang Second Hand

Untuk beberapa item fashion seperti tas, sepatu atau blazer, Kamu masih bisa memilih cara yang satu ini. Selama kondisi barangnya masih bagus, layak pakai dan tanpa cacat yang berarti, Kamu bisa mencoba opsi barang second hand.

Namun meskipun barang second hand ini kerap dibanderol dengan harga miring, tetaplah jeli dan teliti sebelum membeli. Untuk beberapa barang, disarankan agar Kamu mencuci bersih terlebih dahulu sebelum hendak dikenakan.

3. Beli Barang Reject

Khusus untuk busana, Kamu bisa coba alternatif ini. Busana yang reject biasnaya akan dijual dengan harga miring. Selama bagian cacatnya (reject) tak terlalu kentara—yang biasanya di bagian jahitan, masih terbilang sopan dan Kamu merasa nyaman mengenakannya, mengapa tidak?

Saat ini, ada banyak toko online shop yang menawarkan produk reject yang harganya ekonomis. Selain itu, Kamu juga bisa hunting barang reject di berbagai pasar dan bazar.

4. Optimalkan Promo Diskon, Kartu Anggota, atau Voucher Belanja

Berbagai diskon dan promo memang menggiurkan. Kendati cara ini merupakan taktik penjual untuk menarik pembelinya, tapi selama Kamu cukup berhati-hati agar tak tertipu, Kamu bisa mencobanya.

Kamu juga bisa mengoptimalkan manfaat kepemilikan kartu anggota di toko tertentu untuk mendapatkan potongan harga 10% dan juga voucher belanja. Cek dulu syarat dan ketentuannya agar tidak tertipu.

5. Beli Busana Warna Netral untuk Mempermudah Mix and Match

Untuk meminimalisir budget, Kamu juga bisa gunakan cara ini. bergaya classic and basic, Kamu bisa menggunakan hanya warna netral seperti hitam, putih, abu, beige dan coklat atau navy blue. Pilih warna-warna senada yang mudah untuk dipasangkan dan tidak terkesan ‘tabrakan’. Hindari corak-corak yang terlalu ‘ramai’, agar semua item fashion-mu bisa di-mix and match dengan yang lainnya.

Meski terkesan sangat sederhana, namun gaya ini akan membuatmu tampak rapi, elegan dan berkelas. Kamu pun tak perlu terlalu repot-repot dalam urusan padu padan berpakaian. Serba praktis, bukan?

6. Cek Toko Menengah ke Bawah atau Online Shopping

Tak selamanya barang-barang bermutu hanya dijual di toko-toko menengah ke atas. Kamu bisa coba cek toko-toko menengah ke bawah. Siapa tahu di sana terdapat banyak barang yang tak kalah bagusnya dari segi kualitas, sekaligus lebih terjangkau dari segi harga. Sudah pernah coba?

Selain itu, Kamu juga bisa coba beli di online shop. Hanya saja, terkadang foto yang ditawarkan tidak terlalu sesuai dengan barangnya.

7. Jangan Ikut-Ikutan Tren

Perkembangan tren dunia mode terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Perlukah semuanya Kamu ikuti? Tidak harus. Apalagi jika ternyata trennya terlalu aneh dan mencerminkan body image penampilanmu. Jadilah diri sendiri dan ciptakan saja gaya unikmu tersendiri. Kamu tak perlu jadi korban fashion hanya demi dibilang fashionable.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris untuk menambah kesan dalam penampilanmu seperti gelang, kalung, atau cincin, topi hingga jam tangan.

Baca Juga: Buat Kamu yang Ingin Jadi Pria Mapan, Terapkan 5 Hal Ini Biar Kondisi Keuangan Kamu Makin Mantap

Berpakaianlah Sesuai dengan Sikap dan Kepribadian  Serta Sesuaikan dengan Budget

Demikianlah tips yang bisa Kamu coba praktekkan. Yang penting, ingatlah bahwa gaya berpakaianmu merupakan refleksi yang merepresentasikan sikap dan pribadimu. Jadi, Kamu tak mau membuat orang lain salah persepsi dengan menampilkan kesan yang berbeda dengan karakter aslimu.

Kesan berkelas itu bisa Kamu ciptakan bukan dari harga, tapi dari selera. Barang yang bermutu tinggi pun tak harus selalu yang harganya menjulang. Jika Kamu cukup jeli, ada banyak item berkualitas premium dengan harga yang bersahabat. Selamat mencoba ya!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s