Keuntungan dari Bisnis Katering Online Rumahan yang Perlu Kamu Ketahui

Posted by

Bisnis katering online sebenarnya sudah bukan barang baru yang kita kenal. Keberadaannya telah bermunculan sejak lama di berbagai tempat dan potensinya juga terus berkembang meski pelaku usahanya terus bertambah. Berbagai acara seperti pernikahan, selamatan, ulang tahun, dan sebagainya sering diadakan menjadi pemicu meningkatnya permintaan terhadap katering.

Bisnis Katering Online, Apa Saja Keuntungannya?

Bisnis Katering Online
Bisnis Katering Online

Bisnis katering online ini bahkan dalam beberapa tahun belakangan potensinya semakin tinggi dan terus meningkat, terutama di lokasi perkotaan. Bisnis katering online ini sebenarnya sama dengan bisnis katering seperti biasa, namun sistem pemasarannya berbeda. Dengan membuka bisnis ini Anda bisa merasakan berbagai keuntungan dibandingkan dengan bisnis katering biasa. Berikut keuntungannya.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

1. Kecilnya Biaya Promosi

Apapun jenis bisnisnya memang dan pasti akan membutuhkan adanya promosi. Jika bisnis katering Anda yang bersifat offline akan sering membuat Anda kesusahan untuk mengatur waktu promosi yang tepat. Dengan memilih bisnis katering online, maka hal ini tidak akan terjadi. Karena dengan bisnis katering online, Anda bisa melakukan promosi dengan mudah, cepat dan murah bahkan gratis. Dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi messenger seperti Line maupun Whatsapp, Anda sudah bisa melakukan promosi tanpa harus bersusah payah.

2. Jangkauan Pemasaran Sangat Luas

Jangkauan internet yang tidak ada batasnya, membuat bisnis katering Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Internet menjadi media promosi yang paling efektif, karena mudah dan murah. Tidak seperti media lainnya, di mana semakin luas jangkauan bisnis katering yang ingin dipasarkan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan

Media sosial bisa menjadi media promosi yang paling baik, mudah, murah dan efisien, jika dibandingkan dengan media lainnya seperti koran, pamflet dan brosur, di mana semakin luas jangkauan bisnis katering yang ingin dipasarkan, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

3. Mudah Untuk Tetap Berhubungan dengan Pelanggan

Anda dapat menggunakan buletin dan pemasaran melalui email untuk berkomunikasi dengan pelanggan lama maupun calon pelanggan baru yang telah memberikan alamat email mereka kepada Anda.

Tentu hal ini lebih murah dibandingkan bisnis katering biasa karena pelanggan Anda tahu nama Anda, tentunya mereka akan memperhatikan kotak masuk mereka untuk melihat pesan dari Anda. Buatlah situs yang bisa menyediakan bentuk komunikasi tambahan seperti live chat, forum atau formulir pertanyaan.

Dengan begitu Anda bisa meningkatkan efesiensi katering online Anda melalui pendapat mereka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter, sebagai cara untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda.

4. Memudahkan Konsumen

Ada beberapa kemudahan yang bisa konsumen rasakan ketika Anda membuka bisnis katering online seperti menghemat waktu karena tidak perlu repot-repot mencari lokasi katering Anda. Berikutnya dapat memudahkan konsumen untuk mencari informasi katering yang disukai melalui search engine dan juga media sosial, serta kemudahan untuk dapat mencari ulasan online untuk melihat review katering Anda dari orang yang sudah pernah mencoba masakan Anda. 

5. Memberikan Perbandingan Harga dengan Lebih Cepat pada Konsumen

Sudah sewajarnya kalau konsumen membandingkan katering satu dengan katering yang lainnya dari sisi harga dan kualitasnya. Nah, dengan memiliki bisnis katering online Anda dapat lebih cepat membandingkan harga katering dari satu tempat dengan yang lainnya sehingga harga yang Anda tawarkan bisa lebih kompetitif.

Tidak hanya harga, Anda juga bisa membuat kualitas makanan katering Anda jauh lebih baik dari kompetitor dengan cara mengadaptasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mereka. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan daya saing bisnis Anda.

Baca Juga: Ingin Punya Usaha Kecil yang Sukses? Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Tanamkan

Jalankan Bisnis Katering Online yang Menarik Banyak Konsumen

Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar sukses di bidang katering online salah satunya adalah menyediakan makanan yang unik. Kedua, walaupun bisnis yang Anda geluti ini melewati media online, Anda harus tetap memiliki etika ketika menghadapi pelanggan. Sabar dan pelayanan yang ramah adalah satu faktor yang dinilai oleh pelanggan.

Meskipun tidak bertatap muka, kedua hal ini harus Anda terapkan di saat menjawab pertanyaan atau pesanan dari pelanggan. Karena pada dasarnya kalau kita memperlakukan pelanggan dengan baik, maka kepercayaan dan loyalitas pelanggan ke bisnis katering online kita pasti bertambah. Ketiga, Anda bisa buat tampilan makanan katering online Anda menggugah selera agar ketika dipasarkan bisa menarik lebih banyak perhatian. Semoga Bermanfaat!

Butuh Modal untuk Memulai Bisnis Katering Online? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!