Pengeluaran Kamu Membengkak Tiap Kali Belanja Ini Cara Unik Untuk Mengatasinya

Pengeluaran Kamu Membengkak Tiap Kali Belanja? Ini Cara Unik Untuk Mengatasinya

Posted by

Mengatur keuangan agar tetap sehat dan aman bisa membuatmu terhindar dari berbagai bencana keuangan, terutama kebangkrutan. Tapi bagaimana jika salah satu kebiasaanmu adalah memboroskan uang? Terutama boros saat berbelanja. Pengeluaran yang membengkak saat berbelanja bisa membuat kondisi keuanganmu jadi tak terkendali.

Hal ini tentu tak boleh dibiarkan begitu saja mengingat survive menjalani hidup sukses dan berkualitas juga mewajibkanmu untuk cakap mengelola keuangan. Pasalnya, mencapai seluruh cita-cita dalam kehidupanmu tak akan pernah terlepas dari kondisi keuangan. Itulah sebabnya mengendalikan uangmu merupakan hal sangat penting untuk dilakukan.

Cara Unik Mengatasi Boros Saat Berbelanja

Baca Juga: Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin Alasan-Alasan Ini Bisa Jadi Sebabnya

Sebagai sosok dewasa yang terjun ke masyarakat, Kamu tentu ingin integritasmu yang smart dan bijaksana mendapat apresiasi dan diperhitungkan. Salah satunya dengan menjaga agar keuanganmu selalu tertata rapi. Sebagai antisipasi agar terhindar dari berbagai keluhan di kemudian hari, berikut ada beberapa cara unik yang patut diintip. Sehingga Kamu pun bisa terbebaskan dari bengkaknya pengeluaran setiap belanja. Apa saja? Yuk simak sebagai berikut:

Lupakan Trolley Bag

Jangan gunakan trolley bag untuk mengambil barang selagi berbelanja. Cukup keranjang tangan saja agar tak makin banyak produk-produk yang Kamu beli. Cara ini akan membuatmu tetap fokus untuk membeli barang yang dibutuhkan yang bisa Kamu bawa dengan kedua tanganmu sehingga tidak lebih daripada itu.

Bawa Daftar Belanjaan

Sebelum berbelanja, buat daftar barang apa saja yang Kamu perlukan. Kamu bisa memanfaatkan bill belanjaanmu yang sebelumnya untuk memperkirakan berapa besar uang yang diperlukan. Periksa juga apa saja produk yang sudah habis yang perlu Kamu beli. Tapi jangan membeli barang apa pun yang tidak tersedia di dalam daftar belanjaanmu. dengan begitu Kamu akan terhindar dari pemborosan yang tak perlu.

Tolak Penawaran yang Tak Perlu

Misal, kasir menawarkanmu promo beli 2 gratis 1 dan pulsa serta yang lainnya. Tolak saja semua itu, terutama jika Kamu memang tidak membutuhkannya. Tolak saja denga tegas dan jangan terpengaruh. Fokuskan untuk stop pengeluaran bengkak dan ganti dengan lebih berhemat. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat uang lebih banyak.

Biasakan Belanja di Pasar atau Supermarket Grosir

Tahukah Kamu bahwa harga barang yang dijual di pasar dan toko kelontong grosiran ini lebih murah harganya bila dibandingkan dengan minimarket 24 jam? Luangkan waktu untuk berbelanja di tempat yang menjual barang-barang kebutuhanmu dengan harga paling murah.

Bisa Kamu bandingkan sendiri, belanja di pasar tradisional dan swalayan besar seringnya bisa membuatmu bisa lebih hemat uang ketimbang membeli di minimarket. Meski selisihnya hanya beda beberapa ribu, tapi selisih tersebut bisa Kamu gunakan untuk keperluan lain dan atau ditabungkan.

Bawa Uang Tunai yang Pas Sesuai Kebutuhan

Berbelanja dengan hanya menggunakan uang tunai yang pas akan membuatmu ‘tak bisa berkutik’ untuk berbelanja lebih. Selamat, Kamu sudah berhasil mengendalikan keuanganmu. Pasalnya, jika membawa uang lebih, seringkali godaan membeli barang lainnya malah jadi semakin besar. Jadi, bawa saja uang secukupnya selagi Kamu berbelanja.

Jangan Asal Debit

Minimalisir penggunaan ATM dan kartu debit untuk berbelanja. Gunakan uang tunai saja. Tentukan prioritas belanjaan dan keuanganmu dan jangan membeli yang diluar kebutuhan. Seringkali orang menjadi tak menyadari berapa sisa saldonya karena sering belanja dan membeli banyak keperluan dengan cara debit. Namun salah-salahnya, hal ini malah bisa membuat keuanganmu jadi tak terkendali.

Ikuti Program yang Menguntungkan

Jika menurutmu benefitnya cukup menguntungkan, Kamu bisa mengikuti program member card di swalayan langgananmu. Dengan member card, umumnya Kamu bisa mendapatkan berbagai promo dan potongan harga untuk barang tertentu sebesar 10%. Tanyakan juga kepada petugasnya mengenai manfaat apa saja yang bisa Kamu dapatkan dari kepemilikan member card. Jika ternyata hanya berpeluang untuk mendapatkan undian saja, lebih baik jangan. Karena umumnya, memenangkan undian bersifat tidak pasti alias untung-untungan.

Kurangi Beli Barang Mahal

Siasat selanjutnya adalah mengurangi pembelian barang mahal. Misal, Kamu biasa membeli satu baju yang harganya ratusan ribu di mall dan butik. Agar lebih hemat, Kamu bisa coba mencari di garage sale, online shop atau toko-toko yang lebih ekonomis.

Asalkan Kamu teliti sebelum membeli, Kamu bisa mendapatkan barang harga murah yang berkualitas bagus. Kamu tentu tak ingin membeli barang yang mahal harganya tapi kualitasnya pun tidak premium.

Belanja Sendiri atau Ditemani?

Sebagian orang akan lebih boros saat dirinya berbelanja bareng dengan orang lain seperti teman, pacar atau orangtua. Sebaliknya, sebagian lain justru harus ditemani agar bisa diingatkan jika ternyata terlalu boros. Nah, Kamu termasuk yang mana?

Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif agar Lebih Sejahtera di Waktu Kamu Pensiun

Kebiasaan Berehemat adalah Kunci Menekan Pengeluaran Kamu

Yang pasti, kebiasaan berhemat akan memberikanmu keuntungan jangka panjang dalam urusan finansial. Meski konvensional, cara ini sudah sejak dulu terbukti efektif dan efisien menghindarkan diri dari berbagai masalah keuangan yang tidak perlu. Yuk dibiasakan hidup lebih berhemat lagi ya, mulai sekarang.

Butuh Dana Tambahan untuk Masa Depan? Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!