Tidak Punya Uang Saat Libur

Tidak Punya Uang Saat Libur? Lakukan Hal-Hal Mudah Ini Agar Tidak Bosan

Posted by

Memasuki tanggal tua atau setelah habis masa liburan, banyak dari kita yang biasanya mulai kehabisan uang. Dompet yang menipis ini bisa jadi membuat Kamu mati kutu dan tak bisa berkegiatan. Terutama untuk mengusir kebosananmu. Tapi jangan salah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan saat libur tanpa harus menguras habis isi dompet dan rekeningmu. Dengan kata lain, Kamu bisa menjalankan sejumlah aktivitas seru tanpa harus mengeluarkan uang.

Memang benar, bisa jadi beberapa ajakan teman membuatmu tergiur untuk pergi keluar dan menguras isi dompet atau rekeningmu yang sudah kian menipis. Namun demi kebaikanmu sendiri, tahanlah godaan itu. Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang berfaedah untuk Kamu lakukan di rumah.

Baca Juga: Baru Pulang Liburan? Ini 10 Cara Jitu Biar Uang di Dompet Kamu Cepat Kembali

Cara Mengisi Waktu Liburan di Rumah agar Tidak Bosan

Ada beberapa hal mudah yang bisa Kamu lakukan untuk mengisi liburanmu agar jauh dari kesan membosankan.

Bersihkan Rumah dan Jual Barang yang Tak Terpakai

Waktu senggang semasa liburan bisa Kamu isi dengan hal bermanfaat yakni membereskan kamar dan rumah. Sisihkan barang yang sudah usang dan buang. Untuk barang yang masih bagus, layak pakai namun sudah tak Kamu gunakan, Kamu bisa menjualnya di toko online.

Kamu bisa juga menawarkannya ke teman-teman dan kenalanmu. Dengan begitu, Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain dompetmu terisi kembali, lingkungan sekitarmu pun akan semakin bersih. Hal ini tentu bagus untuk menjaga kesehatan lahir batinmu.

Berolahraga

Tak perlu mahal-mahal ke gym. Kamu bisa berjalan kaki di taman dekat rumahmu sambil menghirup udara segar di sore ataupun di pagi hari. Selain berguna untuk menyehatkan ragamu, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang rekreasi bagimu. Ajak hewan peliharaanmu, keluarga, sahabat atau bahkan pasanganmu untuk berolahraga. Dengan demikian, hubunganmu pun bisa semakin erat dan harmonis.

Berkebun dan Cocok Tanam

Kamu suka tanaman? Berkebun dan bercocok tanam bisa dijadikan alternatif pilihan untuk menikmati serunya liburan. Kamu bisa berfokus pada keindahan halaman rumahmu dan mensyukuri alam sekitar. Manfaatkan momen ini untuk merenung dan me time. Dengan demikian, beban pikiran dan kejenuhanmu niscaya akan berkurang—terutama jika pribadimu memang merupakan seorang introvert.

Hibur Diri Sendiri

Bagaimana caramu menghibur dirimu sendiri? Banyak orang yang menghibur dirinya sendiri dengan bermain alat musik, menulis, menggambar juga memasak sendiri di rumah. Kamu juga bisa menemukan cara unikmu untuk menghibur diri sendiri.

Dengan begitu, tak perlu keluar rumah dan bermain dengan teman-temanmu. Pasalnya, keluar rumah dengan teman-teman hanya akan mengikis dompetmu yang sudah tipis itu.

Masak di Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa memasak makanan di rumah jauh lebih hemat ketimbang membeli makan di luar. Selain lebih irit uang, masak sendiri juga bisa mengasah keahlian memasakmu. Bagaimana jika Kamu sama sekali tak bisa memasak? Well, inilah saatnya untuk menjadi bisa dengan mencoba melatihnya. Kamu bisa menemukan berbagai resep sederhana di internet yang bisa dipraktekkan. Berkreasilah di dapur.

Bercengkerama dengan Keluarga

Tak punya uang saat sedang liburan bukan berarti akhir dari dunia. Kamu bisa melakukan berbagai hal menyenangkan bersama keluarga. Mengobrol dan bercengkeramalah dengan satu sama lain. Letakkan dulu gadget-mu. Suasana membahagiakan bisa Kamu ciptakan di rumah bersama keluarga sesederhana seperti memasak lalu menonton film bersama yang ada di komputer atau laptop-mu. Atau bahkan bermain alat musik, berolahraga, menari (jika suka) atau berkebun bersama.

Beribadah

Jika Kamu sudah meluangkan sebagian besar waktu untuk bekerja, keluarga, dirimu sendiri dan untuk hobimu, pertanyaannya adalah, sudahkah Kamu meluangkan waktu ekstra untuk Penciptamu? Kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu untuk beribadah lebih khusyuk dan mendapatkan ketenangan serta berkah yang berlimpah.

Menonton di Rumah

Daripada harus mengeluarkan uang banyak untuk menonton film baru di bioskop, Kamu bisa memanfaatkan film-film lama dan menontonnya ulang. Terlebih jika ada koneksi internet, Kamu bisa menonton film online. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa Kamu hemat.

Sebagai tips, baca dulu review orang lain sebelum menonton sebuah film secara streaming online. Kamu tentu tak ingin menghamburkan waktu dan uangmu yang berharga untuk menonton film yang ternyata tidak seru.

Kunjungi Event Gratisan Jika Ada

Temukan informasi di media sosial mengenai event gratis yang bisa saja sedang berlangsung di kota tempatmu tinggal. Kamu bisa mendapatkan info-info ini dengan mengikuti akun informatif terkait daerahmu. Bukan tak mungkin jika ada event gratisan yang seru dan sedang digelar di luar sana.

Membaca

Jika ini merupakan salah satu kegemaranmu, Kamu bisa menjadwalkan beberapa buku bacaan untuk dihabiskan. Alhasil waktu senggangmu bisa membuatmu lebih kaya wawasan dan tentunya bermanfaat positif bagi pengembangan diri dan kesuksesanmu di kemudian hari. ingat, rata-rata orang sukses merupakan pembaca yang ‘rakus’ dan rajin.

Kerja Sampingan

Jika kondisi keuanganmu sudah mendesak, Kamu bisa langsung ambil tindakan dengan mengambil pekerjaan sampingan. Misal, Kamu jago mengemudi dan kendaraanmu mengangggur, manfaatkan saja untuk bergabung dengan platform transportasi online yang kini sedang marak dan semakin dibutuhkan pasar.

Bukan tak mungkin, pekerjaan sampinganmu ini bisa mengisi kembali dompet dan rekeningmu dengan pundi-pundi uang yang berlimpah. Liburan pun bisa menjadi berkah. Kamu pun tak perlu harus sampai berhutang kepada teman atau orang tua.

Baca Juga: Khawatir Liburan Ngutang? Ini Tips untuk Atur Penghasilan Kamu Biar Lebih Efektif

Cobalah untuk Tidak Menghamburkan Uang Sembarangan

Ke depannya, lebih berhati-hatilah lagi dalam menggunakan uang dan jangan menghamburkannya tanpa kendali. Kelola pengeluaranmu agar tetap seimbang baik di awal, tengah dan akhir bulan, terutama jika menghadapi masa-masa liburan. Salam sukses, semoga bermanfaat.

Butuh Tambahan Dana untuk Liburan di Luar Rumah? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!