Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan

Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan untuk Kamu dan Pasangan di Masa Depan

Diposkan oleh

Memutuskan untuk menikah memang bukan perkara mudah. Ada banyak proses persiapan yang harus dilakukan secara personal, mental, emosional, dan tentunya finansial. Tak hanya menjadi bukti cinta kasih dari sepasang kekasih, pernikahan juga membuat kedua pihak harus bekerja sama sebaik mungkin agar gelaran acara penting tersebut bisa berjalan sukses lagi lancar. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan secara matang adalah urusan dana.

Yang kerap menjadi masalah, persoalan uang merupakan hal yang sensitif bagi banyak pihak. Sedangkan dalam pernikahan, bukan hanya kedua calon pasangan saja yang terlibat. Kedua belah pihak orangtua dan keluarga juga mempunyai andil yang cukup besar. Sehingga dengan demikian, tak dapat dipungkiri bahwa hal ini harus dikomunikasikan dan diatur dengan sebaik mungkin.  

Selain itu, Kamu akan ingin memastikan bahwa dana yang kalian persiapkan memang merupakan khusus untuk acara pernikahan ini. Jadi, adakah cara efektif untuk menyiapkan dana pernikahan bagi Kamu dan pasanganmu di masa depan?

Baca Juga: Strategi Ampuh Biar Kamu Cepat Naik Gaji di Perusahaan

1. Menabunglah Bersama-sama dengan Pasangan

Jangan berjuang sendiri-sendiri. Jika dilakukan bersama-sama, menabung untuk dana pernikahan ini akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Lagipula, jika salah satu mulai tak bersemangat, Kamu dan pasangan bisa saling mengingatkan. Buat rekening khusus bagi tabungan dana pernikahan ini.

Sebagai bentuk saling merespek dan pengertian terhadap satu sama lain, lupakan pemikiran bahwa modal menikah harus selalu ditanggung oleh pihak prianya saja. Sudut pandang ini bisa saja berbeda bagimu, pasanganmu, kedua orangtua kalian, hingga pihak keluarga besar. Dengan begitu, hal ini perlu dimusyawarahkan terlebih dahulu bersama pasangan dan orangtua kedua belah pihak.

Dengan menanggungnya bersama-sama, maka dijamin biaya pernikahan akan terasa semakin ringan karena berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

2. Tentukan Konsep Pernikahan yang Cocok

Terlepas dari banyak atau tidaknya budget pernikahan yang Kamu dan pasanganmu punya, akan lebih baik lagi jika kalian mengatur konsep pernikahan unik dan indah namun tetap hemat dengan harga murah. Rancang dan persiapkan dari jauh-jauh hari agar perhitungan bisa lebih rinci terkait biaya yang harus kalian persiapkan dan sediakan. Pada langkah ini, semua pihak dituntut untuk sekreatif mungkin mengusulkan ide-ide yang murah meriah—sebagai siasat untuk berhemat.

Berkomitmenlah mengisi tabungan bersama-sama dalam jangka waktu tertentu sembari merancang konsep pernikahan impian kalian. Semakin banyak uang yang berhasil terkumpul, maka semakin cepat juga Kamu dan pasanganmu menuju pelaminan.

3. Tentukan Anggaran Sesuai Tema Pernikahan

Kenali kemampuan Kamu dan pasanganmu dalam menyediakan dana pernikahan ini. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang atau pun terlalu memaksakan. Ingatlah bahwa yang terpenting dalam pernikahan adalah mengesahkan dan menghalalkan di mata hukum negara dan agama agar mendapat restu Tuhan dan masyarakat. Tidak perlu resepsi yang serba mewah juga sebenarnya, mengingat bukan itulah intinya.

Kamu akan ingin menetapkan maksimal dana yang dibutuhkan untuk pemenuhan pesta pernikahan ini. Harap pertimbangkan kondisi realistis setelah menikah. Dana untuk mempersiapkan kelahiran anak saja saat ini sudah tak bisa dibilang sedikit (kebutuhan hamil, persalinan, dsb). Kamu juga akan ingin mempertimbangkan untuk cicilan rumah dan kendaraan mengingat tak mungkin terus-menerus menumpang dengan mertua.

Tetapkan budget yang realistis dan pastikan budget Kamu dan pasanganmu nanti tidak bangkrut setelah pesta pernikahan. Kamu tak mau hal itu terjadi.

4. Pangkas Pengeluaran yang Tak Terlalu Penting

Bersikap bijaksanalah atas perencanaan pernikahanmu ini. Agar tetap irit dan ekonomis, Kamu akan ingin memangkas sejumlah biaya pengeluaran yang tidak perlu. Pastikan Kamu hanya membeli dan membayar untuk hal-hal yang memang penting, vital dan krusial bagi pernikahanmu. Lupakan soal gengsi. Pangkas saja dengan tegas hal-hal yang memang tidak perlu.

Dengan berhemat dan mementingkan yang utama saja, Kamu bisa menggunakan sisa uangmu untuk keperluan lain yang juga tak kalah pentingnya dan memang diperlukan untuk kelangsungan pernikahanmu. Dengan begitu, Kamu tak perlu menghambur-hamburkan uang dengan percuma dan sia-sia hanya demi riya. 

5. Gunakan Anggaran Sesuai Daftar

Buat rincian anggaran yang jelas bersama pasanganmu dan kerjakan semuanya sesuai patokan tersebut. Buat sedetail mungkin demi memudahkan teknis dan operasional pernikahanmu. Dengan susunan daftar tersebut, Kamu dan pasangan bisa melakukan sejumlah koreksi dan evaluasi, apakah yang tertera di daftar itu memang penting (misal, untuk daftar nama siapa saja yang akan diundang).

Jangan sampai pengeluaranmu melebihi budget yang telah ditetapkan. Selain bisa memicu perdebatan, dapat dipastikan tekanan finansial dan emosional yang akan mendera dan menguras energi kalian. Berbelanjalah sesuai pos keuangan yang sudah ditetapkan. Akan lebih baik lagi jika Kamu dan pasangan berhasil menemukan harga yang lebih murah dengan mutu yang juga bagus.

6. Pastikan Berapa Jumlah Tamu Undangan

Tentukan jumlah tamu undangan dalam pernikahanmu. Hal ini berguna untuk dengan tepat menyediakan hidangan konsumsi saat hari H. Biasanya urusan ini akan melibatkan kedua belah pihak orangtua juga. Namun begitu, Kamu masih bisa memangkas tamu undangan agar budget jadi lebih hemat.

Selain itu, Kamu juga tak mau makanan catering tersisa banyak karena jumlah tamu yang hadir ternyata tak sebanyak sesuai harapan. Kamu juga tak mau jika tamu undangan tak kebagian makanan. Hitung dengan cermat mengenai jumlah tamu undangan yang akan hadir di hari besarmu Ini.

7. Pilih Paket Pernikahan

Bagi Kamu yang memilih untuk menyewa gedung untuk pesta pernikahanmu, baiknya pilihlah gedung yang sekaligus menawarkan paket resepsi pernikahan. Ini akan memudahkanmu  menyediakan biaya catering maupun menu-menu apa saja yang harus disediakan di resepsi pernikahan. Semuanya jadi lebih mudah dan praktis.

Pilih penawaran paket yang paling ekonomi sehingga Kamu pun bisa lebih menghemat biaya, tenaga dan waktu. Cek juga hal ini, jika gedung pilihanmu menawarkan paket All in One, pastikan biayanya memang tak jauh lebih mahal dari yang reguler.

Baca Juga: Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Agar Tidak Bangkrut di Akhir Bulan

Siapkan Biaya Pernikahan yang Realistis

Untuk garis besarnya, coba pastikan berapa biaya resepsi yang Kamu dan pasanganmu sanggupi. Realistislah dalam menyusun anggaran dan konsep pernikahanmu karena umumnya konsep pernikahan yang sempurna membutuhkan kucuran dana yang tak bisa dibilang sedikit. Dengan demikian, semua pihak yang terlibat perlu bersikap realistis dalam persiapan yang harus matang ini. Yang terpenting adalah esensi dari pernikahan itu sendiri, yakni halal-legal Kamu dan pasanganmu dengan restu dan dukungan dari orangtua serta keluarga kedua belah pihak.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s