Jenis Investasi Unik

Jenis Investasi Unik yang Bisa Kamu Coba Mumpung Masih Muda

Diposkan oleh

Dengan perkembangan zaman, semakin banyak jenis produk investasi yang dapat memudahkan orang untuk meraup keuntungan berlimpah.

Investasi merupakan salah satu upaya yang dapat Anda lakukan agar masa depan terjamin.  Seperti yang sering kita dengar, jika investasi yang menguntungkan itu biasanya jangka panjang.  Jadi, butuh waktu beberapa tahun agar uang Anda bisa berkembang.

Karena itu, selagi masih muda, Anda disarankan untuk memiliki investasi untuk memperoleh keuntungan berlipat.

Baca Juga: Tips-Tips Sederhana untuk Anda yang Ingin Mencoba Investasi Online agar Tidak Salah Langkah

Apa saja jenis investasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

Investasi Emas

Cukup banyak yang tahu jika emas merupakan produk investasi yang sangat menjanjikan dan minim risiko.  Pasalnya, investasi emas harganya cenderung stabil dan sering kali harga naik.

Selain itu, investasi emas juga tidak akan terpengarh dengan ombak inflasi seperti yang dialami mata uang negara atau valuta asing (valas).  Karena itu investasi emas bisa menjadi salah satu investasi yang bisa Anda coba untuk mengamankan masa depan finansial Anda.

Investasi Reksa Dana

Reksadana merupakan surat-surat berharga yang diklaim sebagai aset. Reksadana bisa menjadi investasi Anda yang menguntungkan karena memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan reksadana adalahpada banyaknya pilihan yang tersedia untuk parainvestor dalam menanamkan modal, yaitu saham, obligasi, atau pasar uang. Sebagai investor, Anda tinggal memilih instrumen investasi mana yang paling cocok dengan resiko yang sanggup Anda tanggung.

Reksadana juga termasuk menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan dan memiliki risiko yang minim.  Tidak hanya itu saja, bahkan saat ini sudah tersedia produk reksadana dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp 100 ribu.

Investasi reksadana juga sangat disarankan untuk calon investor yang masih pemula yang ingin mulai punya investasi.  Pasalnya, reksadana dikelola oleh manajer investasi yang sudah kompeten di bidangnya. Karena itu, Anda tinggal duduk saja, dan nunggu uang Anda berkembang.

Investasi Saham

Investasi saham memang sudah dikenal dengan return-nya yang tinggi.  Hal itulah yang kemudian membuat banyak orang jadi tergoda dan beramai-ramai untuk terjun ke dalamnya.

Jenis investasi saham dapat dilakukan secara jangka pendek ataupun jangka panjang.   Saham kini telah dapat dilakukan dengan sistem online trading sehingga dalam melakukan transaksi kini sangatlah mudah, hanya dengan mempergunakan sistem tersebut dan Anda dapat melakukan jual beli saham.

Saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.  Jika Anda memiliki saham di suatu perusahaan, maka Anda sudah bisa disebut sebagai bagian dari pemilik perusahaan tersebut, akan tetapi hal tersebut dapat dibedakan berdasarkan seberapa besar porsi kepemilikannya. Wujud saham sendiri berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas dengan nama tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan sesuai dengan porsi berapa persen atau berapa banyak penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut.

Investasi saham memiliki pertumbuhan yang paling fantastis tetapi hal ini tidak berlaku untuk semua saham, dalam hal ini sebagai contoh yaitu perusahaan Unilever, Indofood, United Tractor dan Astra International yang paling dikenal di masyarakat dan dipercaya memiliki aspek fundamental yang bagus dan sehat serta memiliki pertumbuhan yang sangat baik per tahunnya.

Tapi seperti keuntungan yang tinggi, investasi saham juga memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu banyak pemula yang masih belum mengerti menjadi ragu-ragu untuk mulai investasi ini.

Anda harus mempelajari dan mengamati pergerakan saham, jika Anda sudah memahami cara kerja dan sistemnya, maka kerugian saham pun bisa di hindari.

Valuta Asing

Valuta asing atau valas merupakan jenis investasi di mana investor bisa membeli mata uang negara asing, dengan harapan suatu saat nilai tukarnya akan naik dan pasar saat itu Anda bisa menjualnya. Salah satu keuntungannya adalah bila suatu saat nilai rupiah anjlok , nilai tukar mata uang asing yang Anda miliki bisa jadi meningkat sehingga Anda punya dana cadangan.  Namun, untuk investasi ini, Anda harus mengikuti perkembangan di negara berkaitan, agar mata uang yang Anda miliki tetap bisa dijual dan tidak merugikan.

Investasi Properti

Investasi properti menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menjanjikan di masa depan.  Pasalnya, harga tanah terus menertus meningkat setiap tahun.

Hal ini bisa kita buktikan dengan harga rumah di lingkungan tertentu yang pada brosur tahun ini harganya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Namun sayangnya, untuk investasi yang satu ini memang bisa dibilang butuh modal yang besar.  Tapi ini berbanding lurus, karena keuntungan yang didapat pun besar juga.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena kini sudah sangat banyak cara investasi properti yang murah, salah satunya adalah melalui skema crowdfunding atau pembelian kolektif yang memungkinkan Anda untuk membeli properti secara kolektif.

Baca Juga: Usaha Modal Kecil yang Bisa Anda Coba di Rumah untuk Memulai Bisnis Baru

Selalu Perhatikan Modal dan Risiko Sebelum Berinvestasi

Untuk investasi, ada banyak macam yang bisa Anda coba, namun Anda harus memperhatikan modal dan risiko yang mungkin ada, apakah sanggup Anda untuk menanggung ?  Pilihlah investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda agar meminimalisir besarnya defisit. Semoga berhasil!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s