Tiba-Tiba Keluar Uang Karena Hal Tak Terduga Lakukan 3 Tips Ini Agar Tidak Kaget

Tiba-Tiba Keluar Uang Karena Hal Tak Terduga? Lakukan 3 Tips Ini Agar Tidak Kaget

Diposkan oleh

Pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar bisa menjadi kendala tersendiri bagi keuangan Anda. Pasalnya, budgeting yang telah Anda rencanakan jadi berantakan demi untuk memenuhi hal tersebut. Apalagi jika tabungan yang dipersiapkan adalah untuk hal-hal sepenting membeli rumah, modal usaha atau biaya persiapan pernikahan di masa depan.

Namun, hidup ini penuh misteri. Hal-hal tak terduga bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun. Termasuk untuk hal-hal yang memerlukan Anda merogoh kocek lebih dalam lagi. Tak ada yang tahu apa yang bisa menimpa kita di masa depan. Sehingga di sinilah pentingnya mempersiapkan tabungan khusus berupa dana darurat.

Jika dana darurat ini tak dipersiapkan, maka bisa jadi Anda harus mengorbankan tabungan Anda untuk memenuhi kebutuhan tak terduga tersebut. Contohnya saja seperti biaya berobat karena sakit penyakit hingga servis kendaraan. Pengeluaran tak terduga ini umumnya merupakan jenis kebutuhan yang tak dapat ditunda karena sangat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Strategi Ampuh Biar Kamu Cepat Naik Gaji di Perusahaan

Lantas adakah tips khusus untuk menghadapi kondisi mendadak keluar uang karena hal tak terduga ini? Mari simak ulasannya sebagai berikut.

1. Berpikir Jernih

Agar tidak semakin memperunyam keadaan, usahakan untuk tetap berpikir jernih terlebih dahulu. Solusi terbaik biasanya hanya bisa didapatkan saat dalam keadaan tenang. Berpikir jernih merupakan kunci dari jalan keluar yang Anda butuhkan. Tarik nafas panjang dalam-dalam. Hindari marah-marah serta gusar berlebih. Situasi hanya akan bertambah buruk jika disikapi dengan reaksi berlebih.

Alih-alih menjadi galau dan frustrasi berlebih, Anda bisa berfokus untuk menemukan solusi terbaik dari masalah yang sedang dihadapi. Bila perlu, mintalah saran dan masukan dari orangtua, teman atau pasangan. Atau mintalah masukan pada sumber-sumber yang lebih relevan dan terpercaya seperti ahli keuangan.

2. Mengumpulkan Informasi

Tak hanya berpikir jernih saja. Anda juga perlu segera mencari dan mengumpulkan informasi yang tersedia agar permasalahan yang dihadapi bisa langsung teratasi. Tetap tenangkan diri dan jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa yang terburuklah yang akan terjadi. Senantiasa berpikir positif dalam keadaan genting bisa membantu emosi Anda jadi lebih terkendali. Siapa tahu setelahnya Anda bisa temukan jalan tengah untuk menyelamatkan uang dan tabungan yang masih tersedia.

Misalnya saja, kamera yang Anda miliki rusak cukup parah. Sedangkan profesi Anda sangat membutuhkan kamera tersebut agar dapat tetap berjalan. Anda akan ingin mencari tahu adakah garansi atau asuransi yang tersedia bagi kamera Anda? Jika tidak ada, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya?

Bisakah Anda mendapatkan alternatif lain seperti membeli yang baru? Apakah Anda akan membelinya dengan tunai atau home credit—mana yang lebih ekonomis dan kondusif Anda saat ini? Dengan memahami berbagai informasi ini, diharapkan solusi terbaik yang paling sesuai situasi bisa segera Anda dapatkan.

3. Temukan Opsi Alternatif yang Out-of The-Box

Anda juga bisa menemukan opsi alternatif yang lain dari biasanya. Siapa tahu ada solusi out-of-the-box yang bisa Anda dapatkan sebagai hasilnya.

Terkadang, saking paniknya banyak orang yang yang tak mampu berpikir jernih dan tetap tenang saat menghadapi beberapa situasi tertentu. Itulah sebabnya Anda perlu melibatkan orang lain. Dua otak lebih baik dari pada hanya satu pemikiran. Siapa tahu orang lain mempunyai pemecahan sederhana lagi murah untuk masalah Anda.

Yakinlah pasti ada solusi terbaik untuk persoalan Anda asalkan Anda bisa terus mencarinya. Jangan malu bertanya dan meminta bantuan kepada orang lain yang sekiranya bisa membantu Anda.

Jangan lupa untuk memaksimalkan keberadaan koneksi dan jaringan pertemananmu. Siapa tahu dari situ Anda juga bisa mendapatkan solusi lain yang lebih baik. Manfaatkan juga keberadaan jejaring sosial dan komunitas di internet untuk bertanya seputar masalah Anda. Tak jarang, di sana sudah ada solusi terbaik yang menanti Anda.

Ke depannya, Anda akan ingin mengantisipasi pengeluaran tak terduga yang seringnya mengagetkan. Berikut adalah beberapa tips lainnya:

Susun Prioritas

Susun skala prioritas Anda dan pertimbangkan dengan jernih. Wajar jika menginginkan sesuatu. Namun hendaknya ada keseimbangan yang wajar antara keinginan dan kebutuhan yang hendak dipenuhi. Tentukan dan susun prioritas kebutuhan Anda. Anda akan ingin memastikan kebutuhanlah yang pertama dipenuhi lebih dulu.

Tak Semua Pengeluaran Tak Terduga Harus Dipenuhi

Anda tak perlu mutlak harus memenuhi semua pengeluaran tak terduga yang menghampiri Anda. Alih-alih hanya demi untuk memenuhi hawa nafsu, pikir dan pertimbangkan dengan akal sehat. Misal, Anda ada pengeluaran besar tak terduga untuk mengikuti liburan dan reuni bersama teman lama Anda. Jika keadaan tidak memungkinkan dan budget sedang tak tersedia, Anda bisa memilih untuk tidak hadir.

Secepatnya Bayar Tagihan

Lain halnya jika ternyata yang menjadi pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar tersebut adalah tagihan untuk pembayaran suatu barang atau jasa yang memang harus segera dipenuhi. Jangan tunda apalagi menunggak. Lunasi segera, apalagi jika ternyata berbunga.

Baca Juga: Kebiasaan-Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Anda Praktekkan agar Hidup Lebih Baik

Jangan Panik dan Tetap Atur Keuangan dengan Efektif

Pengeluaran tak terduga memang merupakan hal yang wajar dalam kehidupan kita. Selalu siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak dan lakukan perencanaan keuangan yang matang. Demikianlah beberapa tips keuangan yang bisa diterapkan saat mengalami kendala adanya pengeluaran uang tak terduga. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk keuangan Anda!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s