Pria Mapan,

Buat Kamu yang Ingin Jadi Pria Mapan, Terapkan 5 Hal Ini Biar Kondisi Keuangan Kamu Makin Mantap

Posted by

Tak hanya wanita saja yang perlu menata dan mengelola keuangannya dengan rapi dan baik. Pria juga perlu. Demi pikiran tenang dan hidup yang tentram, manajemen keuangan pribadi yang rapi mutlak dibutuhkan oleh setiap orang. Sebagia pria mapan, Kamu tentu tak mau jika uang yang sudah Kamu kumpulkan susah payah harus raib tak terdeteksi entah kemana sebelum waktunya. Tak lucu juga jika rasanya masih harus minta bantuan teman atau orangtua saat keuanganmu berantakan hanya karena keteledoranmu sendiri.

Pria Mapan Mengutamakan Perbaikan Kualitas Hidup Pribadi

Demi kehidupan dan keuangan yang lebih mapan, stabil dan mantap, mungkin ada beberapa hal yang perlu Kamu ubah untuk menjadi pria mapan. Karena bagaimanapun, peningkatan kualitas hidupmu sangat dipengaruhi oleh keuanganmu. T

Peningkatan ini umumnya mencakup mencicil rumah tinggal, kendaraan pribadi, keperluan investasi, biaya pendidikan, hingga pernikahan. Bahkan cita-cita yang bersifat hiburan seperti traveling sekalipun membutuhkan budgeting tersendiri. Alhasil secara logis, kondisi keuangan yang mantap merupakan penunjang bagi semua perwujudan cita-citamu untuk direalisasikan sebagai pria mapan.

Baca Juga: Tips-Tips Sederhana untuk Anda yang Ingin Mencoba Investasi Online agar Tidak Salah Langkah

Tips Keuangan untuk Menjadi Pria Mapan

Untuk menjadi pria mapan,  yuk terapkan 5 hal ini biar kondisi keuanganmu makin mantap. Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Atur Keuanganmu dalam 2 Rekening ATM yang Berbeda

Untuk menjadi pria mapan, Kamu bisa mencoba cara pertama ini. Bagikan uangmu dalam 2 rekening ATM yang berbeda. Gunakan yang satu khusus untuk Kamu mengatur pemenuhan pengeluaran bulananmu. Gunakan yang satunya lagi untuk menyisihkan uang tabungan yang tidak diganggu gugat.

ATM pertama bisa Kamu akses kapan saja untuk memenuhi semua kebutuhan harian hingga bulananmu. Tapi tidak demikian dengan yang kedua. Buat peraturan yang ketat untuk keuanganmu. Patuhi dengan komitmen total dan penuh dalam menjalaninya (jangan diambil apapun kondisinya), karena isi rekening ini khusus untuk masa depanmu. Dengan demikian, semoga keuanganmu bisa jadi lebih tertata dan terkendali dengan lebih baik.

2. Kamu Merokok? Buatlah Budget Khusus

Sebagai pria mapan sudahkah Kamu menghitung berapa total besarnya pengeluaranmu untuk rokok setiap bulannya? Atau minimal per minggunya? Tanpa disadari, kebiasaan merokok malah menyebabkan keuanganmu bablas dan jebol. Jika Kamu masih dalam proses untuk meninggalkannya, Kamu bisa memperketat budget merokokmu. Tentukan batas maksimalnya setiap minggu atau bulan.

Misal, jika Kamu terbiasa menghabiskan sebungkus rokok untuk 2 hari, coba kurangi. Konsumsi sebungkus rokok untuk 3 hari. Simak ilustrasinya sebagai berikut:

  • Jika biasanya Kamu habiskan 1 bungkus untuk 2 hari dengan perhitungan: Rp. 15.000 x 15 = Rp. 225.000.
  • Jika kini Kamu mengurangi dengan budget rokok 1 bungkus untuk 3 hari, maka Rp 15.000 x 10 = Rp. 150.000.

Ternyata lumayan signifikan bukan penghematan yang bisa Kamu lakukan? Baru dikurangi saja sudah bikin irit. Apalagi jika kebiasaan ini berhasil Kamu hilangkan. Bayangkan berapa total uang yang bisa Kamu sisihkan per bulannya. Dijamin pasti jadi lebih hemat lagi.

3. Berbelanjalah Sekaligus

Sebagai pria mapan, berbelanja sekaligus bisa menghemat lebih besar uangmu. Terutama jika Kamu terbiasa berbelanja bolak-balik menggunakan kendaraan, Kamu bisa menghemat sejumlah uang BBM tiap bulan. Selain itu, Kamu bisa mencari diskon dan promo serta potongan harga keanggotaan yang biasanya ditawarkan di pasar swalayan tertentu.

Kamu bisa memilih tengah bulan hingga akhir bulan untuk berbelanja. Belilah kebutuhan bulanan seperti peralatan dan produk mandi serta camilan, pulsa dan lain-lain.

4. Batasi Uang untuk Hobimu

Melakukan kegiatan yang Kamu sukai memang menyenangkan. Tapi jangan sampai hobimu terlalu mahal bahkan melampaui batas budget yang sudah Kamu tetapkan. Jangan sampai juga hobimu harganya lebih besar pasak daripada tiang.

Untuk menjadi pria mapan selalu terapkan gaya hidup hidup yang hemat agar lebih sejahtera di masa depan.  Lakukan sejumlah penyesuaian demi mewujudkannya, dan ini mencakup Kamu rela meninggalkan hobi mahalmu demi untuk prioritas yang lebih penting di masa depan.

Masukkan anggaran untuk melakukan hobi di kas dalam kategori hiburan atau relaksasi dan jangan melebihi 20% dari penghasilan bulananmu. Dengan begitu, Kamu masih bisa menyiapkan sejumlah uang untuk tabungan masa depan.

5. Mulai Belajar Investasi Jangka Panjang

Untuk menjadi seorang pria mapan kamu perlu belajar berinvestasi sedini mungkin. Semakin cepat Kamu mempersiapkan hal ini sejak muda, maka semakin cepat pula Kamu mencapai keuangan yang mantap dan mapan. Coba pikirkan kesejahteraan keluargamu kelak di masa depan. Semua itu membutuhkan sejumlah uang dan usaha untuk mewujudkannya.

Selain menabung, investasikan uangmu dalam bentuk barang, properti atau saham. Kamu juga disarankan untuk belajar berinvestasi dalam bentuk emas dan mata uang asing yang cukup menjanjikan. Jika ada rezeki lebih, langsung saja cicil rumah dan tanah dari sekarang. Putar uangmu agar senantiasa berkembang dan memberikan keuntungan di masa depan.

Baca Juga: Cara Menabung yang Efektif agar Lebih Sejahtera di Waktu Kamu Pensiun

Kerja Keras dan Kesabaran Mengatur Keuangan Pasti Membuahkan Hasil

Banyak orang bilang bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Semua jerih payah dan pengorbanan yang Kamu lakukan kelak akan terbayar setelah Kamu tiba di puncak kesuksesan dan kemapanan finansial yang didambakan. Mumpung masih muda, kelola dan atur keuanganmu dengan sebaik mungkin. Agar kelak setelah menikah dan berumah tangga, kemampuanmu dalam hal ini menjadi semakin cakap dan terasah lagi. Alhasil kehidupan yang sukses berbahagia bersama anak istri pun bisa tercapai dengan baik. Selamat mencoba!

Mau Jadi Pria Mapan? Mulai Investasi Sedini Mungkin! Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!