Jenis Pengeluaran yang Perlu Kamu Atur Sekarang Agar Dompetmu Tidak Cepat Kempes

Jenis Pengeluaran yang Perlu Kamu Atur Sekarang Agar Dompetmu Tidak Cepat Kempes

Posted by

Pengeluaran dan pemasukan uang yang terkendali merupakan salah satu cara tepat untuk menjaga agar kondisi finansialmu tetap mantap. Mengelola keuangan—selain gampang-gampang susah—juga merupakan hal yang perlu terus dilatih agar kelak keterampilanmu untuk yang satu ini semakin cakap. Pasalnya, skill mengelola keuangan akan selalu bermanfaat untuk digunakan di setiap fase kehidupan.

Jenis Pengeluaran yang Perlu Kamu Atur Sekarang Juga

Agar keuanganmu tetap tertata dengan baik dan tak menyesal di kemudian hari, simak ulasan mengenai beberapa jenis pengeluaran yang perlu Kamu atur saat ini agar dompetmu tak cepat kempes. Yuk segera praktekkan agar tak kehabisan dana di tengah jalan.

Baca Juga: Susah Nabung Walaupun Sudah Hidup Hemat? Mungkin Alasan-Alasan Ini Bisa Jadi Sebabnya

1. Kalkulasikan Uang Makan

Uang makan merupakan kas yang memakan paling banyak dana. Kalkulasikan berapa besar uang makanmu setiap bulannya. Bagaimana pun, memasak sendiri akan jauh lebih hemat bila dibandingkan dengan membeli makan. Kamu juga bisa memperkirakan berapa besar uang yang dibutuhkan untuk makan di rumah, kantin warteg hingga sesekali di restoran untuk sebulan.

Perhitungan seperti ini akan memudahkanmu untuk mengatur pengeluaran per harimu. Contohnya, jika setiap bulannya Kamu mengalokasikan budget makan, minum dan camilan sebesar Rp. 900.000, maka setiap harinya Kamu hanya bisa mengeluarkan uang maksimal Rp 30.000 agar kas keuanganmu cukup untuk pengeluaran ini (900.000 dibagi 30 hari).

2. Kalkulasikan Pengeluaran Penting dan Mendasar Lainnya

Setelah uang makan, yang perlu diperhitungkan adalah uang transportasi, pulsa internet, listrik, air dan sewa kos atau rumah tinggal. Atur dan perhitungkan semua pengeluaran ini sebaik mungkin.

Sebagai contoh:

  • Uang transportasi Rp 200.000
  • Pulsa internet Rp 100.000
  • Kos dan listrik Rp 600.000
  • Dengan demikian total pengeluaranmu untuk kebutuhan ini adalah Rp 900.000

3. Perhitungkan Pengeluaran untuk Perlengkapan Mandi dan Produk Perawatan Tubuh

Memang tak setiap bulan perlengkapan mandi dan produk perawatan tubuhmu habis. Tapi Kamu tetap mesti memperhitungkan berapa kisaran dana yang diperlukan secara keseluruhan. Jangan sampai nanti di tengah atau di akhir bulan, perlengkapan mendasar ini habis. Sedangkan budget untuk membelinya pun tidak tersedia.

Hanya Kamu pribadi yang tahu persis berapa besar budget yang dibutuhkan untuk membeli semua produk ini. Anggarkan sedari awal. Terutama jika hal ini merupakan salah satu yang menjadi perhatianmu, bisa dipastikan budget untuk keperluan ini pun lumayan banyak. Usahakan berhemat dengan membandingkan harga sebelum membeli. Beli produk yang harganya lebih ekonomis.

4. Siapkan Dana Darurat

Jangan biarkan dompetmu kosong tanpa persiapan dana darurat. Itulah sebabnya Kamu perlu rajin menabung. Kejadian tak terduga bisa saja datang dan besar kemungkinan Kamu butuh uang ekstra untuk hal itu. Sebut saja seperti memenuhi undangan pernikahan teman, servis kendaraan, sakit penyakit, atau ada kabar duka dari salah satu kerabatmu. Anggarkan setidaknya Rp 150.000 per bulan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dadakan semacam ini.

5. Jangan Lupakan Rekreasi

Kebutuhan akan rekreasi atau hiburan juga harus terpenuhi jika Kamu ingin tetap sehat lahir batin. Wajar adanya jika kita membutuhkan rekreasi dan hiburan. Entah itu jajan diluar, nonton film dan lain sebagainya. Kalkulasikan anggaranmu untuk melakukan hobi yang Kamu sukai seperti membeli bacaan favoritmu.

Sebagai tips, ingatlah untuk bersenang-senang sesuai isi dompetmu. Dalam artian, jangan sampai pengeluaranmu malah jauh lebih besar ketimbang pendapatanmu. Contohnya jika hobimu terlalu mahal sedangkan pendapatanmu saat ini masih belum seberapa besar, atau ada beberapa urgensi lain yang perlu lebih diprioritaskan (menabung untuk menikah, membeli rumah), mungkin Kamu akan ingin mengganti hobimu dengan yang budget-nya lebih terjangkau.

6. Ada Sisa Uang? Ingat Menabung dan Beramal

Menurut Li Ka-Shing yang merupakan miliuner asal Hong Kong, uang yang kita punya harus berputar. Uang tak boleh hanya berhenti di dirimu sendiri. Jadi berikanlah uang pada orang yang sudah membantumu atau bahkan kepada mereka yang tak Kamu kenal tapi membutuhkan uluran tangan.

Selain itu, Kamu juga perlu mengisi tabungan untuk persiapan masa depan dan masa pensiunmu. Sebagai kaum muda yang jalannya masih panjang, mulailah rancang segala sesuatunya sedini mungkin agar kelak Kamu bisa lebih cepat sampai di puncak kesuksesan itu.

Kamu bisa menyisihkan masing-masing 10% dari penghasilanmu secara rutin, baik untuk menabung maupun beramal. Jika ingin memberi dengan lebih banyak lagi sebagai perwujudan syukur atas hidupmu, Kamu bisa mengurangi budget untuk hiburan dan rekreasimu dan mengamalkannya kepada yang lebih membutuhkan. Percayalah bahwa niscaya semua rezeki yang Kamu keluarkan akan kembali lebih banyak kepadamu.

Baca Juga: Kelola Uang Anda dengan Baik agar Bisa Pensiun Lebih Dini dengan Tips-Tips Berikut

Benahi Diri Sendiri dengan Menata Keuangan Anda dengan Baik

Ketidakcakapan dalam menata uang bisa membuat orang tak berbahagia karena dihadapkan pada berbagai dampak masalahnya. Jadi jika Kamu ingin hidupmu lebih sehat dan bahagia, Kamu bisa memulainya dengan menata keuanganmu juga, mengingat semuanya berkaitan erat. Yuk dicoba membenahi diri dan hidup serta keuanganmu demi masa depan yang lebih sukses dan berbahagia! Semoga bermanfaat, salam sejahtera.

Butuh Dana Tambahan untuk Masa Depan? Kunjungi Website Indodana Sekarang dan Mulai jadi Investor Online!

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman Sekarang!