Masalah Kartu Kredit

Takut Mengalami Masalah Kartu Kredit? Coba Hindari Hal-Hal Berikut

Posted by

Kepemilikan kartu kredit bisa menjadi pedang bermata dua yang memberi untung rugi bagi Anda. Di satu sisi, kartu kredit mempermudah Anda melakukan berbagai transaksi keuangan hanya dengan sekali gesek saja. Apalagi jika Anda terbilang sangat sibuk, bayar tagihan, berbelanja hingga booking pesawat untuk melakukan perjalanan bisnis dapat dilakukan secepat kilat. Semuanya berada dalam genggaman.

Namun di sisi lain, banyak orang yang malah terjebak oleh semua kemudahan tersebut, yang berujung pada lilitan utang. Kendati sejatinya kartu kredit sangat bermanfaat jika digunakan dengan bijak dan tepat, ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari jika Anda ingin ‘selamat’ dalam memakainya.

Baca Juga: Cara-Cara Ampuh agar Anda Bebas dari Hutang Pinjaman dan Hidup Lebih Bahagia

Cermati dan hindari hal-hal berikut jika ingin terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh kesalahan dalam menggunakan kartu kredit. Apa saja?

1. Suka Tarik Cash dengan Credit Card

Hindari kebiasaan menarik uang tunai melalui kartu kredit. Anda tentu mengetahui, ada bunga besar yang dikenakan jika Anda melakukan hal ini.

Menarik uang tunai dengan kartu kredit berbeda ketentuannya dengan tarik tunai pakai debit. Kartu debit berisi uang milik Anda sendiri. Sedangkan uang tunai yang Anda tarik dengan kartu kredit berasal dari bank pemberi pinjaman. Itulah sebabnya Anda akan dikenai bunga yang lebih besar dari transaksi belanja.

Sekali, dua kali, mungkin tak akan berimbas banyak. Namun jangan jadikan kebiasaan. Hindari menarik uang tunai dengan kratu kredit sebisa mungkin. Ingat bunga yang Anda bayar akan lebih besar. Artinya? Utang yang juga besar.

2. Suka Menyepelekan Ketepatan Waktu Bayar

Jangan sepelekan ketepatan waktu dalam membayar tagihan kartu kredit Anda. Hentikan kebiasaan suka menunda-nunda membayar tagihan. Usahakan untuk selalu berdisiplin dan tepat waktu. Pasalnya, semakin telat Anda membayar, ada denda yang juga harus Anda lunasi.

Hindari hal ini dan jangan membayar tagihan di akhir tanggal jatuh temponya. Ini berguna agar Anda tetap ingat dan tak telat bayar lantaran terlalu sibuk. Jika ingin aman, Anda bisa membayar tagihan kartu kredit segera setelah Anda menerima gaji.

3. Suka Asal Gesek dan Lapar Mata

Pakai kartu kredit Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan yang terpenting saja. Jika tidak benar-benar perlu, jangan gunakan. Jangan hanya karena lapar mata dan melihat barang bagus, Anda kemudian jadi langsung asal gesek dan tanpa kendali. Berdisiplinlah dalam melakukan transaksi belanja.

Jika Anda sebelumnya betul-betul mengukur dan memperhitungkan segala kebutuhan, Anda akan terhindar dari penyesalan di kemudian hari atas berbagai tagihan barang yang sesungguhnya tidak Anda butuhkan.

Buatlah batasan pemakaian di setiap bulannya. Catat juga setiap transaksi yang terjadi. Jika menurut Anda pemakaian kartu kredit sudah banyak dan melampaui batas, simpan saja di rumah dan jangan membawanya. Berdisiplinlah pada diri sendiri demi kesehatan finansial Anda.

4. Tidak Memanfaatkan Promo dan Rewards yang Ada

Bagi Anda yang kerap bertransaksi dengan kartu kredit, biasanya pihak bank akan memberikan beberapa rewards seperti cashback, diskon atau promo menarik lainnya yang akan menguntungkan Anda. Jangan lewatkan apalagi mengabaikannya. Rajin-rajinlah mengecek informasi terbarunya. Manfaatkan rewards untuk Anda, siapa tahu Anda bisa membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Hanya Ingin Mengoleksi Credit Card Saja

Selama sesuai kemampuan, sah-saha saja jika Anda mempunyai banyak kartu kredit. Meski begitu, mengoleksi berbagai kartu kredit bukanlah cara bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan. Apalagi jika salah satu credit card tersebut sejatinya tidak Anda butuhkan. Itu sama saja dengan membuat diri sendiri rugi. Kenapa? Karena Anda masih harus membayar iuran tahunan wajibnya. Padahal Anda tidak menggunakannya dengan maksimal.

Dengan kata lain, memiliki banyak kartu kredit sama saja dengan semakin banyak tagihan yang harus Anda bayar. Belum lagi Anda harus mengingat kapan tanggal jatuh tempo masing-masing kartu kredit itu. Karena masalahnya, telat membayar tagihan kartu kredti hanya akan membuat Anda terkena denda.

Karena Anda ingin cermat dalam mengelola keuangan, jangan sampai tagihan jebol hanya karena pengeluaran yang tak terkontrol. Untuk keuangan yang aman, batasi kepemilikan kartu kredit Anda dengan segera.

6. Hanya Melakukan Minimum Payment Saja

Banyak orang yang keliru akan hal ini. Membayar minimum payment tidak akan meringankan tagihan kartu kredit Anda. Malahan, ini merupakan salah satu kesalahan terfatal. Alih-alih berkurang, saldo utang Anda justru akan bertambah lantaran dikenakan besarnya bunga yang dibebankan.

Ingat, bunga yang dibebankan dihitung per hari keterlambatan dan dikalikan bunga tetap setiap bulan. Bunga ini akan dikalkulasikan dengan saldo utang yang belum Anda bayar. Jika sampai bulan berikutnya belum juga Anda lunasi, maka bunganya akan terus bertambah. Ini tentu bukan perencanaan keuangan yang baik bagi siapapun juga.

7. Bayar Perawatan Medis dengan Kartu Kredit

Tak ada satu pun dari kita yang ingin jatuh sakit. Namun hidup dipenuhi hal-hal terduga yang bisa saja terjadi termasuk musibah sakit penyakit. Walau pun kondisi ini termasuk mendesak, usahakan jangan gunakan credit card  untuk membiayai perawatan medis Anda.

Hal ini berisiko mengingat biaya medis tak dapat diperkirakan besarannya. Belum lagi jika Anda ternyata tak bisa melunasi tagihannya sesuai tanggal jatuh tempo. Beban yang ada malah akan bertambah berat. Sebagai opsi lain, gunakan layanan asuransi alih-alih pemakaian kartu kredit.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Koreksi Kembali Kebiasaan Penggunaan Kartu Kredit Anda

Demikianlah beberapa kesalahan fatal yang mesti dihindari agar terhindar dari permasalahan kartu kredit. Ingatlah bahwa kesalahan ini sering terjadi karena sebagian orang merasa sudah melakukan apa yang benar alias tak pernah salah. Tapi, tak ada salahnya jika Anda koreksi kembali kekeliruan yang barangkali sudah terjadi untuk selanjutnya dihindari. Berdisiplinlah dan hati-hati dalam penggunaan kartu kredit agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari kartu yang satu ini. Salam sukses sejahtera selalu.