Cara Menabung yang Efektif agar Lebih Sejahtera di Waktu Kamu Pensiun

Cara Menabung yang Efektif agar Lebih Sejahtera di Waktu Kamu Pensiun

Diposkan oleh

Pada waktunya, setiap orang akan dihadapkan dengan masa pensiunnya masing-masing. Saat itu, baik fisik maupun mental kita kemungkinan besar sudah tak dapat dipaksakan untuk menjadi sekuat dan selincah dulu seperti waktu masih di masa-masa produktif.

Itulah sebabnya menyiapkan dana pensiun untuk masa tua yang sejahtera sangatlah penting. Pasalnya, beranjaknya usia juga membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai macam penyakit. Sedangkan dari waktu ke waktu, biaya medis telah menjadi semakin mahal.

Tak hanya itu. Biaya hidup yang kian hari kian bertambah besar juga membuat banyak orang mengeluh. Mereka terkendala untuk menyisihkan uangnya sebagai tabungan. Di sisi lain, beberapa orang lainnya lebih memilih untuk menabung nanti, jika penghasilan mereka sudah lebih banyak. Namun benarkah ini adalah langkah yang tepat?

Sayangnya, jika itu langkah yang Kamu pilih, maka dengan kata lain, bisa jadi ke depannya Kamu harus siap menapaki hari-hari pensiun dengan uang saku yang sedikit bahkan tanpa tabungan.

Alangkah baiknya jika Kamu menyisihkan penghasilan sebagai persiapan dana pensiun sejak awal dan sedini mungkin. Semakin awal Kamu mulai menabung, semakin baik juga kelak hasilnya.

Mulailah dari sekarang, dari penghasilan yang Kamu punya, bahkan meskipun nominalnya belum bisa dikatakan banyak. Yang penting adalah memulai—meski dari yang paling kecil sekalipun. Kemudian biasakan. Pelihara dan latihlah terus kebiasaan ini.

Baca Juga: Kebiasaan-Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Anda Praktekkan agar Hidup Lebih Baik

Berikut adalah cara menabung yang efektif agar lebih sejahtera di waktu Kamu pensiun. Yuk simak apa saja poinnya:

1. Hidup sederhana

Meski terdengar membosankan, namun saran ini merupakan salah satu cara ampuh. Biasakan dari muda untuk hidup sederhana, bahkan sebelum Kamu memasuki usia pensiunmu. Saran yang klasik ini sekilas terdengar mudah, namun faktanya banyak orang yang kesulitan mempraktekkannya.

Orang cenderung latah dan kerap mengikuti gaya hidup orang lain. Jangan sampai Kamu gagal menahan nafsumu untuk bersenang-senang dan menuruti gaya hidup teman hanya demi agar dapat diterima di lingkungan sosial tertentu.

Sealain itu, ingatlah bahwa rekreasi memang penting, tapi bukan hal utama. Ada hal lain yang juga sama pentingnya, yakni hari tuamu. Jangan sampai gaji bulananmu raib tak bersisa untuk ditabung. Atau jangan-jangan malah kurang? Jika ya, Kamu perlu segera mengubah gaya hidup dan pengelolaan keuanganmu. Ubahlah demi masa pensiun yang lebih sejahtera di kemudian hari.

Hidup sederhana bisa dimulai dengan membiasakan diri untuk berhemat dan menabung. Kurangi terlalu sering bersenang-senang seperti di kafe, menonton bioskop atau berbelanja hal-hal yang tak ada faedahnya. Secukupnya saja ya.

Ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan untuk tetap berbahagia dalam kesederhanaanmu. Syukurilah hal-hal kecil yang ada di sekelilingmu, seperti kesehatanmu yang masih prima, ada pasangan setia, keluarga yang utuh dan sehat, punya penghasilan dan pekerjaan, bahkan syukurilah kehadiran hewan peliharaanmu.

2. Lupakan Hobi yang Mahal

Selain itu Kamu juga bisa memilih hobi yang ekonomis dan murah alih-alih yang mahal. Ukur sendiri kemampuanmu. Apakah harga mahal itu sebanding dengan uang yang telah susah payah sudah Kamu dapatkan yang bukan dalam waktu singkat? Ketimbang menghabiskannya untuk hal-hal mewah namun kurang bermanfaat, lebih baik alokasikan untuk perencanaan masa depan dan masa pensiunmu. Atau untuk orang tua dan tabungan akhiratmu.

3. Mulailah Menabung Saat Waktu Masih Berjalan

Mulailah menabung di waktu yang tepat. Setiap saat merupakan saat yang tepat untuk melakukan langkah yang tepat. Ya, waktu yang tepat untukmu adalah saat ini. Menabunglah selagi Kamu masih punya waktu sebelum merencanakan pensiun. Karena dengan begitu, Kamu akan mendapatkan manfaat lebih. Semakin awal Kamu memulai, maka semakin sedikit pula risiko yang akan Kamu dapat setiap bulannya.

Agar lebih semangat dan termotivasi untuk memulainya, ingatlah bahwa tak ada satu pun dari kita yang dapat memutar waktu. Penyesalan selalu terjadi belakangan dan Kamu pun tentu tak ingin menyesal di kemudian hari.

Perencanaan dana pensiun memang suatu hal serius yang bukan main-main. Perlu kesadaran dan tanggung jawab untuk mewujudkannya.

4. Manfaatkan Uang Tunai yang Ada

Kamu bisa melakukan sejumlah penghematan dan mengubah gaya hidupmu. Namun bagaimana pun, alangkah lebih baik lagi jika Kamu bisa menemukan cara baru untuk menambah penghasilanmu.

Cobalah untuk lebih menghargai uangmu, waktumu dan masa depanmu kelak.

Putarlah uang yang Kamu miliki saat ini agar menghasilkan uang dan hal-hal bermanfaat lainnya bagimu. Selain untuk ditabungkan, investasikan uang tunai yang ada. Kamu bisa menginvestasikannya untuk kesehatan atau untuk memulai bisnis baru yang sekiranya bisa menambah pundi-pundi penghasilanmu. Ini semua penting untuk dilakukan untuk meminimalisir hal buruk yang tak diinginkan di kemudian hari.

5. Punya Utang? Segera Lunasi dan Siapkan Dana Darurat

Segera lunasi utang-utangmu dan persiapkan dana darurat setelahnya. Namun alangkah lebih baik lagi jika Kamu tak memulai utang. Ingat, utang yang tak terkendali bisa-bisa malah menguras penghasilanmu. Lunasi segera jauh-jauh hari sebelum Kamu memasuki masa pensiunmu.

Sediakan juga dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga seperti sakit parah dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Jika memungkinkan, beli produk asuransi yang sesuai dengan rencana masa depanmu. Langkah cerdas ini perlu dilakukan untuk melindungi diri dari kondisi darurat yang bisa saja terjadi dan tak dapat dihindari.

Baca Juga: Cara-Cara Ampuh agar Anda Bebas dari Hutang Pinjaman dan Hidup Lebih Bahagia

Ubah Gaya Hidup ke Arah yang Lebih Hemat dan Lakukan Sejak Dini

Demikianlah kelima cara menabung yang efektif agar masa pensiunmu kelak lebih sejahtera dan berbahagia. Semakin beranjak usia, semakin rentan juga mental fisikmu akan hal-hal yang bisa membuatmu stress. Atasi hal ini dengan mempersiapkan masa pensiunmu sejak awal dan dapatkan kebahagiaan di usia senjamu. Salam sukses, sehat dan sejahtera selalu!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s