Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Agar Tidak Bangkrut di Akhir Bulan

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Kamu Terapkan Agar Tidak Bangkrut di Akhir Bulan

Posted by

Kebutuhan hidup yang kian lama kian meningkat membuat banyak orang merasa pendapatan per bulannya tak pernah mencukupi. Contohnya saja, meski menerima gaji setiap bulannya, namun tak mudah rasanya untuk memenuhi seluruh kebutuhan di sepanjang bulan. Bahkan, banyak yang baru saja memasuki tengah bulan sudah mengeluh lantaran uangnya hampir habis.

Namun benarkah faktanya demikian—bahwa uang yang kita terima selalu saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap bulan? Jika hendak ditelaah kembali, sebenarnya hal ini tak sepenuhnya benar. Pertimbangkan hal ini, apa benar gaji Kamu yang selalu tak mencukupi atau dirimu sendiri yang terlalu boros sehingga keuangan tak terkelola dengan tepat?

Baca Juga: Kelola Uang Anda dengan Baik agar Bisa Pensiun Lebih Dini dengan Tips-Tips Berikut

Ada beberapa hal sederhana yang bisa Kamu terapkan agar tidak bangkrut di akhir bulan. Yuk ikuti langkah-langkah berikut agar gajimu bisa cukup hingga akhir bulan.

1. Bagi Gaji Sesuai Pos

Pisahkan gajimu ke dalam beberapa amplop agar lebih mudah terorganisir. Siapkan dana untuk transportasi ke dalam satu amplop. Demikian juga dana untuk makan dan membeli kebutuhan bulanan. Pisahkan pos tersebut sesuai kebutuhan Kamu. Persiapkan juga pos untuk kebutuhan kesehatan dan hiburan, dll.

Setelah menyortirnya, pisahkan budget Kamu sesuai pos tersebut. Masukkan uang untuk keperluan sehari-hari dalam amplop belanja dan pisahkan dengan pos tabungan. Gunakan dengan disiplin sesuai anggaran yang telah Kamu tetapkan tersebut.

2. Buat anggaran dan rincian belanja bulanan

Kamu perlu memangkas seluruh kebutuhan atau keinginan yang tak diperlukan. Buatlah catatan rincian belanjaanmu. Tulis apa saja yang perlu Kamu beli dan butuhkan untuk bulan ini. Kemudian berbelanjalah dengan mengikutinya.

Jangan membeli lebih dari rincian belanja yang telah Kamu tetapkan sebelumnya. Hal ini juga akan membutuhkan kedisiplinan dan komitmenmu. Meski mungkin awalnya tak mudah, mulai saja dan ingatlah Kamu sedang membentuk kebiasaan baru yang lebih efektif dan efisien dalam mengelola keuanganmu.

3. Cek Bahan yang Kamu Punya

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Dengan melakukan pengecekan ini, Kamu akan terhindar dari membeli double/ lebih dari satu. Terutama jika berhubungan dengan bahan dan keperluan dapur, Kamu bisa merencanakan makanan apa yang akan Kamu masak selama sebulan ke depan. Persiapkan dan sisihkan budget-nya di pos yang sesuai.

Terutama jika Kamu sedang menjalankan diet tertentu atau menjalani gaya hidup sehat, misalnya, cara ini akan sangat membantu bukan hanya dalam urusan keuangan tapi juga berguna untuk kesehatanmu. Rencanakan sebaik mungkin agar Kamu tak salah beli.

4. Buat Rencana Masak untuk Sebulan

Menyusun rencana ini akan membantumu memastikan bahan apa saja yang harus dibeli selama satu bulan. Namun usaha  ini tak berhenti sampai di situ saja, Kamu perlu berkomitmen penuh selama sebulan untuk memasak sesuai rencana yang telah disusun sejak awal.

Periksa juga keperluan bulanan untuk kamar mandi dan toilet seperti sabun, pasta gigi, deterjen dan bahkan produk kosmetik tertentu yang Kamu konsumsi.

5. Stop Bawa Kartu Kredit

Dalam beberapa situasi, kepemilikan kartu kredit memang sangat membantu. Namun jika sedang tak begitu dibutuhkan, yang terjadi justru malah sebaliknya. Banyak orang yang terjebak menggunakan kartu kredit karena tinggal sekali gesek, apa yang Kamu butuh dan inginkan bisa diraih. Meski begitu, ingatlah bahwa ada utang yang akan ditagihkan kepadamu.

Itulah sebabnya, akan lebih baik dan aman jika Kamu tinggalkan saja kartu kreditmu di rumah. Cara ini merupakan langkah antisipasi jika suatu waktu keinginan berbelanja Kamu mendadak tak dapat dikendalikan.

6. Belanja Sendirian

Belanja dengan teman atau orang lain terkadang malah membuat fokusmu buyar. Jadi, biasakan saja berbelanja sendirian. Dengan begitu, Kamu akan menjadi lebih terarah dan mengacu pada daftar barang yang akan Kamu beli. Belanja sendirian juga membuatmu terhindar dari membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Bagaimana menyikapi diskon? Ada kalanya diskon tertentu sangat menggiurkan dan membuatmu tergerak untuk membeli lebih banyak dari yang dibutuhkan. Jika diskon hanya berlaku saat itu dan tidak akan terulang, anggaplah produk diskon yang Kamu beli tersebut sebagai ‘tabungan’ bagi bulan-bulan berikutnya.

Namun jika barang yang didiskon tak diperlukan, Kamu tak perlu memanfaatkan momen ‘mumpung diskon’ tersebut.

7. Beli Kebutuhan Rutin dalam Jumlah Besar

Berkaitan dengan poin di atas, Kamu bisa membeli kebutuhan bulananmu untuk beberapa bulan sekaligus. Manfaatkan diskon dan buatlah pengeluaranmu lebih hemat lagi. Dalam artian, bulan depan, daftar item yang akan Kamu beli jadi lebih berkurang.

Ada toko-toko tertentu yang kerap memberikan diskon khusus jika konsumen melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Manfaatkanlah kesempatan itu untuk berhemat. Tipsnya, perhatikan tanggal kadaluwarsa produk yang Kamu beli. Belilah produk-produk yang waktu kadaluwarsanya masih panjang.

8. Bayar dengan Uang Tunai

Berbelanja dengan uang tunai akan membuatmu menyadari berapa besar nominal yang Kamu keluarkan dibandingkan dengan hanya menggesekkan kartu kredit atau bayar debit.

Rasakan sendiri sensasi perbedaannya, berbelanja dengan uang tunai akan membuatmu lebih sayang mengeluarkan uang hanya untuk hal-hal yang sebenarnya tak perlu dan tak begitu penting. Dengan demikian, Kamu telah berhasil menghemat uang lebih banyak.

9. Disiplin

Last but not least adalah kedisiplinan. Ikuti anggaran yang telah Kamu tetapkan sejak awal dan berkomitmenlah untuk menjalankannya dengan patuh sebaik mungkin. Jika hal-hal sederhana ini dilakukan dengan continue, maka hasilnya pun tidak akan mengkhianati perjuanganmu.

Baca Juga: Tips Cerdas Mengatur Gaji Anda Sehabis Gajian agar Tidak Cepat Ludes

Sisihkan Uang Secara Efektif Tiap Bulan untuk Tabungan Kamu

Demikianlah hal-hal sederhana dalam berhemat saat belanja agar tidak bangkrut di akhir bulan. Dengan mengatur keuangan sebaik mungkin, bukan tak mungkin bangkrut di akhir bulan hanya tinggal kenangan. Sebagai gantinya, sejumlah tabungan untuk disisihkan pasti akan terkumpul di akhir bulan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.