Ingin Punya Usaha Kecil yang Sukses? Ini Hal-Hal yang Perlu Anda Tanamkan

Diposkan oleh

Untuk bisa sukses tidak selalu harus dimulai dengan usaha yang besar pula.  Dengan perkembangan dan peluang yang ada saat ini, sudah mulai banyak orang yang memilih untuk membuka bisnis usaha kecil sebagai solusi untuk mendapatkan penghasilan. Pilihan ini tidak hanya menjadi pilihan bagi yang belum memiliki pekerjaan, tak jarang seorang pegawai pun juga memulai usaha kecil demi mendapatkan pemasukan lebih.

Saat ini sudah banyak bidang bisnis yang bisa dilakukan, Anda bisa menyesuaikan peluang yang ada dengan kebutuhan pasar saat itu.  Jika perlu, Anda bisa memanfaatkan skill dan hobi yang dimiliki untuk makin menunjang bisnis Anda. Untuk memulai sebuah usaha, tentunya tidak perlu dimulai dengan membuka usaha yang besar, karena artinya itu akan membutuhkan modal yang besar pula.  Anda dapat membangun bisnis yang kecil dulu dengan modal yang Anda miliki.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

Sebelum memulai bisnis kecil Anda, berikut ini hal-hal yang perlu Anda Tanamkan agar bisnis Anda dapat berjalan baik :

1. Berpikir Dengan Realistis

Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, cobalah untuk berpikir dengan lebih realistis. Anda bisa mempelajari dahulu jenis, pasar, modal bisnis yang akan dibangun.  Untuk bisa mendaptkan bayangan mengenai bisnis yang akan Anda mulai, sehingga Anda tidak membangun bisnis hanya berdasarkan perkiraan Anda saja. Anda harus membuat perencanaan bisnis yang matang dan logis sehingga bisnis yang Anda miliki bisa berjalan dengan berhasil dan lancar.

2. Jangan Memaksakan Diri

Pada saat memulai bisnis, terlebih jika modal yang dimiliki relatif kecil, tentunya Anda tidak akan merekrut karyawan terlebih dahulu untuk sementara waktu.  Melainkan Anda akan bekerja sendiri.

Namun meskipun begitu sebaiknya jangan membuat diri sendiri bekerja terlalu keras sehingga melupakan kepentingan lainnya seperti kepentingan pribadi dan kesehatan. Apalagi jika anda sudah memiliki pekerjaan utama, anda harus pintar-pintar membagi waktu sehingga kesehatan tidak akan mengganggu pekerjaan lainnya.

3. Mencari Rekan

Bisnis merupakan bidang yang menguntungkan, sekaligus juga bidang yang cukup berisiko, sebaiknya Anda mencari rekan berbisnis untuk bekerja sama dengan Anda. Terutama bagi Anda yang masih pemula, yang belum terbiasa dengan sistem dan kemungkinan-kemungkinan risiko bisnis yang ada.  Dengan adanya rekan, ini akan meringankan Anda jika Anda mengalami kendala. Serta apabila Anda harus mengalami kerugian, maka akan ditanggung bersama.

4. Mengetahui Modal

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis usaha akan lebih baik jika memperlajari terlebih dahulu biaya-biaya untuk memenuhi kebutuhan.  Dimulai dari sewa tempat, bahan baku, gaji karyawan, biaya listrik hingga harga peralatan yang dibutuhkan. Dengan mengetahui semua biaya ini, Anda dapat mengetahui dengan jelas berapa modal yang harus Anda miliki dan berapa jumlah dana yang wajib disiapkan setiap waktunya.

5. Menjual Kualitas Produk

Sebagai orang yang memulai bisnis, Anda perlu ingat bahwa Anda harus memperhatikan berapa harga dan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Untuk bisnis yang baik, sebaiknya Anda menjual produk Anda dengan mengutamakan kualitas bukan dengan harganya. Karena dengan kualitas yang baik maka konsumen akan kembali pada produk Anda.  Namun, jika ingin Anda bisa saja menawarkan harga yang sama atau bahkan lebih rendah dari harga yang beredar agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Namun jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan dan skill komunikasi sehingga Anda dapat menjelaskan produk yang Anda tawarkan dengan baik dan tepat.

6. Merekrut karyawan

Jika Anda merasa kurang sanggup untuk menjalankan bisnis seorang diri, ini saatnya bagi Anda untuk rekrut karyawan untuk membantu bisnis Anda.  Namun tentunya untuk memilih seorang karyawan, Anda harus berhati-hati dan teliti agar karyawan terpilih kelak bisa membantu untuk kelancaran bisnis.

7. Melayani konsumen dengan baik

Kualitas produk memang menjadi hal utama yang harus diperhatikan.  Namun terlepas dari itu Anda juga harus memperhatikan pelayanan, karena apabila pelayanan yang diberikan buruk Anda akan kesulitan dalam mencari konsumen.  Untuk itu, usahakanlah untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Bila Anda memiliki karyawan, sebaiknya Anda memberikan pelatihan bagi karyawan Anda agar selalu tersenyum, memberi salam dan menyapa konsumen.  Berikanlah juga promo spesial berupa bonus atau diskon harga bagi konsumen tetap atau yang membeli dalam jumlah banyak.

Perlakukan-perlakuan sederhana seperti ini dapat membuat konsumen senang dan mau kembali bertransaksi di tempat Anda.  

8. Menggunakan Teknologi Masa Kini

Gunakanlah teknologi-teknologi baru yang sudah ter update untuk penyimpanan data dan hal lainnya, ini dapat membuat usaha kecil Anda menjadi lebih kredibel dan mampu  bersaing dengan usaha lainnya yang berskala besar. Selain itu, dengan teknologi yang sudah berkembang tentunya akan membuat pekerjaan akan lebih mudah.

Baca Juga: Usaha Modal 10 Juta Rupiah yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Mulai Usaha Baru dengan Sederhana dan Tekun

Mempunyai sebuah usaha bisa dimulai dengan yang sederhana terlebih dahulu, lalu dikembangkan.  Jangan lupa agar selalu tekun dalam menjalankan usaha Kami harap Anda mendapatkan pengetahuan dengan membaca artikel ini, dan bisa membantu Anda yang ingin memulai sebuah usaha.  Semoga berhasil.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s