Tips Investasi Online

Tips-Tips Sederhana untuk Anda yang Ingin Mencoba Investasi Online agar Tidak Salah Langkah

Posted by

Mempunyai penghasilan tambahan menjadi keinginan setiap orang, apalagi jika penghasilan bisa didapatkan dengan mudah.  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satu cara yang terbilang cukup efektif adalah dengan melakukan investasi.  Dengan berkembangnya zaman saat ini, mendukung pula kemajuan dibidang investasi. Di mana saat ini sudah mulai banyak beredar yang namanya investasi online, jenis investasi ini tak hanya menawarkan keuntungan yang menarik bagi investor tetapi juga didukung dengan aplikasi yang mempermudah proses transaksi.

Salah satu metode yang ditawarkan oleh lembaga investasi online ialah crowdfunding. Kata ini berarti banyak orang (crowd) untuk mendanai kebutuhan tertentu (funding). Istilah ini berarti mengumpulkan dana yang dilakukan oleh banyak orang yang dialokasikan untuk kebutuhan tertentu.  Ada pula metode lain yang juga banyak penggunanya adalah valuta asing.

Baca Juga: Kelola Uang Anda dengan Baik agar Bisa Pensiun Lebih Dini dengan Tips-Tips Berikut

Valuta asing yang dikenal juga dangan itilah valas ialah salah satu jenis perdagangan atau transaksi yang mempunyai sistem jual beli mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya.  Sistem jual beli ini melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia yang bekerja selama 24 jam.

Menarik bukan ? Namun sebelum Anda mengambil investasi simak terlebih dahulu tips-tips berikut ini:

1. Tentukan Jenis Investasi Online

Tips pertama adalah Anda harus menentukan jenis investasi online mana yang ingin dijalani. Saat ini, ada beragam jenis investasi online yang ditawarkan kepada para calon investor di investasi online, seperti valuta asing (forex), equity crowdfunding dan bitcoin. Selain mengetahui jenis investasinya, Anda juga perlu memilih website atau penyedia investasi yang tepat sebagai tempat Anda mengolah dana.  Jangan lupa, untuk pelajari lebih dalam bagaimana program investasi dan sistemnya dijalankan. 

2. Mencari Informasi Kepada Ahli Keuangan

Saran yang kedua adalah mencari informasi dari ahli keungan. Terlebih bagi Anda yang baru saja ingin terjun ke dunia investasi online, ada baiknya Anda menanyakan saran atau rekomendasi dari mereka yang lebih ahli dan berpengalaman dibidang ini.  Anda bisa mengumpulkan data mengenai jenis investasi yang Anda inginkan, lalu mintalah kepada ahli keuangan untuk membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang investasi yang menarik dan mempunyai potensi yang lebih menguntungkan.  

3. Tingkatkan Kemampuan Membaca Sebuah Project Investasi

Jika Anda ingin mulai investasi, Anda harus meningkatkan kemampuan untuk dapat membaca dan memahami aspek teknis serta sistem dari peluang investasi.  Pelajari lebih lanjut hal-hal yang berkaitan dengan manajemen risiko, prinsip akuntansi dan bagaimana pasar bekerja. Investasi online masih terhitung baru terutama bagi masyarakat Indonesia, jadi jika Anda ingin berinvestasi online Anda harus mulai mempelajarinya sedari sekarang ini.

4. Pahami Batas Risiko

Dalam setiap investasi sudah pasti terdapat risiko kerugian, tak bisa diingkari termasuk kehilangan seluruh jumlah uang Anda. Bila Anda sudah memutuskan untuk investasikan sesuatu, berarti Anda siap untuk kehilangannya.  Anda bisa menerapkan taktik manajemen risiko yang hati-hati. Ini mencakup diversifikasi investasi Anda, seperti yang akan dijelaskan di tips selanjutnya.

 5. Variasikan Investasi Anda

Diversifikasi disini artinya mempunyai portofolio investasi yang beraneka macam.  Sebagai pemula dalam investasi online ada baiknya Anda berlaku demikian.  Jadi singkatnya, jika Anda mempunyai sejumlah dana, janganlah dana tersebut diinvestasikan pada satu investasi sekaligus, karena ini memiliki risiko kerugian yang besar.  Jika Anda melakukan divesrifikasi, ini akan meminimalisir banyaknya kerugian yang mungkin terjadi.

6. Jangan Bertindak Gegabah

Hal yang perlu diingat ialah, jangan bertindak gegabah.  Dengan kata lain, jangan terlalu semangat melihat produk yang menarik dan terlihat menguntungkan lalu membeli produk tersebut, padahal barang tersebut belum tentu benar-benar dibutuhkan.

Dengan kata lain, jangan tergiur tawaran yang terlihat menarik, karena bisa jadi itu akan merugikan.  Karena itu, Anda harus senantiasa menjaga agar pikiran Anda jernih dan dapat berpikir rasional sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

 7. Tinjau dan Evaluasi Program Investasi

Tips selanjutnya adalah tinjau ulang langkah investasi yang akan Anda ambil.  Umumnya, ketika ternyata apa yang Anda pilih dalam investasi berefek buruk, maka Investor akan mengubah strategi mereka.  Ini termasuk tindak tinjau program investasi Anda untuk membangun portfolio terdiversifikasi yang lebih baik agar terhindar dari risiko kerugian yang lebih banyak.  

Baca Juga: Tips Cerdas Mengatur Gaji Anda Sehabis Gajian agar Tidak Cepat Ludes

Ambil Keputusan yang Tepat dalam Proses Investasi yang Dilakukan

Dari beberapa hal di atas, bisa disimpulkan bahwa jika ingin mengambil investasi online, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Dengan setiap pengambilan keputusan yang tepat, investasi akan memberikan kontribusi yang menguntungkan dalam keuangan Anda.

Demikian artikel mengenai tips-tips yang harus diperhatikan sebelum Anda mengambil investasi online.  Jangan lupa juga untuk memperhatikan jasa penyedia investasi online yang akan Anda pilih jangan sampai tertipu hanya karena penyedia investasi mempunyai kredibilitas yang kurang baik.  Semoga sukses!