Fakta Seputar Pinjaman KTA

Fakta Seputar Pinjaman KTA yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Ajukan

Diposkan oleh

Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa dikenal dengan KTA adalah salah satu produk keuangan yang di sediakan oleh layanan perbankan yang bisa memberikan jaminan kepada calon debitur tanpa memerlukan suatu aset untuk dijadikan sebagai bahan jaminan.  Saat ini sudah banyak bank di Indonesia yang memberikan tawaran Kredit Tanpa Agunan. Sebelum mengambil produk KTA, simak dulu fakta KTA yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: KTA untuk Modal Liburan? Boleh Kok, Tapi Simak Dulu Penggunaannya agar Tidak Rugi

1. KTA Tidak Memerlukan Jaminan

Seperti nama dari produk keuangan ini yaitu Kredit Tanpa Agunan, dimana kredit yang ditawarkan tidak memerlukan suatu aset sebagai jaminan.  Di mana hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi calon debitur. Di sisi lain, bagi pemberi kredit atau yang biasa di sebut kreditur, ini merupakan produk yang memiliki risiko tinggi.

2. Nilai Bunga Pinjaman Tergolong Tinggi

Kemudahan yang diberikan oleh Kredit Tanpa Agunan, membuat nilai bunga pinjaman yang ditawarkan tergolong tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman standar.  Nilai bunga pinjaman Kredit Tanpa Agunan ini biasanya berkisar antara 20% sampai 40%.

3. Nilai Pinjaman Mencapai Ratusan Juta Rupiah

 

 

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh produk Kredit Tanpa Agunan adalah nilai pinjaman yang mencapai ratusan juta rupiah.  Ini menjadi poin tambahan bagi Kredit Tanpa Agunan, karena calon debitur tidak di wajibkan memberi jaminan akan tetapi dapat memperoleh pinjaman hingga nominal ratusan juta.  Untuk kisaran nominal pinjaman yang di sediakan oleh setiap lembaga berada di angka yang relatif sama, yaitu Rp 5 juta hingga Rp 300 juta.

4. Persyaratan Pengajuan Terbilang Mudah

Sistem pengajuan pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang tidak menggunakan jaminan memang sangat memudahkan bagi calon debitur.  Tapi bukan berarti KTA tidak memiliki persyaratan lainnya. Untuk dapat mengajukan KTA, ada persyaratan lainnya yang harus di penuhi, antara lain.

  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun, usia maksimal 65 tahun
  • Fotokopi slip gaji, biasanya standar minimal pendapatan calon debitur berkisar di angka 3 juta rupiah per bulan.  
  • Fotokopi Kartu Identitas, Paspor, NPWP

 

Selain beberapa syarat di atas, pihak lembaga keuangan juga akan memastikan bagaimana riwayat keuangan Anda.  Informasi mengenai riwayat keuangan Anda bisa di peroleh Bank melalui sistem yang dinamakan BI Checking.  

5. Pengguna Kartu Kredit akan Mendapatkan Kemudahan Pengajuan KTA

Rata-rata lembaga keuangan penyedia layanan KTA memberikan syarat bahwa calon nasabah harus memilik kartu kredit dalam tempo waktu tertentu.  Meski tidak semua lembaga memberikan persyaratan ini, namun mayoritas lembaga mengharuskan calon debitur untuk melampirkan foto tampak depan kartu kredit sebagai salah satu dokumen yang harus diisi.

Informasi yang ada pada kartu kredit bisa memudahkan bank dalam mengecek riwayat keuangan Anda, apakah Anda termasuk nasabah yang rajin dan tepat waktu dalam membayar cicilan, apakah Anda termasuk nasabah yang sering menunggak.  Selain itu, keberadaan kartu kredit dapat membantu disaat cicilan terjadi masalah.

6. Dana Pinjaman Bisa di Alokasikan Nasabah Secara Bebas

Dalam mengalokasikan dana pinjaman KTA, bank memberikan kebebasan kepada calon debitur.  Apakah dana tersebut digunakan untuk membayar cicilan, investasi, renovasi bangunan, biaya sekolah anak dan lain sebagainya.  Tentu ini menjadi salah satu keuntungan lagi bagi calon debitur KTA, karena jika meminjam dana melalui kredit modal kerja di bank, prosedur peminjaman yang harus dipenuhi akan berbeda.

7. Proses Pencairan Dana yang Cepat

 

 

Sistem peminjaman dana melalui produk KTA biasanya akan ditransfer langsung ke rekening nasabah.  Dana yang akan dicairkan telah di potong dengan biaya yang di kenakan. Proses pencairan dana ini tergolong cepat, rata-rata bank membutuhkan waktu selama 14 hari kerja, bahkan ada yang bisa mencairkan dana dalam waktu seminggu jika nasabah dinilai telah memenuhi syarat.

8. Bunga yang di Tetapkan Bersifat Tetap

Semua bank menetapkan bunga yang tetap bagi KTA.  Nilai bunga ini dinilai dari nominal pokok hutang pada awal kesepakatan, hal ini membuat hitungan bunga menjadi lebih mahal.

9. Semakin Singkat Tenor Pinjaman, Semakin Menguntungkan

Jangka tenor pinjaman yang biasa di berikan adalah mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.  Di karenakan bunga pinjaman yang ditetapkan bersifat tetap, maka akan lebih hemat jika melunasi cicilan secepat mungkin.

10. Bank Penyedia Kredit Tanpa Agunan

Saat ini di Indonesia sudah ada lebih dari 10 bank yang menyediakan produk Kredit Tanpa Agunan, diantaranya adalah Bank Mandiri, BCA, BTN, BNI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Bukopin, Bank Danamon, Bank Permata, Bank Mega, Bank Muamalat, DBS Bank, HSBC, Standard Chartered Bank, QTB Bank, CTBC Bank, ANZ Bank, Citibank.

Baca Juga: Mau Ajukan Pinjaman Online? Simak 5 Fakta Tentang Credit Scoring Berikut agar Anda Tidak Bingung

Perhatikan dulu Berbagai Kemudahan yang Ditawarkan oleh KTA sebelum Anda Ajukan

Kredit Tanpa Agunan memang memiliki banyak kemudahan, namun tidak sedikit pula hal-hal yang harus diperhatikan mengenai KTA.  Dengan membaca fakta-fakta diatas, diharapkan dapat menambah informasi Anda mengenai pinjaman Kredit Tanpa Agunan. Penuhi terlebih dahulu kriteria sebelum mengajukan pinjaman KTA.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s