Ajukan Pinjaman KTA S

Ragu Ajukan Pinjaman KTA? Simak Dulu 5 Keuntungan Mengajukan Pinjaman KTA Berikut

Diposkan oleh

Saat ini, ada beragam jenis kredit yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan pinjaman uang. Katakan saja seperti jenis kredit perumahan, kredit kendaraan, kartu kredit yang diberikan sebagai salah satu fasilitas bank untuk nasabahnya, hingga kredit agunan dan banyak lain. Masing-masing kredit ini memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Serta tentunya dihadirkan dengan syarat dan ketentuan berbeda-beda pula.

Baca Juga: Manfaat dan Kerugian yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Pinjam Uang Online

Kredit tanpa agunan online juga merupakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk para nasabahnya. Berbeda dengan jenis kredit lain, kredit tanpa agunan memang merupakan kredit yang paling mudah diajukan dengan nilai minimal yang terbilang besar pula. Namun sebelum Anda mulai memutuskan untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan ini pada bank, ketahui dulu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kredit satu ini.

1. Waktu Pencairan Dana Cepat

Sebagian besar proses kredit yang ditawarkan oleh bank memang memiliki waktu proses yang berbeda-beda. Beberapa bisa lebih cepat dari yang lain, begitupun sebaliknya. Namun khusus untuk proses pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan, rata-rata memang membutuhkan waktu paling singkat. Bank biasanya memiliki batas waktu proses untuk kredit jenis ini mulai dari 3 hari hingga 14 hari kerja.

Waktu proses hingga pencairan dana yang cepat ini salah satunya karena tak adanya appraisal asset, mengingat tak adanya surat berharga yang diagunkan. Selain itu proses kredit ini juga tak memerlukan proses survey yang panjang, seperti pada jenis kredit lain.

2. Pengajuan yang Mudah

Tak hanya proses pencairan dana yang cepat dan survey yang singkat, kredit KTA ini pun juga memiliki proses pengajuan yang mudah yaitu secara umum nasabah harus memiliki kartu kredit dari berbagai bank resmi yang disetujui oleh Bank Indonesia. Untuk nasabah bank bisa memilih dua proses pengajuan KTA, yakni KTA manual dan KTA elektronik.

Untuk KTA Manual, nasabah hanya perlu datang ke bank bersangkutan dengan semua dokumen yang menjadi syarat pengajuan. Setelah itu nasabah tinggal mengisi blanko yang diberikan dan mengisi data mereka.

Sedangkan untuk KTA elektronik, nasabah pun hanya perlu mengisi blanko yang terdapat online dan kemudian mengunggah semua file dokumen yang dibutuhkan sebagai bagian dari syarat. Proses pengajuan ini membutuhkan waktu yang lebih singkat pula.

3. Jangka Tenor Cicilan Terbilang Lama

Untuk beberapa jenis kredit, waktu cicilan yang diberikan memang bervariasi. Misalnya saja, kredit untuk perumahan biasanya memiliki jangka waktu tenor cicilan antara 10 tahun hingga 15 tahun. Sedangkan untuk kredit lainnya biasanya hanya sekitar 2 tahun atau 24 bulan saja.

Sebaliknya, untuk kredit tanpa agunan bank biasanya memberikan jangka tenor cicilan yang cukup lama. Waktu cicilan yang diberikan biasanya antara 2 tahun hingga 5 tahun atau 60 bulan. Jangka cicilan yang lama ini tentunya bertujuan untuk meringankan beban cicilan setiap bulannya pada nasabah. Meski Anda juga harus mengingat bahwa waktu cicilan yang lama berarti persentase bunga yang lebih besar akhirnya.

4. Nyaris Tak Ada Beban Pelunasan

Selain tenor cicilan dengan waktu yang lama, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari kredit KTA ini tak adanya beban pelunasan. Jadi ketika suatu saat nanti Anda berniat untuk melunasi kredit tanpa agunan sebelum waktu pinjaman habis, maka Anda bisa langsung melunasi kredit tersebut. Bank pun biasanya nyaris tak memberikan beban pelunasan, berbeda dengan kredit lain.

Namun untuk memastikan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melunasi kredit tanpa agunan sebelum waktunya, lebih baik langsung memastikan dengan bank pemberi kredit. Pasalnya biasanya masing-masing bank akan memiliki kebijakan sendiri mengenai perhitungan biaya dan lain-lain untuk pelunasan ini.

5. Plafon Pinjaman Besar

Kredit dengan agunan memang memiliki plafon yang cukup besar. Tergantung dari besarnya nilai appraisal asset dari dokumen dan aset yang dijaminkan. Pada kredit tanpa agunan karena tak adanya aset maupun dokumen yang diagunkan, nilai plafon pinjaman yang besar memang cukup mengejutkan. Beberapa bank bahkan berani memberikan plafon pinjaman untuk kredit tanpa agunan ini dengan jumlah yang nyaris sama dengan kredit agunan.

Jumlah plafon yang diberikan untuk kredit tanpa agunan biasanya berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta. Tergantung dari kebijakan bank hingga persayaratan yang mampu dipenuhi oleh nasabah.

Baca Juga: Pinjaman Online untuk Dana Cepat? Ajukan Saja Lewat Aplikasi Indodana

Jadikan KTA Sebagai Pilihan untuk Mendapatkan Modal dengan Efektif

Kredit tanpa agunan memang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan nasabah, terutama untuk nasabah yang membutuhkan modal bagi usaha. Plafon kredit yang besar, waktu tenor cicilan yang panjang, persyaratan mudah dan juga waktu proses pencairan yang cepat membuat kredit ini menjadi pilihan bagi para pebisnis muda. Nah sekarang, keputusan untuk mengajukan kredit ini ada di tangan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s