Cara-Cara Ampuh agar Anda Bebas dari Hutang

Cara-Cara Ampuh agar Anda Bebas dari Utang Pinjaman dan Hidup Lebih Bahagia

Posted by

Mengajukan pinjaman untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif ibarat kata adalah sesuatu yang cukup addictive. Hal ini dikarenakan perasaan senang yang sering kali timbul di awal-awal pada saat memiliki sebuah barang dengan jalan mengambil melalui utang. Parahnya lagi Kita sering kali tak memikirkan efek domino yang ditimbulkan. Antara lain, tidak memperhitungkan matang matang alokasi dana yang dimiliki untuk jangka panjang.

Efeknya tentu saja tak hanya berimplikasi pada cash flow yang bermasalah, melainkan juga pada kebutuhan kebutuhan yang sering kali terjadi secara mendadak tak dapat terpenuhi lantaran sebagian dana yang Anda miliki telah dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Jika sudah seperti ini Anda yang akan kesusahan.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Cara Sederhana agar Bisa Bebas Dari Utang Pinjaman

Artikel Kita kali ini akan membahas beberapa hal cara terbebas dari utang agar hidup Anda lebih maju serta semakin dekat dengan kebebasan finansial. Anda tentunya mau kan hidup bahagia tanpa memikirkan pengeluaran pengeluaran yang berarti? Simak tips yang akan Kita ulas berikut ini:

1. Berjanjilah Pada Diri Sendiri untuk Berhenti Meminjam Uang pada Siapapun dan Menaatinya

Langkah pertama dan terpenting adalah katakan pada diri Anda sendiri untuk berhenti mengambil pinjaman atau mengajukan pinjaman apapun bentuknya. Baik itu dalam bentuk kartu kredit, kredit tanpa agunan maupun pinjaman pinjaman yang lainnya.

Salah satu cara termudah adalah melakukan diet uang tunai. Cara melakukannya, selalui jauhi seluruh aktivitas yang mendorong Anda untuk konsumtif, misal dengan cara menghindari jalan jalan di pusat perbelanjaan. Sebagai gantinya Anda bisa melakukan liburan di alam terbuka, selain hemat tentunya bisa lebih menyehatkan badan. Selain itu hindari membuka website website maupun hal hal yang berbau online shopping. Dan yang terpenting, selalu pikirkan seberapa penting barang yang akan Anda beli.

2. Melunasi Utang dengan Bunga Lebih Tinggi Terlebih Dahulu

utang dengan nominal lebih besar bukan berarti utang tersebut memiliki bunga yang lebih besar. Nyatanya transaksi transaksi kecil dan sering dilakukan dengan menggunakan kartu kredit memiliki bunga yang lebih besar. Bunga kartu kredit berkisar antara 2 – 4% perbulan, jika di kalikan dalam setahun maka akan diperoleh prosentase bunga sebesar 12 – 24% pertahunnya yang mana jumlah tersebut lebih besar dari total jenis pinjaman lainnya.

Memiliki kartu kredit boleh saja, namun dengan catatan Anda harus melunasi setiap tagihannya secara penuh dan menghindari membayar dalam jumlah minimum payment. Hal ini guna menghindari menumpuknya utang yang nantinya bisa berimplikasi terhadap keuangan Anda.

3. Punya Uang Lebih? Alokasikan untuk Melunasi Utang

Jika Anda memiliki uang lebih, misal uang bonus tahunan atau uang bonus dari supplier. Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membayar utang yang Anda miliki. Anggap saja uang tersebut hanyalah uang lewat yang bisa menjadi penyelamat keuangan masa depan Anda. Namun yang harus Anda pertimbangkan juga dana atau denda untuk pelunasan dipercepat. Beberapa bank memberlakukan hal ini dan terkadang dendanya cukup membebani.

4. Perhitungkan Dana Bulanan untuk Membayar utang Secara Konsisten

Memiliki utang adalah sebuah kewajiban bagi Kita untuk mengembalikan. Seberapa besar pun dan pada siapa pun itu, utang tetap lah utang yang harus dilunasi tepat waktu. Oleh karenanya selalu bayar utang Anda secara konsisten sehingga Anda terhindar dari denda yang terbilang cukup besar untuk jenis pinjaman yang diberikan oleh bank.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Memiliki penghasilan tambahan memang gampang gampang susah. Namun saat ini berkat kemajuan teknologi dan informasi mencari pekerjaan sampingan bukan hal sulit. Salah satunya menjadi penulis freelance. Dengan menjadi penulis freelance Anda akan mendapatkan dana, selanjutnya dana tersebut dapat Anda alokasikan untuk membayar utang yang tengah berjalan.

6. Saran Lainnya

Salah satu saran yang sering kali di lakukan oleh orang orang yang terlilit utang adalah dengan cara mengajukan utang baru dengan bunga yang lebih rendah untuk melunasi utang yang berjalan. Namun cara ini harus Anda imbangi dengan konsistensi dalam membayar utang yang baru. Jika Anda tidak konsisten dan Anda mendapatkan denda tentunya uang yang Anda keluarkan bisa jadi lebih besar daripada pinjaman yang telah berjalan.

Baca Juga: Waspadai Tawaran Pinjaman Uang dengan Proses Cepat! Amati dulu Fakta-Fakta Berikut agar Tidak Tertipu

Pikir 2 Kali Kemampuan Bayar Anda Sebelum Ajukan Pinjaman

Demikian lah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan untuk menghindari utang baik yang berjalan maupun bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman agar Anda semakin terbebas dari jerat utang dan semakin dekat dengan kebebasan finansial. Pikir 2 kali sebelum Anda memutuskan mengajukan pinjaman karena jika kemampuan bayar Anda belum matang tentu akan semakin menumpuk utang Anda. Semoga berguna!

Mau Coba Pinjaman Cepat Cair dengan Tenor Cepat? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!