Pinjaman yang Bisa Memberikan Anda Manfaat Pajak

3 Macam Pinjaman yang Bisa Memberikan Anda Manfaat Pajak yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Posted by

Jenis Pinjaman yang Bisa Memberikan Anda Manfaat Pajak

Memiliki pinjaman tentu menjadi berat bagi sebagian orang.  Tidak sedikit orang yang masih belum bisa memanfaatkan pinjaman dengan efektif.  Namun ternyata ada 3 macam pinjaman yang mungkin tidak Anda ketahui tetapi dapat memberikan manfaat pajak, diantara lain.

1. Home Loan

Punya rumah sendiri pasti menjadi keinginan banyak individu.  Namun dengan harga real estate saat ini membuat orang sangat sulit untuk membeli rumah atau bahkan hanya sebidang tanah, jika hanya mengandalkan uang tabungan.  

Pinjaman rumah seperti KPR (Kredit Pinjaman Rumah) menjadi jawaban untuk masalah ini. Kredit Pinjaman Rumah yakni produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 90% dari harga rumah.  

Kebanyakan produk KTA memang disediakan oleh pihak perbankan, walaupun sudah banyak perusahaan pembiayaan yang menyalurkan dana dari lembaga sekunder lain untuk membiayai properti Anda. Akan tetapi secara umum, para pihak pengembang properti telah bekerja sama dengan pihak bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Hindari agar Tidak Terjebak Lubang Pinjaman Online

Permohonan KPR bisa diajukan dengan mengisi formulir pemesanan unit dari pengembang serta melunasi bermacam biaya dan uang muka.  Cukup melengkapi formulir pendaftaran yang tersedia dari pihak penyedia KPR dan mempersiapkan dokumen pendukung serta memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Usia tidak lebih dari 50 tahun ketika mengajukan permohonan KPR.
  • Fotokopi KTP pemohon.
  • Akta nikah atau cerai.
  • Kartu keluarga.
  • Surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan).
  • Dokumen kepemilikan agunan (Sertifikat Hak Milik, Ijin Membangunkan Bangunan, Pajak Bumi dan Bangunan).

Setelah itu Anda bisa menerima manfaat yang diberikan oleh KPR yaitu dalam bentuk pemotongan jumlah dana yang telah dibayarkan sebagai bunga pinjaman.  

2. Education Loan

Pinjaman pendidikan ini bisa diperoleh bagi pelajar yang ingin menuntut ilmu di luar negeri.  Namun untuk dapat melakukan pinjaman in dengan syarat tertentu seperti pendidikan terakhir, batas waktu pengajuan paling lambat sebelum kelulusan, dan lain sebagainya.  Manfaat pajak yang didapatkan kurang lebih mirip dengan pinjaman rumah. Namun hanya yang telah memenuhi syarat saja yang mendapat pengembalian sejumlah bunga dari nilai pinjaman.  Jadi jumlah pokok tidak mendapat pengembalian.

3. Personal Loan

Personal Loan atau yang bisa disebut juga Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sebuah produk keuangan, dimana nasabah dapat meminjam sejumlah dana atau uang dari bank tanpa harus memberikan aset atau barang berharga yang berupa SK, BPKB, sertifikat rumah, sertifikat tanah, dan lain-lain sebagai jaminan atau agunan.  Banyak yang beranggapan bahwa memiliki pinjaman pribadi mendatangkan celaka.

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Renovasi Rumah? Tips Cara Pengajuan dan Pemanfaatanya dengan Baik Berikut Ini

Tapi banyak yang tidak tahu bahwa pinjaman pribadi memberikan manfaat pajak dan mayoritas malah menghindari pinjaman pribadi. Manfaat pajak yang bisa Anda gunakan misalnya jika Anda ingin melakukan renovasi rumah atau membayar uang muka KPR dengan menggunakan uang pinjaman, Anda bisa klaim pengurangan pajak.  Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi atau KTA ini melalui bank atau lembaga keuangan, syarat yang ditentukan umumnya.

  • Memiliki pendapatan per bulan atau pekerjaan tetap.
  • Usia pemohon kredit harus melebihi 21 tahun.
  • Usia pemohon kredit dibawah 55-60 tahun pada masa pelunasan.

Pertimbangkan Keputusan Anda Sebelum Ajukan Pinjaman Apapun

Memiliki pinjaman atau kredit sesungguhnya tidak selalu mendatangkan kerugian. Namun jika pinjaman atau kredit yang Anda lakukan dipertimbangkan dengan matang dan dimanfaatkan secara bijak, pinjaman atau kredit bisa memberi banyak keuntungan bagi Anda, salah satunya adalah manfaat pajak.  Dengan mengetahui penjelasan di atas, Anda bisa memanfaatkan pinjaman yang Anda punya atau Anda ingin ajukan agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal melalui manfaat pajak. Namun tetap ada persyaratan dan aturan yang harus Anda patuhi.  Ketahuilah terlebih dahulu ketentuannya sebelum melakukan pinjaman.

Butuh Tambahan Dana untuk Kebutuhan Khusus? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!