Usaha Modal 1 Juta

Usaha Modal 1 Juta? Bisa Saja Kok! Cek Jenisnya Berikut Ini

Posted by

Memulai bisnis tentu memerlukan modal.  Namun tidak semua orang memunyai modal yang banyak untuk memulai sebuah bisnis.  Jika memulai bisnis dengan yang minim katakanlah sejuta, tentu Anda tidak akan terlalu khawatir dengan masa depan usaha Anda.  Namun Anda tetap bisa mengelola dan menjalankannya dengan serius.

Dengan modal sejuta, apa jenis usaha yang bisa Anda kerjakan ? Simak ulasan berikut ini.

1. Bisnis online

Bisnis yang memerlukan modal minim, jika membicarakan topik ini ada satu bisnis yang ada di pikiran kita, yaitu bisnis online.  Salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan modal awal sekitar Rp 1 jutaan adalah bisnis online.  Banyak pasti yang telah mendengan tentang bisnis online, namun belum banyak di antara kita yang mengetahui apa sebenarnya bisnis online dan bagaimana cara kerja dan memulainya.

Bisnis online sekarang semakin ramai terlebih dengan keberadaan situs marketplace populer yang menjadi tempat berkumpulnya para pelaku bisnis online dalam mendagangkan barangnya.  Seperti Tokopedia.com, Lazada.com, Blibli.com dan lainnya yang bisa di ikuti secara gratis.

Di situs marketplace seperti yang disebutkan diatas, Anda bisa berjualan barang dengan bebas.  Dengan modal sejuta, Anda bisa menggunakannya sebagai modal untuk digunakan membeli barang yang telah dipesan pelanggan. Adapun biaya pengiriman pesanan dari penjual kepada pembeli, biasanya ditanggung oleh pembeli.  

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

2. Agen Pulsa, Kuota Internet

Kebutuhan terhadap komunikasi menjadi salah satu kebutuhan utama.  Untuk penggunaanya tentu dibutuhkan telepon genggam, didukung pula oleh internet dan pulsa.  Melihat banyaknya masyarakat yang tidak bisa jauh dari HP membuka peluang bagi Anda untuk menjalankan usaha sebagai agen pulsa dan kuota internet.  Modalnya pun tidak perlu banyak untuk deposito. Untuk mengikuti atau berpartipasi di agen pulsa juga tidak memerlukan banyak prosedur. Anda tinggal mendaftarkan diri dan nomor HP yang digunakan untuk menjual pulsa.

3. Bisnis Laundry

Menjalankan usaha laundry rumahan juga merupakan usaha yang potensial dan dapat dilakukan dengan modal minim.  Anda tentu mempunyai sebuah mesin cuci, Anda bisa menggunakan mesin cuci tersebut yang sudah Anda miliki saat ini, dan jika usaha Anda telah berkembang, Anda dapat membeli mesin cuci yang baru.

Dengan modal yang minim, Anda bisa menggunakannya untuk modal lainnya seperti membeli deterjen, membeli pelembut dan keperluan lainnya.  Tetapkan jasa laundry yang menguntungkan agar usaha Anda tetap mendatangkan keuntungan.

4. Bisnis kuliner

Bisnis dibidang kuliner merupakan bisnis yang tidak kenal berhentinya. Sebab kuliner merupakan kebutuhan premier manusia untuk tetap hidup.  Dengan modal sejuta, Anda sudah bisa menjalankan bisnis dibidang kuliner yang cukup potensial.

Contoh berjualan kue.  Saat ini ada banyak sekali berbagai jenis kue yang bisa Anda jual.  Banyak referensi yang bisa Anda dapatkan. Dengan modal sejuta, Anda sudah bisa memulai usaha ini.  Terlebih jika Anda memiliki hobi serupa, tentu menjadi lebih menyenangkan.

5. Berjualan Makanan dan Minuman Ringan

Jika Anda mempunyai modal sejuta maka salah satu usaha yang bisa Anda coba adalah jualan makanan ringan seperti kue, gorengan, tahu crispy, serta berjualan berbagai es buah dan lainnya.  Anda bisa mengatur sendiri bagaimana sistem dan mekanisme bisnis nya, yang pasti ini merupakan salah satu ide usaha dengan modal kecil yang bisa Anda coba.

Adapun modal lainnya guna untuk investasi tambahan yang harus Anda keluarkan adalah membuat gerobak untuk berjualan atau etalase untuk menaruh makanan dan minuman yang Anda jual.  Jenis makanan seperti ini biasanya laris di jual karena memiliki banyak peminat.

Anda juga dapat mengikuti program franschise makanan, saat ini ada banyak peluang usaha melalui franchise, banyak pula yang membuka peluang kerja sama dengan modal sejuta.

6. Bisnis Ikan Hias

Dengan modal aquarium Anda bisa mencoba peruntungan dari usaha ikan hias, modalnya sangat kecil dan tentunya bisa Anda mulai dengan modal hanya sejuta. Namun yang penting adalah Anda harus memahami cara merawat ikan hias, dan mengerti tentang hewan ini.

Penting bagi Anda dalam menganalisa pasar, contohnya ikan hias apa yang saat ini paling banyak diminati.

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Awali Usaha dengan Keberanian dan Ketekunan

Pada dasarnya sebuah usaha harus diawali dengan keberanian dan ketekunan, sehingga meskipun usaha yang Anda lakukan bermodal kecil namun kedepannya bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

Itu tadi beberapa contoh usaha dengan modal sejuta yang bisa di coba.  Modal sejuta mungkin terbilang tidak terlalu besar namun jika Anda mengelola bisnis yang Anda lakukan dengan baik, bisnis dengan modal kecil ini bisa mengubah kondisi keuangan Anda.