Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil yang Bisa Anda Coba di Rumah untuk Memulai Bisnis Baru

Posted by

Pada era ekonomi global seperti saat ini, banyak berbagai peluang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Sebagian besar seseorang yang akan memulai bisnisnya gagal mencoba  karena awalnya mereka berpikir untuk membuka bisnis dibutuhkan modal yang besar, padahal tidak semua jenis bisnis membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang tidak terlalu besar kita pun masih bisa membuka peluang usaha modal kecil, seperti bisnis rumahan contohnya.

Usaha Modal Kecil Memerlukan Kreatifitas dan Keberanian

Peluang usah  modal kecil memang dibutuhkan kreatifitas serta keberanian dalam memulainya. Tidak menutup kemungkinan dengan modal yang kecil kita akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Khususnya bagi karyawan pekerja yang ingin menambah penghasilan bisa membuka usaha sampingan dengan menyewa karyawan dan hanya cukup mengawasi bisnisnya tersebut, tanpa mengganggu pekerjaan utama yang mereka lakukan. Sedangkan untuk ibu rumah tangga tentu melakukan bisnis rumahan bisa menambah penghasilan tanpa meninggalkan kewajiban mengurus keluarga dan rumah. Hadirnya usaha kecil menengah di tengah-tengah masyarakat yang ada di Indonesia, tentu sangat memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan perekonomian di negara kita.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

Jenis Usaha Modal Kecil yang Bisa Dicoba di Rumah

1. Usaha Counter Pulsa

Kebutuhan akan pulsa kini sudah seperti kebutuhan pokok sehari hari  yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan demi memperlancar komunikasi. Bahkan dengan maraknya dunia maya yang sedang happening seperti saat ini, tentu kebutuhan akan kuota internet sangatlah dibutuhkan hampir semua kalangan, mulai dari mahasiswa, anak sekolah bahkan ibu rumah tangga.

Dengan besarnya peluang yang ada, Anda pun bisa menjadikan sebagai bisnis kecil-kecilan dirumah dengan membuka counter pulsa. Keuntungan dari menjual pulsa maupun kuota data sudah tidak diragukan lagi dan hasilnya pun bisa dikatakan sangat lumayan.

2. Membuka Bisnis Kuliner Kecil-Kecilan

Apakah Anda mempunyai hobi memasak? Mengapa tak Anda manfaatkan saja potensi tersebut. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada kata mati di dalamnya, setiap orang pasti membutuhkan makanan. Apalagi dengan tambahan sedikit kreatifitas, Anda bisa membuka usaha kuliner kecil-kecilan dari rumah bisa yang Anda jadikan sebagai usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Anda bisa menawarkan makanan yang Anda jual di lingkungan sekitar atau bahkan secara online.

3. Usaha Menjahit Baju

Bila Anda memiliki kemampuan untuk menjahit pakaian, tidak ada salahnya Anda membuka usaha jahit dari rumah. Bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan bermodalkan mesin jahit dan beberapa perlengkapan lainnya Anda bisa memulai bisnis rumahan Anda dengan modal yang kecil serta menawarkan jasa tersebut pada tetangga, maupun menjual baju buatan Anda sendiri secara online.

4. Membuka Usaha Laundry

Mencuci merupakan kegiatan umum yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Anda juga bisa membuka peluang dari bisnis mencuci pakaian tersebut dengan menawarkan jasa pada tetangga, karyawan maupun mahasiswa di sekitar lingkungan rumah. Karena terkadang para karyawan dan mahasiswa lebih sering menggunakan jasa laundry dibandingkan dengan melakukan nya sendiri di rumah atau kosan. Sebenarnya potensi bisnis laundry juga memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Kareana dengan hanya bermodalkan mesin cuci baru maupun bekas, Anda sudah bisa menjalankan bisnis laundry rumahan.

5. Membuka Toko Online

Bagi Anda seorang ibu rumah tangga yang sering menggunakan smartphone dan sangat aktif di media sosial tentunya paket data internet Anda mungkin akan habis oleh hal-hal yang kurang berguna. Mengapa Anda tidak mencoba membuka bisnis online saja? Dengan memanfaatkan smartphone beserta kuota internet, Anda bisa menjalankan bisnis online dari rumah dengan menjual beberapa barang seperti pakaian, pernak-pernik, souvenir dan tentunya tidak membutuhkan modal yang besar.

6. Membuka Jasa Bimbingan Belajar di Rumah

Apabila Anda memiliki keahlian pada bidang tertentu misalnya dalam bidang akademik seperti mengajar, mengapa tak mencoba membuka jasa les privat untuk anak sekolah? Anda bisa menawarkan jasa Anda pada tetangga yang memiliki anak-anak SD maupun SMP. Meski bayaran guru privat rumahan tidak begitu besar, namun jika Anda dapat menarik beberapa siswa untuk belajar di rumah Anda tentu  keuntungannya pun bisa sangat lumayan.

Misalkan Anda menarik 50.000 rupiah dalam sebulan dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang saja, Anda bisa mendapatkan penghasilan 1.000.000 rupiah per bulan. untuk menjadi seorang guru privat, tentunya  tidak membutuhkan modal yang besar, cukup mengandalkan kemampuan akademik Anda, uang tambahan pun bisa Anda dapatkan setiap bulannya.

Baca Juga: Usaha Modal 10 Juta Rupiah yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Mulai dengan Usaha Kecil dengan Modal yang Kecil Pula

Berikut beberapa jenis usaha yang bisa Anda coba dari rumah, selain tidak membutuhkan modal yang besar, membuka bisnis rumahan ini juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan, ditambah lagi Anda tidak perlu meninggalkan keluarga tercinta dengan melakukan bisnis ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Butuh Dana untuk Buka Usaha Modal Kecil? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!