Pinjaman Uang dengan Proses Cepat

Waspadai Tawaran Pinjaman Uang dengan Proses Cepat! Amati dulu Fakta-Fakta Berikut agar Tidak Tertipu

Posted by

Saat ini, KTA (Kredit Tanpa Agunan) sudah semakin populer di kalangan masyarakat luas. Ya, pinjaman tanpa jaminan ini makin dikenal bagi orang-orang yang tengah membutuhkan dana ekstra dengan cepat dan simple. Bahkan pinjaman KTA dewasa ini bukan hanya ditawarkan oleh pihak bank saja tapi juga oleh lembaga bukan bank. Dengan demikian, layanan KTA ini sudah semakin mudah untuk dijangkau.

Selain itu, KTA relatif lebih mudah dicairkan ketimbang pinjaman dengan jaminan. Jika sudah begitu, bagaimana tidak akan populer? Yang lebih menariknya lagi, pihak debitur/ peminjam tak perlu memberikan agunan/ jaminan aset pribadi mereka yang berharga, seperti emas, rumah, mobil, tanah dan lainnya guna mendapat dana pinjaman.

Selalu Berhati-Hati Sebelum Memutuskan Mengambil Program Pinjaman

Meski demikian, perlu digaris bawahi bahwa sejatinya KTA ini merupakan produk resmi dari bank. Dengan demikian, berhati-hatilah dalam mencari pinjaman KTA. Jangan sembarangan. Ingat, KTA adalah hutang yang berhubungan dengan kondisi finansial Anda. Alangkah bijaksananya jika Anda memilih bank sebagai pihak yang paling bisa dipercaya untuk menyediakan dana KTA ini bagi Anda.

Kebanyakan orang yang dalam keadaan terdesak lalu terburu-buru dan ingin KTA cepat cair tanpa ribet. Namun salah-salah malah jadi terjebak ‘lintah darat’. Perlu diketahui, ada juga pihak yang mengaku bisa memberikan KTA. Biasanya mereka menyebut diri sebagai “perantara bank”.

Menyoal ini, perlu diingat bahwa tidak semua dari mereka adalah kredibel. Ada pula yang mengklaim bisa mencairkan KTA dengan hanya bermodalkan biodata lengkap Anda, atau Anda hanya perlu menuliskan komentar status di Facebook. Tentu kita semua tahu bahwa cara mendapatkan KTA cair tidak sesederhana itu.

Di lain pihak, ada lagi sejumlah perusahaan pembiayaan atau perseorangan yang menawarkan layanan kredit tanpa agunan ini. Namun perhatikan, syarat dan ketentuan KTA dari mereka tentu berbeda dengan bank karena perusahaan dan individu semacam ini tidak diikat aturan resmi dari pemerintah.

Baca Juga: Mau Ajukan Pinjaman Online? Simak 5 Fakta Tentang Credit Scoring Berikut agar Anda Tidak Bingung

Syarat Umum Pengajuan Pinjaman KTA

Dengan demikian, berikut adalah syarat umum yang diberikan bank untuk mencairkan KTA yang perlu Anda ketahui:

  1. Rekening 3 bulan terakhir,
  2. KTP dan KK,
  3. Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan,
  4. Akta nikah/cerai/kematian/perjanjian pranikah,
  5. NPWP/ SPT.

Apabila saat ini Anda sedang kebingungan mencari dan memilah hendak menggunakan produk KTA dari bank atau yang bukan bank, maka jelilah dalam memilih kreditur KTA ini. Bandingkan dulu hal-hal seputar KTA dari kedua pihak tersebut. Mari simak perbandingannya sebagai berikut:

Hal Seputar Pinjaman KTA yang Perlu Diketahui

1. Bunga

Ada aturan yang spesifik terkait bunga KTA dalam setiap bank. Umumnya, bunga bagi peminjam yang berstatus pegawai lebih kecil ketimbang bunga yang dikenakan ke pengusaha. Ada pun selisihnya sekitar 0,2 persen.

Bagaimana dengan bunga yang diterapkan oleh perusahaan atau perseorangan? Biasanya mereka menerapkan bunga yang lebih tinggi daripada bank. Mereka ini lebih bebas menentukan bunga karena tidak terikat aturan tertentu terutama dari pemerintah. Hal ini berbanding kontras dengan bank yang pengaturan bunganya mengikuti ketentuan dari Bank Indonesia.

2. Provisi

Umumnya, bank menerapkan pengenaan biaya provisi tahunan. Provisi ini dapat diartikan sebagai biaya administrasi. Khusus untuk peminjaman Rp 50 juta ke atas, ada beberapa bank yang membebaskan peminjam dari biaya provisi ini.

Bagi pihak penyedia KTA dari perusahaan atau perseorangan, besaran biaya provisi ini bergantung dari kebijakan perusahaan atau individu pembiayaan tersebut masing-masing. Jika Anda memilih perusahaan pembiayaan sebagai penyedia KTA, maka tanyakan saja langsung berapa besar jumlah provisi yang mereka kenakan pada Anda.

3 Plafon Kredit

Plafon kredit ialah nilai maksimum pinjaman. Umumnya bank menawarkan besaran KTA di kisaran Rp 3-200 juta. Sedangkan plafon dari perusahaan pembiayaan atau individu lebih bervariasi karena tidak terikat oleh aturan khusus.

4. Tenor

Istilah tenor digunakan untuk menyebut jangka waktu cicilan. Umumnya, baik pihak bank maupun yang bukan bank menentukan tenor sekitar 12-60 bulan untuk melunasi pinjaman. Untuk pihak bank, mereka akan melihat penghasilan Anda dan menentukan tenor serta plafon dari situ guna memastikan Anda mampu melunasi pinjaman. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan kredit yang mereka kucurkan tidak menjadi macet pembayarannya di tengah jalan.

Sebagai perbandingan, bank mempunyai aturan formal yang dipantau oleh pemerintah. Dengan demikian, jika Anda meminjam KTA ke pihak bank, maka posisi Anda akan aman. Selama Anda pun patuh dan tertib mengikuti ketentuan yang berlaku, Anda tak perlu was-was mendapatkan perlakuan yang semena-mena.

Lain halnya apabila Anda meminjam ke perusahaan pembiayaan atau per individu. Mereka cenderung menetapkan sendiri aturan main mereka dengan bebas. Bahkan tak jarang ditemui dalam beberapa kasus, ada yang nakal dengan menetapkan bunga teramat tinggi.

Hal ini berbanding kontras dengan pihak bank yang lebih tertib dengan aturan formal dari pemerintah. Risiko Anda sebagai debitur akan lebih tinggi jika memilih meminjam KTA dari perusahaan atau perseorangan. Bayangkan konsekuensinya jika Anda telat bayar cicilan, bisa saja ancaman, teror bahkan tindak kekerasan dari debt collector tengah menanti Anda.

Di sisi lain, pihak perusahaan atau individu memang lebih cepat mencairkan KTA ini ketimbang bank. Bahkan persyaratannya pun terbilang lebih mudah. Jika ini merupakan pilihan Anda, sekali lagi pastikan bahwa pihak pemberi pinjaman KTA yang Anda pilih betul-betul bisa dipercaya.

Dalam hal ini, bank lebih menjanjikan layanan KTA yang tertib, kredibel dan aman lantaran ada hukum pemerintah yang mengaturnya. Dengan demikian ketentuannya pun akan lebih berimbang dan tidak berat sebelah. Tidak seperti pihak bukan bank yang bisa saja menyalahgunakan wewenang dan jadi semena-mena dalam membuat aturan.

Baca Juga: Pinjaman Uang di Pegadaian? Cari Tahu Ketentuan dan Manfaatnya Berikut Ini

Selalu Sabar dan Teliti Sebelum Memilih Pinjaman KTA yang Tepat

Oleh sebab itu, hendaknya jangan terburu-buru dalam mencari KTA. Bersabarlah dan berhati-hati dalam memilah mana pemberi pinjaman yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Anda akan ingin memilih yang paling bisa dipercaya. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan manfaat KTA dengan tenang dan baik. Cicilan pun dapat dilunasi tanpa masalah.

Mau Dapatkan Pinjaman Dana Cepat yang Terpercaya? Download  Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!