Bisnis Rental Mobil

Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil? Simak Tipsnya Berikut Ini Supaya Lancar

Diposkan oleh

Bisnis rental mobil adalah salah satu jenis bisnis yang memiliki potensi besar.  Untuk dapat memulai usaha ini Anda tidak harus memiliki modal yang besar contohnya memiliki mobil hingga 10 unit secara singkat, namun dengan modal yang kecil pun Anda sudah bisa memulai bisnis rental mobil, modal yang kecil ini dalam arti dengan memiliki mobil 1 sampai 2 unit mobil saja usaha ini sudah bisa jalan.

Ketika bisnis rental mobil Anda sudah berjalan dengan lancar maka dengan sendirinya jumlah mobil yang bisa Anda sewakan untuk bisnis ini akan terus bertambah dikarenakan permintaan konsumen yang juga terus meningkat.  Anda bisa melakukan penambahan unit secara bertahap untuk memenuhi permintaan konsumen.

Baca Juga:  Kredit Mobil Lewat Leasing? Ini Tips agar Prosesnya Cepat Disetujui

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk memulai sebuah bisnis rental mobil dengan modal kecil.  Namun perlu diingat modal kecil disini bukan berarti Anda tidak memiliki mobil, karena judulnya bisnis rental mobil, jadi paling tidak Anda sudah memili 1 unit mobil.

TIPS 1 : Pilih Mobil yang Banyak Diminati 

Saat harus memilih mobil yang akan di rental, maka pastikan Anda membeli mobil yang yang banyak diminati oleh mayoritas pelanggan di daerah Anda.  Mobil yang paling banyak diminati oleh mayoritas orang adalah Innvoa, Avanza, Xenia karena dianggap paling ideal, terutama soal BBM yang hemat.

Kemudian yang menjadikan 3 mobil tersebut banyak peminatnya adalah harga sewa nya yang juga murah bila dibandingkan dengan mobil jenis lainnya.  Harga sewa mobil avanza dan xenia rata-rata berkisar antara Rp250.000 sampai Rp350.000 per 24 jam. Hindari membeli mobil second untuk dijadikan modal bisnis rental.

TIPS 2 : Gunakan Mobil yang Masih Baru

Untuk memulai sebuah bisnis rental mobil sebaiknya Anda memulainya dengan mobil baru, karena selain peminatnya banyak karena mobil baru cenderung lebih nyaman digunakan, tidak berbau, juga biaya perawatan yang masih ringan jika dibandingkan dengan mobil lama atau mobil bekas. Memang untuk harga mobil baru tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil lama / mobil bekas, tapi Anda bisa membeli mobil baru dengan cara kredit agar mengurangi beban Anda.

Begitu pula halnya dengan poin asuransi, ketika ada hal yang tidak diinginkan pihak asuransi cenderung lebih menghargai asset kendaraan yang masih baru.

TIPS 3 : Beli Mobil Baru Tidak Harus Cash

Bila Anda saat ini masih belum memiliki cukup dana untuk membeli sebuah mobil baru, paling tidak jika Anda memiliki dana besarnya 30% saja dari harga mobil maka Anda bisa membeli mobil baru dengan cara kredit dengan uang muka 30%.  Jadi, karena bisnis ini dimulai dari modal kecil maka pembelian mobil baru untuk bisnis rental lebih baik dilakukan dengan cara kredit. Anda juga bisa membeli mobil baru langsung dari dealer mobil yang Anda minati dengan mengajukan kredit melalui Bank atau Leasing.

TIPS 4 : Siapkan Syarat dan Ketentuan untuk Bisnis Rental

Bisnis rental mobil sudah jelas memiliki risiko yang cukup besar, misalnya mobil Anda tidak kembali (di curi), oleh karena itu Anda harus membuat sebuah peraturan bisnis untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,  Anda bisa mengajukan persyaratan bagi perental seperti meninggalkan kartu identitas diri contoh KTP, SIM atau Identitas lainnya, dan membuat surat perjanjian terkait rental mobil.

TIPS 5 : Promosi Bisnis Itu Sangat Penting

Jenis bisnis apapun yang Anda lakukan tentu membutuhkan yang namanya promosi. Lakukan berbagai jenis promosi untuk mengundang pelanggan dan menjadikan konsumen tetap menjadi pelanggan setia Anda.  Anda bisa membuat iklan melalui jaringan internet, membuat website atau blog terkait bisnis rental Anda, memasang iklan di koran, pamphlet, brosur dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan kerjasama dengan pihak Hotel, dengan demikian jika tamu hotel ada yang membutuhkan kendaraan bisa mengajukan rental melalui hotel tersebut. Anda juga perlu membuat promosi lain pada saat tertentu seperti memberikan penawaran harga promosi di saat event liburan dan sebagainya.

Baca Juga: Cicilan Mobil Tidak Mampu Dilunasi? Ini Solusi Alternatif yang Bisa Anda Coba

Mulai dengan Modal Kecil agar Kerugian Bisa Diminimalisir

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis rental mobil dengan modal kecil.  Jadi memulai sebuah bisnis rental mobil tidak harus memiliki modal yang besar. Cukup memulainya dengan bermodal 1 unit mobil, keuntungan yang bisa Anda dapat bisa dikembangkan lagi untuk menambah modal kendaraan lagi. Sehingga bisnis Anda dapat terus berkembang berjalan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s