Ajukan Pinjaman Online

Mau Ajukan Pinjaman Online? Simak 5 Fakta Tentang Credit Scoring Berikut agar Anda Tidak Bingung

Posted by

Saat hendak mengajukan pinjaman ke bank, hal yang penting diketahui adalah credit score.  Jika Anda memiliki credit score yang baik, pengajuan kredit bisa jadi lebih mudah.  Sehingga berpengaruh terhadap pengajuan kredit. Credit score bisa dibilang sebagai nilai bagi seorang peminjam di bank.  Dengan skor kredit yang kurang baik, pengajuan bisa menjadi lebih sulit dan Anda bisa dikenakan biaya lebih tinggi untuk mengambil pinjaman bank.

Lalu apa yang dimaksud dengan credit score ?  Credit score atau penilaian kredit adalah sistem yang digunakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak untuk mendapatkan pinjaman.

Dari penilaian kredit ini bank akan mengetahui tentang sejarah kredit Anda, seperti mengenai bagaimana siklus pembayaran cicilan, apakah Anda membayar cicilan tepat waktu atau tidak, lalu seberapa banyak kredit yang masih atau pernah dimiliki.

Baca Juga: Pinjaman Online untuk Dana Cepat? Ajukan Saja Lewat Aplikasi Indodana

Semua data tersebut digunakan oleh bank untuk menganalisa permohonan kredit calon nasabahnya selain faktor-faktor kualitatif lainnya.  Selain itu, dengan credit score kreditur dapat membandingkan informasi debitur dengan  kredibilitas pinjaman nasabah lain dengan profil serupa.

Berikut ini adalah 5 fakta credit scoring yang bisa Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman kepada bank:

1. Anda Bisa Mendapatkan Pinjaman dengan Credit Score nol

Jika Anda tidak pernah membuka rekening kredit dengan lembaga perbankan manapun, maka Anda akan mendapatkan credit score ‘nol’, karena Anda tidak memiliki catatan kredit dengan menggunakan nama Anda.  Namun, bukan berarti bahwa Anda tidak bisa mengambil pinjaman. Anda tetap bisa mengambil pinjaman, tetapi bank atau lembaga keuangan mungkin akan meminta Anda untuk memberikan bukti pendapatan, biasanya berupa copy slip gaji sebagai bahan pertimbangan.

2. Menutup Kartu Kredit Lama Bisa Membuat Skor Anda Berkurang

Menutup account kartu kredit lama Anda bisa mengurangi skor kredit untuk sementara waktu.  Rekening kredit menunjukkan riwayat transaksi, sehingga otomatis menghapus catatan Anda.  Walaupun alasan Anda menutup kartu kredit tidak berpengaruh pada skor kredit Anda, pastikan Anda tidak menutup kartu kredit dengan tujuan melarikan diri dari kejaran kredit.

3. Menutup Akun Kartu Kredit yang Tidak Terpakai Dapat Membantu Dalam Jangka Panjang

Kartu kredit yang tidak terpakai logikanya lebih rentan terhadap penyalahgunaan, seperti pencurian, menambahnya hutang, dan lainnya.  Setiap penggunaan yang tidak bijak akan menambah jumlah hutang dan mengakibatkan penurunan skor kredit. Jadi jika Anda memiliki account kartu kredit yang tidak terpakai, sebaiknya Anda mulai menutupnya agar mengurangi risiko yang mungkin timbul.

4. Mengakses Laporan Kredit Anda Dapat Mempengaruhi Skor Kredit Anda

Jika Anda mengakses laporan kredit Anda, bisa jadi hal itu akan mengurangi beberapa poin skor kredit Anda.  Bank perlu melihat laporan Anda untuk menilai layak atau tidak Anda diberi kredit. Beberapa aplikasi kredit hanya akan mengurangi skor kredit Anda, namun Anda dapat mengecek skor Anda secara online itu disebut soft inquiry dan cara ini tidak mempengaruhi skor kredit Anda.

5. Pendapatan Tinggi Tidak Berarti Membuat Skor Kredit Anda Tinggi Juga.

Skor kredit menunjukkan kelayakan dalam memberikan kredit kepada Anda.  Nilai pendapatan Anda tidak memiliki dampak pada skor kredit Anda jika Anda tidak disiplin terhadap pembayaran angsuran.  Jadi percuma saja mempunyai jumlah pendapatan tinggi jika Anda tidak menaati peraturan kredit yang berlaku.

Baca Juga: Manfaat dan Kerugian yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Pinjam Uang Online

Pertimbangkan Pengajuan Pinjaman Anda agar Skor Kredit Tetap Sehat

Nilai kredit menjadi tambah penting sebagai bahan pertimbangan, bahkan bagi karyawan dan perusahaan asuransi juga melihat hal ini.  Jadi pastikan Anda menjaga skor Anda dengan baik dan stabil serta meminjam dengan bijak.

Pertimbangkan dulu sebelum mengambil pinjaman.  Jangan asal mengambil pinjaman, karena pinjaman adalah hutang dan hutang ialah tanggung jawab yang harus dilunasi. Skor kredit yang bagus akan memudahkan Anda juga kalau ingin melakukan pinjaman berikutnya.  Jadi tidak ada salahnya menjaga skor kredit.