Kredit Emas atau Tabungan Emas

Anda Bingung Pilih Kredit Emas atau Tabungan Emas? Cek Perbedaanya Berikut Ini

Posted by

Emas merupakan suatu barang berharga yang memiliki nilai sangat baik dan dapat digunakan sebagai sarana investasi.  Disamping harg nya yang terus naik, emas juga memiliki likuiditas yang tinggi (cepat dijual dan cepat terjual).  Banyak orang yang memilih menyimpan emas, baik dalam bentuk batangan maupun sudah menjadi perhiasan, namun jika Anda berpikir untuk membeli emas untuk dianjurkan untuk membeli emas batangan. 

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam berinvestasi emas, Anda bisa membeli emas secara tunai dengan berat gram yang diinginkan, Anda juga bisa membeli emas secara kredit, baik melalui pegadaian ataupun bni syariah, ada juga yang hanya menabung emas menggunakan produk tabungan emas yang ditawarkan Pegadaian.

Baca Juga: Kredit Renovasi Rumah atau KTA Ya? Simak Dulu Untung Ruginya Berikut Ini

Mungkin Anda masih bingung untuk membeli secara kredit atau ingin berinvestasi emas dalam bentuk tabungan saja, lalu yang mana yang dipilih? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Keunggulan Kredit Emas

Saat ini Anda dapat membeli emas dengan cara kredit atau pembiayaan, pembelian emas bisa dilakukan di beberapa bank syariah seperti Bank Mandiri Syariah, Bank BNI, Bank BCA, dll, Ada beberapa keuntunggulan yang bisa Anda dapatkan jika mengkredit emas :

  • Anda bisa membeli emas meskipun dana terbatas
  • Terdapat batasan jumlah pembiayaan yang cukup besar, yaitu Rp150.000.000 (kurang lebih 250 gram).
  • Emas yang dibeli bisa tersimpa di tempat yang sangat aman
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan (agunan) jika terjadi keadaan darurat

Selain keunggulannya, kredit emas juga memiliki beberapa kelemahan yang harus Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk mengkredit emas di bank.  Berikut beberapa kelemahan jika kredit emas :

Kelemahan Kredit Emas

  • Nasabah wajib membayar uang muka sebesar 20 persen dari harga emas yang ingin dibeli
  • Beberapa bank menetapkan bunga atau margin pada cicilan setiap bulan.
  • Beberapa bank menetapkan biaya penalty jika Anda melunasi cicilan kredit emas tidak sesuai dengan kesepakatan.  Baik pelunasan dilakukan lebih cepat atau lebih lambat dari plafon yang ditetapkan.
  • Risiko gagal bayar.  Jika Anda gagal melunasi cicilan, emas akan ditarik dan dilelang oleh pihak bank.

Berikut ini adalah keunggulan yang bisa diperoleh jika memiliki rekening tabungan emas.  Tabungan emas biasanya dalam bentuk gram batangan, jika Anda menginginkan tabungan emas yang Anda miliki di wujudkan menjadi emas dalam bentuk fisik maka akan ada biaya yang dikenakan yaitu biaya tambahan sebagai biaya cetak.

Keunggulan Tabungan Emas

Produk tabungan emas saat ini hanya di tawarkan oleh PT Pegadaian saja.  Berikut beberapa keunggulan tabungan emas yang bisa di pertimbangkan:

  • Tidak ada uang muka yang harus dibayar.
  • Waktu menabung yang fleksibel.  Nasabah tidak terikat pada tenor waktu tertentu dan bisa bebas menabung kapan saja.
  • Setoran minimal setara dengan harga 0,01 gram emas.
  • Emas dapat diambil dalam bentuk logam mulia yang bersertifikat (syarat dan ketentuan berlaku)

Baca Juga: Tips Cerdas Mengatur Gaji Anda Sehabis Gajian agar Tidak Cepat Ludes

 Kelemahan Tabungan Emas

  • Tabungan emas ada kurs jual dan kurs beli.  Jika Anda ingin membeli emas maka yang Anda lihat adalah kurs jual.  Sebaliknya jika Anda ingin menjual emas maka yang Anda lihat kurs beli.
  • Emas hanya bisa diambil jika tabungan emas sudah mencapai 5 gram.
  • Ada biaya cetak yang di tetapkan jika ingin memiliki fisik emas.
  • Terdapat beberapa biaya yang di tetapkan, dan harus diperhatikan, mulai dari pembukaan rekening, biaya transfer emas, biaya penggantian buku tabungan (jika rusak/hilang) dan biaya denda keterlambatan pengambilan emas cetakan

 Lalu yang mana yang harus Anda pilih ?

Sesuaikan Investasi Emas dengan Tingkat Penghasilan Anda

Jika Anda masing bingung memilih antara ingin membeli emas dengan cara kredit atau menabung dalam kurs emas seperti yang ditawarkan oleh Pegadaian. Kredit emas ini sangat cocok dimiliki bagi Anda yang telah mempunyai penghasilan tetap, karena adanya cicilan tetap dengan tenor waktu yang telah ditetapkan.

Jadi jika Anda mempunyai penghasilan tetap disarankan untuk mengambil kredit emas sehingga Anda bisa mengangsur emas yang dibeli sedangkan untuk tabungan emas sangat cocok dimiliki bagi Anda yang memiliki penghasilan tidak tetap karena tidak ada batasan tenor dan setoran minimal nya pun murah.  Jika mengikuti harga emas yang ada di pasaran saat ini Anda bisa menabung emas minimal Rp 5000 saja.

Pastikan pilihan Anda sesuai dengan financial plan Anda, jangan memilih yang membebankan Anda karena ada biaya penalty yang nantinya harus Anda bayar.