Kredit Renovasi Rumah

Kredit Renovasi Rumah atau KTA Ya? Simak Dulu Untung Ruginya Berikut Ini

Diposkan oleh

Bagi Kita yang sering kali sibuk dengan pekerjaan hingga lupa mengecek kondisi rumah, tak jarang mendapatkan masalah pada saat musim musim hujan. Mulai dari atap yang rapuh lantaran terkena terik sinar matahari setiap hari, hingga kondisi tembok yang cat nya pun mulai mengelupas sehingga menyebabkan air hujan rembes kedalam rumah.

Hal tersebut tentunya harus buru buru Kita perbaiki lantaran musim hujan pun tak hanya sehari dua hari, melainkan bisa sampai berbulan bulan. Namun, memperbaiki kondisi rumah bukan perkara mudah, mulai dari persiapan, hingga pelaksanaan perbaikan semuanya memerlukan dana yang tidak sedikit.

Beruntung bagi Kita yang sudah menyiapkan dana perbaikan rumah, jika belum tentunya Kita harus memutar otak agar segera mendapatkan dana dan segera melakukan perbaikan.

Baca Juga: Takut Pinjam Uang Karena Hukum Riba? Gunakan KTA Syariah Sebagai Alternatif Anda

Namun meminjam dana pada pihak bank pun perlu perhitungan, setidaknya ada dua jenis produk pinjaman yang bisa Anda ambil. Antara lain, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Renovasi Rumah. Artikel Kita kali ini akan membahas beberapa hal mengenai Kredit Tanpa AGunan (KTA) dan Kredit Renovasi Rumah yang dapat Anda jadikan bahan acuan Anda sebelum memutuskan mengajukan pinjaman. Berikut ulasannya :

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan, sesuai namanya adalah jenis pinjaman yang tidak mewajibkan nasabahnya memberikan dokumen berharga sebagai jaminan alias agunan. Namun sebagai gantinya biasanya pihak bank akan mengenakan bunga kredit tertentu untuk mereduksi tingkat risiko.

Kelebihan dari pengajuan KTA salah satunya adalah proses pencairan yang cepat, hal ini dikarenakan sistem KTA tidak memerlukan validasi data terhadap asset yang di agunan, jelas saja karena pinjaman ini tidak mewajibkan nasabahnya menjaminkan dokumen berharga.

Selanjutnya adalah syarat syarat yang di berikan lebih mudah, salah satu persyaratan yang rata rata di wajibkan oleh pihak bank adalah kepemilikan kartu kredit. Kartu Kredit ini hanya digunakan untuk mengecek status prestasi kredit yang pernah Anda ambil.

Jika Anda tidak pernah menunggak pembayaran kartu kredit tentunya pengajuan KTA Anda pun besar kemungkinan akan di setujui oleh pihak bank. Selain itu, hampir semua bank baik swasta maupun BUMN memiliki jenis pinjaman KTA. Jadi, Anda hanya perlu memilih mana saja yang cocok dengan kebutuhan Anda dengan bunga terendah.

Namun terlepas dari kelebihannya, KTA juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah suku bunga yang tinggi. Seperti telah Kita singgung di atas, hal ini dikarenakan pihak bank bermaksud mereduksi tingkat risiko lantaran produk bank satu ini tidak mewajibkan nasabahnya memberikan dokumen berharga sebagai jaminan.

Selain itu, dana yang dipinjamkan pada nasabah untuk jenis Kredit Tanpa Agunan juga terbilang kecil, ditambah lagi periode pinjaman yang relative lebih pendek. Hal tersebut dikarenakan pihak bank menghindari berbagai risiko, salah satunya adalah risiko gagal bayar yang mungkin bisa saja terjadi.

Kredit Renovasi Rumah

Untuk jenis kredit renovasi rumah ini, masuk dalam kategori kredit multi guna, yang mana Anda harus memberikan agunan beruma dokumen resmi. Salah satu kelebihan dari kredit renovasi rumah adalah jumlah bunga yang relative lebih kecil. Selain itu dana yang dipinjamkan pada nasabah juga relative lebih besar, cocok untuk Anda yang ingin merenovasi rumah besar besaran. Selain itu periode atau tenor pinjaman juga lebih panjang, cocok untuk Anda yang memiliki pendapatan menengah kebawah lantaran jumlah nominal cicilannya lebih kecil.

Sedangkan kekurangannya, kredit renovasi rumah ini memerlukan jaminan, yang mana Anda harus merelakan asset dalam bentuk surat berharga untuk diberikan pada pihak bank sebagai jaminan. Kekurangannya lainnya, jika Anda memiliki rumah dengan status KPR tentunya akan sangat sulit mengajukan jenis pinjaman satu ini lantaran sertifikat belum turun.

Sebenarnya bisa saja mengagunkan rumah dengan status KPR, namun akan memakan waktu yang cukup panjang. Selain itu syarat syarat yang di berlakukan untuk jenis pinjaman multi guna juga terbilang banyak ditambah proses birokrasi yang panjang sehingga sering kali pencairan dananya lebih lama.

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Renovasi Rumah? Tips Cara Pengajuan dan Pemanfaatanya dengan Baik Berikut Ini

Pilihlah Jenis Pinjaman Sesuai dengan Kondisi Keuangan Anda Sekarang

Demikian lah beberapa hal yang wajib Anda ketahui dari jenis Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Renovasi Rumah. Apapun bentuk pinjamannya, perhatikan berbagai kelebihan serta kekurangannya yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Selanjutnya, selalu bayar tagihan tepat waktu sehingga Anda pun terhindar dari blacklist Bank Indonesia. Semoga berguna!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s