PInjaman Uang Online

Manfaat dan Kerugian yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Pinjam Uang Online

Diposkan oleh

Belakangan ini, meminjam uang secara online sudah semakin umum di kalangan masyarakat. Bisa dikatakan, peminjaman uang secara online sangatlah mudah dan praktis. Dengan hanya menjentikkan jari, mengklik mouse dan menyentuh layar gadget, serta memenuhi sejumlah syarat yang ditentukan, maka dana pinjaman pun sudah cair dalam genggaman. Semua bisa dilakukan dengan sangat praktis melalui online.

Meski demikian, cara peminjaman yang satu ini bukan berarti tanpa kekurangan. Tahukah Anda apa saja manfaat dan untung ruginya meminjam uang online? Sudah tahukah Anda apa saja risikonya bagi kondisi finansial Anda? Bagi yang berminat hendak meminjam dana secara online melalui internet, ada baiknya ketahui terlebih dahulu manfaat dan kerugiannya berikut.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Keuntungan

1. Lebih Cepat dan Mudah

Setelah Anda berhasil melengkapi seluruh persyaratannya, kucuran dana sudah bisa didapatkan hanya dalam kisaran waktu tiga hari hingga seminggu. Umumnya, beberapa situs penyedia pinjaman online tersebut akan mencantumkan panduan cara untuk Anda mendapatkan pinjaman. Ikuti langkah dan prosedur tersebut dengan cermat agar pengajuan pinjaman Anda dapat segera diproses dengan cepat.

2. Tersedia Banyak Pilihan

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan bagi Anda yang hendak meminjam dana online. Sebut saja, kredit non-bank, KTA bank, hingga P2P lending. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Sangat disarankan untuk terlebih dahulu membandingkan beberapa penawaran kredit yang tersedia. Dalam hal ini, Anda akan ingin mengambil satu pilihan terbaik dengan bunga paling kecil dan syaratnya paling mudah.

3. Lebih Murah

Dengan hanya bermodalkan kuota internet dan gadget, Anda sudah dapat mengupayakan apply untuk mendapat pinjaman dana online. Bahkan Anda dapat memanfaatkan fasilitas Wi-Fi cuma-cuma yang banyak tersedia di taman kota, kampus, mal, atau kafe dekat rumah.

4. Tidak Perlu Repot Kalau Lupa Syarat

Adakalanya syarat pengajuan pinjaman membutuhkan sejumlah dokumen dan mungkin terkesan ribet bagi beberapa orang. Anda mesti bolak-balik jika ada syarat atau dokumen yang lupa namun harus disertakan. Tak ayal, Anda bisa kesal dibuatnya.

Kabar baiknya? Untuk yang hendak meminjam dana online, semua dokumen hanya perlu di-scan lalu diunggah. Jauh lebih mudah dan praktis ketimbang cara konvensional.

Kerugian

1. Bunga Bisa Sangat Tinggi

Ketika kita meminjam pada pihak bank, maka suku bunga yang dikenakan akan mengikuti ketentuan bunga yang ditetapkan Bank Indonesia (SBDK). Dengan demikian, bunga yang dikenakan tidak akan lebih tinggi melebihi ketentuan yang sudah diberikan BI.

Tapi karena dana pinjaman online termasuk dalam kategori non-bank, hati-hatilah karena bisa saja Anda akan dikenakan bunga yang sangat tinggi. Bahkan ada beberapa pihak peminjam yang mengenakan bunga hingga 2% per harinya!

Dalam menetapkan bunga yang akan dikenakan kepada peminjam, masing-masing pihak memang memiliki pertimbangan tersendiri. Oleh sebab itu, bijaklah sebagai konsumen dan tentukan pilihan yang pinjamannya tidak akan terlalu membebani keuangan Anda.

2. Data Berpotensi Dicuri

Berhati-hatilah saat memilih pihak penyedia pinjaman online. Pasalnya, ada kemungkinan risiko data pribadi Anda menjadi rentan dicuri. Memang benar, data nasabah bank juga rentan terkena pencurian, namun pihak pemberi pinjaman yang bukan dari bank posisinya lebih rentan lagi. Tak hanya oleh perorangan dan internal, data Anda bisa saja dicuri apabila situs pemberi pinjaman tersebut diretas.

Pilihlah pihak pemberi pinjaman yang menjanjikan data diri Anda tidak akan digunakan untuk kepentingan lain selain pinjaman. Anda juga akan ingin memastikan situs terkait dilengkapi sistem keamanan yang andal dan terpercaya. Pastikan penyedia pinjaman dana online yang Anda pilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itulah salah satu bukti kredibilitas pemberi pinjaman. Umumnya, pinjaman yang kita dapatkan dari bank atau lembaga jasa keuangan lain yang sudah punya nama besar sudah pasti telah terdaftar.

Namun akan lain lagi risikonya jika Anda berurusan dengan pihak peminjam dari lembaga yang namanya tidak begitu kredibel. Anda tentu tidak mau terjebak oleh tawaran yang disediakan oleh penyedia pinjaman abal-abal. Oleh sebab itu, bersikaplah waspada.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Hindari agar Tidak Terjebak Lubang Pinjaman Online

Tentukan Jenis Pinjaman Online yang Cocok dan Paling Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Sejatinya, beragam bentuk peminjaman memang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Semuanya kembali lagi kepada Anda selaku pihak konsumen. Temukan yang paling sesuai dan cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda. Demikianlah sejumlah manfaat dan kerugian yang umumnya didapatkan dari peminjaman uang secara online. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s