Perlukah Memiliki Pinjaman Kredit?

Perlukah Memiliki Pinjaman Kredit? Simak Keuntungannya Berikut Biar Kamu Tidak Bingung Lagi

Posted by

Kondisi keuangan yang fluktuatif dan selalu mengalami pasang surut menjadikan seseorang lebih realistis dalam menyikapi keadaan ekonomi. Namun banyak juga diantaranya yang lebih memilih untuk menunggu hingga memiliki tabungan yang cukup untuk melakukan suatu perubahan atau inovasi di dalam hidupnya.

Misalnya saja seorang pengusaha, apabila dia membutuhkan dana atau modal untuk pengembangan usahanya agar lebih maju, apakah dia akan memilih untuk menunggu sampai uang tabungannya mencukupi, atau memilih bergerak dengan mencari solusi contohnya melakukan pinjaman kredit.

Bagi seseorang yang memiliki pikiran yang logis pasti akan memilih untuk bergerak maju, mencari sebuah solusi dengan melakukan pinjaman, karena seiring dengan pergantian trend kemungkinan yang namanya ide bisnis pasti sudah berubah dan tidak sama lagi.

Pinjaman kredit mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat kita, dengan besarnya biaya pendidikan, biaya kesehatan dan adanya kebutuhan mendesak lainnya membuat masyarakat lebih memilih pinjaman kredit sebagai salah sau solusi keuangan mereka.

Baca Juga: Pinjam Uang Online? Simak Cara Pengajuan dan Keuntungannya Berikut Ini

Mungkin pertanyaan di benak Anda, apakah melakukan pinjaman kredit  itu diperlukan? Itu semua tergantung dari pemikiran dan kebutuhan tiap orang, namun sebagian masyarakat kita memang lebih memilih melakukan kredit pinjaman demi mencukupi semua kebutuhannya, mulai dari pinjaman kredit kendaraan, kredit kepemilikan rumah, hingga melakukan pinjaman kredit pada hal yang sifatnya konsumtif.

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai apakah diperlukan melakukan pinjaman kredit? Serta apa keuntungan yang bisa kita dapatkan melalui pinjaman kredit.

Meminjam Hanya untuk Kegiatan Produktif

Pinjaman kredit tidak selalu menjadi hal yang dianggap negatif, apabila Anda menggunakannya untuk hal yang produktif, misalnya untuk biaya pendidikan, modal pengembangan usaha, kredit kendaraan yang digunakan untuk kegiatan usaha serta untuk membeli rumah. Contohnya saja untuk biaya pendidikan, dengan besarnnya biaya pendidikan untuk saat ini, melakukan pinjaman kredit merupakan sebuah solusi dimana pada akhirnya akan meningkatkan financial kita di masa depan. Pendidikan tinggi juga dapat memberikan daya tarik terhadap pekerjaan kita nanti kedepannya.

Menjadi Dana Cadangan

Anda sendiri tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan, misalnya saat ini kondisi kita baik-baik saja, namun saat terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan misalnya, kecelakaan, bencana alam, persalinan istri, renovasi rumah, yang sudah pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga pinjaman kredit bisa dijadikan sebuah solusi saat membutuhkan dana dengan cepat apabila dana tabungan yang Anda miliki belum mencukupi untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Melakukan Pinjaman untuk Modal Usaha

Untuk saat ini sulitnya mencari modal untuk melakukan usaha merupakan permasalahan yang dialami bagi setiap orang yang ingin memulai sebuah usaha, meskipun memiliki dana tabungan akan tetapi besarnya kebutuhan hidup seperti kebutuhan pokok hingga kebutuhan konsumtif membuat kita kesulitan untuk menambah dana tabungan yang dijadikan untuk modal usaha. Dengan kata lain pinjaman kredit sangat dibutuhkan sebagai jalan keluar dari permasalahan kita.

Peningkatan Daya Beli Masyarakat

Melakukan pinjaman kredit juga merupakan solusi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat serta mengurangi pengangguran yang ada. Pinjaman kredit tentu akan menguntungkan bagi pengusaha yang akan memulai usahanya dengan begitu akan ada seseorang yang dipekerjakan untuk membantu usahanya tersebut, dengan kata lain membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Namun dibalik dari keuntungan melakukan pinjaman kredit terdapat beberapa kerugian apabila Anda salah langkah dalam pengalokasian dana tersebut diantaranya

Melakukan Pinjaman untuk Kegiatan Konsumtif

Memang akan sangat disayangkan apabila kita melakukan pinjaman kredit hanya untuk gaya hidup semata, seperti untuk belanja, pembelian gadget terbaru dan kendaraan pribadi yang sifatnya tidak dapat menambah penghasilan financial kita di masa depan, yang ada malah pinjaman tersebut akan terlihat sia-sia dengan cicilan dan bunga yang harus Anda bayar tiap bulannya.

Meminjam Kredit untuk Bayar Hutang

Hal lain yang pasti akan merugikan Anda adalah melakukan pinjaman demi untuk melunasi pinjaman yang lain, ibarat kata seperti kita sedang menutup lobang namun membuka lobang yang lebih besar. Tentu semua akan menjadi sia-sia bahkan malah akan merugikan diri Anda sendiri nantinya. Untuk itu lebih bijaklah dalam penggunaan dana yang akan Anda pinjam nantinya.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Jadikan Pinjaman Kredit Sebagai Tindakan Positif dan Gunakan dengan Tepat

Sekarang Anda pasti sudah bisa menentukan sendiri apakah diperlukan untuk melakukan pinjaman kredit, lalu keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Melakukan pinjaman kredit sesungguhnya bisa dijadikan kegiatan yang positif apabila Anda tepat dalam menggunakannya, karena pinjaman kredit tidak selalu tentang hal yang negatif, namun Anda pun perlu mempertimbangkan apakah Anda sanggup dalam membayar cicilan bulanan beserta bunga yang di berikan agar tidak melebihi 30% dari pendapatan Anda tiap bulannya, hal ini agar  menjaga Anda memiliki banyak hutang nantinya.