Usaha Modal 10 Juta Rupiah yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Usaha Modal 10 Juta Rupiah yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Posted by

Tidak sedikit orang yang mempunyai cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses. Bahkan ada yang mau untuk memulai bisnis meski modal usaha yang dimiliki minim.

Kurangnya modal menjadi salah satu alasan utama mengapa hal ini tidak bisa terwujud. Ada yang hanya memiliki 5 juta, ada yang cuma punya 10 juta dan lainnya.

Uang Rp 10 juta adalah nilai yang cukup besar, dan tentunya bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha.  Namun banyak orang yang bingung, dengan uang Rp 10 juta, usaha apa yang bisa dilakukan.

Jika di teliti, ada banyak sekali jenis usaha yang dapat dijalankan dengan modal dibawah Rp10 juta, namun sebelumnya Anda perlu memperhatikan pola pembelian, kondisi pasar, pertimbangkan apa yang sedang dibutuhkan dan apa yang bisa Anda tawarkan.  Anda juga dapat melihat potensi (keahlian) apa dalam diri Anda sendiri yang bisa menjadi produktif. Lalu apa saja bisnis itu?

Baca Juga: Mengenal Bisnis Dropship, Peluang Bisnis Tanpa Modal dan Tanpa Barang

Berikut ini beberapa jenis usaha yang bisa Anda lakukan dengan modal Rp 10 juta, simak ulasannya.

Usaha Laundry Rumahan

Bagi sebagian orang waktu sangat berharga, dari pada mengurus cucian lebih baik digunakan untuk hal lain yang lebih produktif.  Hal ini sering kali terpikir oleh masyarakat yang tinggal di kota besar. Dengan kesibukan dan padatnya aktifitas membuat mereka hampir tidak punya waktu untuk mencuci pakaian.  Oleh karena itu ini menjadi peluang bagi Anda.

Buka jasa laundry sungguh menjanjikan, asalkan kualitas jasa Anda baik, pastikan cucian bersih, rapi dan selesai dengan cepat.  Jika Anda berlokasi di sekitar kos-kosan atau apartemen, jasa laundry ini dapat menjadi usaha yang menjanjikan.  Dengan memiliki modal 10 juta, Anda bisa memulai bisnis ini dari skala kecil seperti dengan modal 2 buah mesin cuci, 2 buah setrika, jemuran baju serta perlengkapan kecil lain seperti sealer plastic untuk mengemas pakaian jadi.

Usaha Service AC

Cuaca di Indonesia yang relatif panas dan lembab menjadikan usaha service AC sebagai salah satu usaha dengan modal 10 juta yang sangat menjanjikan.

Hal ini juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana pengguna AC semakin banyak karena harga AC semakin terjangkau.

Untuk memulai bisnis service AC, Anda membutuhkan sepeda motor, toolbox, freon, tangga, ember, kanebo atau lap, dan biaya guna promosi.  Bila dijumlah, seluruh keperluan tersebut tidak membutuhkan modal lebih dari 10 juta.

Usaha Kuliner Kaki Lima

Usaha kuliner adalah salah satu usaha yang tidak pernah mati.  Karena tentu saja selama masih ada orang yang butuh makanan, maka usaha kuliner akan tetap ada pelanggannya.

Usaha kuliner khususnya kaki lima mempunyai peluang dan pangsa pasar sendiri yang berbeda dari restoran dan cafe.  Terutama dikarenakan modalnya yang relatif lebih kecil, usaha kuliner kaki lima juga mempunyai tempat yang lebih fleksibel yang memungkinkan Anda untuk pindah lokasi apabila lokasi yang Anda pilih sebelumnya dirasa sepi atau tidak menguntungkan.

Jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang kuliner, usaha ini bisa dicoba.

Usaha Jasa Fotografi

Usaha lainnya adalah jasa fotografi.  Usaha ini adalah salah satu bidang jasa yang dapat Anda mulai dengan modal 10 juta.  Tentunya modal ini digunakan untuk membeli perlengkapan yang diperlukan terutama kamera, lensa, tripod, soft box, flash dan sebagainya.  Jika Anda mempunyai keahlian dibidang fotografi yang mampu memberikan gambar yang berkualitas kepada klien, Anda dapat mencoba bisnis ini.

Jika Anda mendapatkan klien yang tepat dan menjanjikan seperti pre wedding maka Anda bisa meraup jutaan rupiah hanya dari satu proyek tersebut.  Namun Anda juga harus mempunyai jaringan yang luas, kalaupun jaringan Anda kurang banyak, Anda sebaiknya pandai melakukan pemasaran, maka usaha jasa fotografi ini dapat menjadi usaha modal 10 juta yang menjanjikan untuk Anda.

Usaha Web Design

Era serba online memudahkan kita dalam mencari segala informasi.  Semakin banyak pula perusahaan atau perseorangan yang memiliki website untuk menunjukkan profil perusahaan, personal branding, dan lainnya.

Oleh karena itu usaha web design saat ini merupakan salah satu jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang.  Dengan gelar sarjana pasti sangat membantu, tetapi Anda tidak selalu harus untuk mempunyai latar belakang pendidikan khusus.  Anda dapat belajar secara otodidak atau mengikuti kursus untuk mempelajari cara dan aspek-aspek penting dalam melakukan web design.

Untuk memulai usaha web design tentunya Anda wajib punya laptop dengan spesifikasi yang sanggup untu menjalankan program-program yang penting dalam web design seperti Adobe Photoshop dan Adobe Dreamweaver.

Usaha di Bidang Waralaba

Jika Anda masih belum tahu ingin bisnis dibidang apa, maka Anda bisa mencoba jalankan sebuah bisnis waralaba.  Biasanya bisnis ini mempunyai paket kemitraan dibawah atau sama dengan Rp 10 juta.  Banyak sekali bisnis waralaba yang ditawarkan, Anda bisa mencari informasinya sebelumnya.

Usaha dalam Bentuk Keagenan

Berikutnya ada peluang usaha yang bisa Anda lakukan dengan modal yang tidak terlalu tinggi yaitu bisnis yang menggunakan sistem keagenan.  Kelebihannya karena usaha tersebut sudah jalan sebelumnya dan sudah dikenal, maka kita hanya menjadi agen atau cabang nya saja.  Misalnya seperti agen jasa pengiriman.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online yang Bisa Anda Coba untuk Hasilkan Keuntungan di Era Digital

Konsistensi dan Ketekunan adalah Kunci Kesuksesan Usaha

Demikian informasi mengenai jenis-jenis usaha dengan modal kecil.  Apapun usaha yang Anda jalankan harus didukung dengan ketekunan dan konsistensi.  Jadi pilihlah usaha yang Anda gemari pula agar Anda tidak bosan menjalankannya.