Kenaikan Harga Tarif Listrik

Cara Sederhana untuk Mensiasati Kenaikan Harga Tarif Listrik yang Kian Tinggi

Diposkan oleh

Listik merupakan kebutuhan primer rumah tangga yang sifatnya sangat penting. Segala sesuatu perlengkapan rumah tangga khususnya alat elektronk pasti hampir semua memakai energi listrik, seperti televisi, ricecooker, mesin cuci, lampu bahkan pendingin ruangan dan beberapa alat elektronik rumah tangga lainnya.

Kenaikan listrik sudah mulai  dilakukan pemerintah sejak awal tahun 2017 lalu, pastinya dengan kenaikan TDL yang signifikan dan terjadi secara terus menerus, membuat anggaran rumah tangga yang telah disusun bisa menjadi kacau. Belum lagi kebutuhan lain di luar TDL yang harus Anda keluarkan tiap bulannya.

Untuk dapat menghemat energi listrik seharusnya bukan hanya tugas dari seorang ibu rumah tangga saja, di perlukan juga  partisipasi anggota keluarga lainnya untuk dapat menghemat daya pemakaian listrik tersebut.

Menerapkan kebiasaan yang dianggap sepele ini ternyata bisa juga menekan anggaran bulanan untuk tarif dasar listrik rumah tangga. Kita juga harus menyadari bahwa dengan cara menghemat listrik tentu kualitas hidup kita tidak akan menurun dan adanya produk-prooduk seperti penghemat listrik juga bisa membantu rumah tangga dalam hal menghemat listrik.

Baca Juga: Cicilan Mobil Tidak Mampu Dilunasi? Ini Solusi Alternatif yang Bisa Anda Coba

Mengingat kebutuhan akan listrik sulit sekali untuk diatasi, sementara ketersediannya pun sudah sangat terbatas, tentu ada beberapa hal yang harus Anda siasati agar tidak terjadi pembengkakan biaya bulanan listrik rumah tangga. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai  cara sederhana untuk mensiasati kenaikan harga tarif listrik yang kian tinggi, berikut tipsnya:

Menggunakan Listrik Seperlunya.

Sesungguhnya menghemat listrik akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan memproduksi energi listrik baru, untuk itu, tidak ada salahnya bukan, apabila kita melakukan penghematan. Sebaiknya Gunakan listrik seperlunya saja di saat kita membutuhkannya seperti melepas charger hp saat sudah selesai digunakan dan mematikan televisi saat malam hari, jangan sampai membiarkannya terus menyala ketika Anda sedang tidur.

Menghemat listrik Pada Pendingin Ruangan

Ac merupakan barang elektronik rumah tangga yang cukup besar memakan energi listrik dibandingkan alat rumah tangga lainnya, ada baiknya kita menghemat penggunaan ac dengan cara menurunkan suhu udaranya, dan jangan menggunakannya apabila sudah tidak dibutuhkan lagi.

Ada baiknya juga apabila Anda memanfaatkan timer otomatis yang ada, agar AC bisa mati ketika suhu ruangan sudah mulai sejuk. Jangan lupa agar selalu membersihkan filter penyaring udara di dalamnya, agar tidak ada debu yang tersumbat, yang akan membuat perputaran udara menjadi terganggu dan malah nantinya akan memakan lebih besar lagi daya listrik.

Menghemat listrik Pada Pemakaian Rice Cooker

Umumnya saat kita akan memasak nasi menggunakan rice cooker, air yang digunakan adalah air dingin, untuk itu sebaiknya Anda hilangkan kebiasaan tersebut dengan cara mengganti air dingin dengan air panas, karena memasak nasi dengan menggunakan air panas membuat nasi cepat matang sehingga prosesnya akan jauh lebih singkat dibandingkan menggunakan air dingin, dengan begitu Anda pun dapat menghemat listrik lebih banyak.

Jangan Memasukan Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Tips berikutnya mengenai kebiasaan yang biasa dilakukan anak-anak untuk memasukan makanan panas ke dalam kulkas. Ternyata kebiasaan ini sangat tidak disarankan lho, kenapa? Karena dengan memasukan masakan panas ke dalam kulkas otomatis mesin pendingin tersebut akan berusaha mendinginkan makanan panas tersebut, dan hal itu menyebabkan energi listrik yang digunakan bisa jauh lebih besar.

Jangan Mengaliri Listrik Secara Terus Menerus

Kebiasaan yang biasa dilakukan sehingga dapat membuat tagihan listrik membengkak adalah mengaliri listrik saat Anda sedang tidur, kebiasaan tersebut biasanya dilakukan hampir semua orang, sebaiknya ketika malam hari  saat Anda sudah mulai mengantuk segera matikan televisi.

Jangan membiarkan televisi menyala sampai pagi, kemudian untuk alat elektronik lainnya seperti laptop atau komputer sebaiknya setiap malam sebelum Anda tidur cabut kabel yang masih terpasang pada stop kontak. Dengan cara tersebut setidaknya Anda mencegah aliran listrik yang akan terbuang sia-sia saat tidak digunakan. Selanjutnya jangan lupa untuk mematikan lampu ketika Anda akan akan tidur.

Menggunakan Token listrik

Mengganti penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda lebih bijak dalam pemakaian listrik, karena dengan cara begitu Anda bisa menyesuaikan tarif yang sudah Anda rencanakan pada awal bulan, sehingga Anda lebih mudah mengontrol pemakaian listrik setiap harinya. Dengan sistem ini juga karena hampir sama dengan pengisian pulsa handphone, maka ketika pulsa listrik Anda habis secara otomatis listrik akan mati dan perlu dilakukan isi ulang kembali.

Gunakan Mesin Cuci Seperlunya  

Mengunakan alat mesin cuci untuk membersihkan pakaian biasa dilakukan hampir sebagian besar rumah tangga, apabila dalam menggunakan mesin cuci yang tidak sesuai kapasitas tentu beban listrik yang digunakan pun akan menyerap daya yang lebih besar, untuk itu sesuaikan penggunaannya dengan kapasitas yang pas dan sesuai, agar tidak menambah beban listrik bulanan Anda nantinya

Baca Juga: Jualan Online Lewat E-Commerce? Simak Tips Berikut agar Cepat Lebih Menarik dan Laku

Hemat Tarif Listrik dengan Langkah-Langkah Sederhana

Penghematan tarif listrik setiap bulan bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Gunakan alat-alat elektronik dengan bijak dan usahakan tidak mengembangkan gaya hidup boros dengan membeli barang-barang elektronik dengan jumlah yang banyak. Itulah beberapa tips cara menghemat tarif listrik. Semoga membantu!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s