jualan Online Cepat Laku

Jualan Online Lewat E-Commerce? Simak Tips Berikut agar Cepat Lebih Menarik dan Laku

Posted by

Bisnis online yang dilakukan melalui e-commerce terus berkembang dengan cepat.  Bagi Anda yang ingin mencoba mencari uang melalui bisnis online, hal ini bisa menjadi salah satu kesempatan bagi Anda.

Tentu saja caranya tidak mudah, Anda harus mempunyai strategi untuk dapat sukses dalam menjalankan bisnis online melalui e-commerce.  Semakin berkembang bisnis e-commerce, tentu semakin banyak pula pesaing yang Anda miliki.

Di Indonesia sendiri sudah banyak situs e-commerce yang memungkinkan para pelaku usaha menjalankan bisnis nya secara online, sebut saja Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, Lazada, dan lainnya.  

Siapa saja bisa berjualan di situs-situs ini dengan cara daftar saja tapa dikenakan biaya sama sekali.  Anda juga tidak perlu melakukan promosi yang berlebihan untuk mendapatkan banyak pengunjung, karena situs e-commerce sudah memiliki banyak sekali pengunjung.

Pengunjung yang datang ke situs e-commerce biasanya berasal dari promosi iklan dari social media seperti facebook atau google yang dilakukan oleh Tim marketing marketplace masing-masing, hal ini untuk memberikan kemudahan kepada para seller yang ada pada situs mereka.  

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Pengunjung yang mencari produk bisa langsung membuka web e-commerce dan bisa langsung mencari produk yang mereka inginkan, dalam waktu beberapa saat Anda bisa  menemukan barang sesuai dengan apa yang Anda cari.

Dengan berjualan pada situs marketplace tentu Anda tidak perlu membuat website sendiri, yang mana membuat web tentu ada biaya.  Juga tidak perlu berpikir keras mengenai promosi, Anda cukup daftar di marketplace tersebut lalu daftarkan juga produk – produk yang ingin Anda jual.  Namun agar tetap bertahan dengan para pesaing, ada beberapa tips untuk Anda yang ingin berjualan lewat e-commerce.

Cantumkan Informasi Kontak dan Identitas Dengan Jelas

Kontak dan identitas yang jelas sangat penting bagi seorang customer.  Semakin jelas identitas yang seller cantumkan maka customer akan merasa lebih percaya kepada seller untuk membeli produk di toko Anda. Identitas yang dimaksud seperti : Nama Toko, Nama Pemilik Toko, Alamat Fisik Toko (jika ada), Kontak telepon, Kontak Whatsapp. 

Isi Deskripsi Toko yang Jelas dan Menarik

Isilah deskripsi produk dan toko Anda dengan jelas dan menarik, hal ini akan membuat konsumen yang melihat produk Anda jadi merasa tertarik untuk membeli, tanpa ragu.  

Pasang Logo Toko yang Menarik dan Real

Pasanglah logo toko Anda yang menarik.  Mengapa harus menggunakan logo ? Seperti yang bisa Anda lihat, perusahaan-perusahaan besar seperti elektronik dan kendaraan mempunyai logo masing-masing.  Logo inilah yang membuat customer mengingat toko Anda.

Susun Etalase dan Kategori Produk dengan Rapi

Jika Anda menjual berbagai macam produk, maka buatlah etalase atau kategori barang.  Tata setiap produk di kategori nya dengan rapi.

Jelaskan Details Produk pada Halaman Produk

Jelaskan setiap detail roduk yang Anda jual dengan jelas dan jujur, jika barang tersebut memiliki kelebihan atau keunggulan.  Lalu jelaskan juga jenis varian yang tersedia untuk bisa dibeli, serta fasilitas apa yang bisa didapatkan jika customer membeli produk yang Anda jual. dan lain sebagainya untuk memberikan daya tarik pembeli.

Berikan Harga Diskon

Bila perlu gunakanlah strategi permainan harga, misal dengan memberikan Harga Diskon.  Karena semua orang pasti tertarik dengan harga diskon. Namun jangan asal dalam memberikan diskon, berikanlah diskon yang masuk akal agar calon pembeli tidak merasa bingung dan curiga atas diskon pada produk yang Anda berikan.

Selalu Update Barang yang Anda Jual

Pastikan Anda mengetahui dengan jelas stok barang-barang Anda, Anda perlu meng-update harga barang dan stok barang.  Jangan sampai customer melakukan pembelian pada produk yang ternyata sudah sold out namun stok belum Anda update.  Hal ini akan mengakibatkan kekecewaan bagi customer dan bisa jadi customer jadi kabur dan tidak tertarik membeli di toko Anda lagi.

Segera Berikan Respon Kepada Pembeli jika Mendapatkan Order

Ketika ada pembeli yang melakukan pemesanan dan transaksi pembelian barang pada toko Anda, pastinya Anda mendapatkan notifikasinya.  Segeralah lakukan proses pengemasan dan pengiriman barang. Sehingga konsumen yang membeli akan memberikan respon dan testimonial yang positif mengenai kecepatan pada pelayanan toko Anda.  Karena pembeli cenderung lebih suka penjual yang memiliki respon cepat.

Ikuti Program Khusus Seller Eksklusif untuk Menarik Perhatian 

Jika pada Tokopedia Anda bisa menggunakan fitur Gold Merchant, dimana Anda akan mendapatkan kelebihan dibandingkan seller biasa.  Selain karena lebih terlihat profesional.  Adanya logo Gold merchant akan lebih meyakinkan pembeli untuk membeli ditoko Anda.

Baca Juga: Bisnis Laptop Bekas Ternyata Menguntungkan Lho! Cek Alasanya Berikut Ini

Tetap Berinovasi agar Jualan Anda Tetap Laku

Sekian ke 10 tips bagi Anda yang ingin berjualan lewat e-commerce.  Berjualan dimana saja bisa, namun jika halnya pada e-commerce jumlah pesaing Anda sangat banyak, lakukanlah sesuatu yang bisa menarik pembeli agar toko Anda bisa tetap beroperasi.