Pinjaman Renovasi Rumah

Ajukan Pinjaman Renovasi Rumah? Tips Cara Pengajuan dan Pemanfaatanya dengan Baik Berikut Ini

Diposkan oleh

Memiliki rumah yang nyaman merupakan dambaan bagi setiap orang, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik dan kenyamanan untuk anggota keluarganya merupakan kewajiban dan hal yang sangat wajar.

Rumah yang nyaman tentu bisa membuat siapapun yang ada di dalamnya merasa betah dan merasa aman. Sayangnya setiap rumah pasti ada masa berlakunya, meski ditunjang dengan bangunan kokoh dan kuat, namun seiring dengan berjalannya waktu pasti akan mengalami kerusakan juga.

Kerusakan di dalam rumah tentunya bisa kapan saja terjadi. Seperti kerusakan pada tembok yang retak, keramik yang sudah mulai rusak, kusen-kusen yang sudah rapuh, ditambah lagi saat musim hujan, tiba-tiba saja genteng rumah menjadi bocor. Hal ini membuat rasa nyaman di dalam rumah hilang serta membuat penghuninya semakin merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Dropship, Peluang Bisnis Tanpa Modal dan Tanpa Barang

Adapun beberapa alasan yang membuat seseorang harus segera merenovasi rumahnya diantaranya:

  • Rumah sudah mulai rapuh termakan usia, seiring berjalannya waktu, tentu kondisi rumah sudah mulai berbeda dari sejak awal dibangun, mulai dari keadaan genteng bocor, keramik rusak, tembok yang retak dan cat rumah yang sudah mulai usang.
  • Untuk meningkatkan harga jual rumah nantinya, tentu Anda harus melakukan renovasi dan perbaikan. karena biasanya estetika rumah menjadi hal pertama yang dilihat seseorang saat akan membeli rumah, bila keadaan rumah Anda rapuh tentu akan menurunkan harga jualnya nanti.
  • Masalah kenyamanan, setiap keluarga pasti ingin memberikan kenyamanan pada anggota keluarganya, khususnya istri dan anak-anaknya, bila keadaan rumah Anda tidak nyaman tentu orang yang ada di dalamnya pun tidak akan merasa betah.

Perlunya melakukan renovasi rumah pasti akan terpikir di benak Anda, lalu dari mana dana tersebut bisa anda dapatkan? Sementara yang namanya kebutuhan, bukan hanya sekedar masalah renovasi rumah, ada kebutuhan lain seperti kebutuhan hidup, kebutuhan sekolah anak, biaya asuransi, dan kebutuhan konsumtif lainnya yang semakin mengurungkan niat Anda untuk melakukan renovasi rumah.

Masalah ini tentunya bisa saja dialami setiap orang, terlebih untuk melakukan renovasi rumah tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah mencari pinjaman, lalu dari mana dana pinjaman renovasi rumah bisa Anda dapatkan, berikut beberapa sumber dana pinjaman renovasi rumah yang bisa jadi pilihan alternatif Anda:

Pinjaman Kredit Renovasi Rumah di Bank

Kini Anda sudah bisa lebih tenang, karena lembaga keuangan seperti bank sudah memiliki program kredit untuk renovasi rumah. Fasilitas kredit ini tentunya bisa Anda dapatkan dengan agunan. Selama rumah yang Anda tempati milik sendiri dan ada surat-surat sertifikat rumah yang bisa dijadikan sebagai penjamin.

Pinjaman kredit renovasi rumah merupakan turunan dari kredit KPR yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk melakukan renovasi rumah, bunga yang diberikan pun biasanya cukup rendah dengan masa tenor yang panjang.

Dana yang dikeluarkan biasanya 80% dari harga taksiran rumah Anda, untuk itu dengan dana tersebut Anda bisa membangun kembali rumah, merenovasi dan juga mengubah struktur bangunan sesuai dengan keinginan Anda

Baca Juga: Takut Pinjam Uang Karena Hukum Riba? Gunakan KTA Syariah Sebagai Alternatif Anda

Memanfaatkan Biaya Renovasi Rumah dari Pemerintah

Beberapa bank kini sudah bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan yang memberikan dana untuk merenovasi rumah.

Syaratnya Anda harus terdaftar sebagai anggota BPJSterlebih dahulu selama 5 tahun untuk mendapatkan pinjaman dana tersebut. Dana maksimal yang dikeluarkan untuk  renovasi rumah berkisar 35 juta dengan menjadikan sertifikat rumah sebagai agunan.

Sebelum melakukan renovasi rumah ada baiknya Anda mengkalkulasi besaran pengeluaran yang akan dikeluarkan nantinya, hal ini dilakukan untuk menekan biaya yang tidak perlu Anda keluarkan. Berikut tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan renovasi rumah:

  1. Membuat RAB (Rancangan anggaran biaya) hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat rincian anggaran biaya mulai dari harga material, upah tukang dan keperluan tak terduga lainnya. Dengan membuat rancangan anggaran biaya setidaknya proses renovasi rumah akan berjalan sesuai dengan anggaran yang sudah ditetepakan.
  2. Tidak semua bagian rumah Anda perlu direnovasi, ini pentingnya membuat skala prioritas untuk bagian-bagian mana saja yang nantinya akan dirnovasi. Hal ini dilakukan agar terhindar dari pengeluaran biaya yang tidak diperlukan.
  3. Menggunakan barang bekas yang masih layak pakai merupakan hal yang bisa Anda lakukan saat akan merenovasi rumah. Karena pasti masih ada beberapa barang yang bisa Anda manfaatkan, atau hanya perlu sedikit polesan agar terlihat lebih baik, Anda bisa menggunakan kreativitas Anda untuk menekan biaya pengeluaran renovasi rumah dengan cara ini.
  4. Memilih toko bahan bangunan yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan juga, dengan banyaknya toko bahan bangunan, tentu bisa lebih memudahkan Anda untuk memilih toko dengan harga yang relatif murah namun memiliki kualitas yang sama bagusnya, dengan begitu Anda bisa menekan biaya pengeluaran renovasi rumah agar tidak mengalami kelebihan biaya.

Gunakan Pinjaman Renovasi Sesuai dengan Kebutuhan

Berikut ulasan mengenai pengajuan pinjaman dana renovasi rumah dan tips pemanfaatan biayanya,  ada baiknya juga Anda melakukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s