Bisnis Dropship

Mengenal Bisnis Dropship, Peluang Bisnis Tanpa Modal dan Tanpa Barang

Diposkan oleh

Di zaman online saat ini banyak sekali jenis usaha atau bisnis online yang dapat dilakukan, apalagi bisnis ini bisa dimulai tanpa membutuhkan jumlah modal besar. Anda cukup memiliki laptop dan internet, sehingga Anda bisa memasarkan produk tersebutmelalui marketplace atau media sosial.

Peluang bisnis online terbuka dengan lebar. Ada berbagai macam jenis produk yang bisa di perdagangkan seperti bisnis pakaian wanita, kosmetik, sepatu, elektronik, jam tangan, pelangsing dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis online tidak semua membutuhkan modal untuk men-stok barang. Anda bisa melakukan bisnis dropship.  Apa itu bisnis dropship ?

Bisnis dropship adalah sebuah sistem penjualan sebuah produk yang dilakukan secara online dimana si penjual tidak harus memiliki modal besar dan tidak perlu memiliki produk sendiri.  

Cara kerja dari dropship ini berbeda dengan reseller, dimana dalam sistem reseller penjual diharuskan untuk membeli produk dari supplier untuk mengisi stok barang, lalu kemudian dijual kembali ke konsumen. Pihak reseller kemudian mendapatkan keuntungan dari selisih harga barang yang dijual tersebut.

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang Harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Menarik, Tanpa Modal, dan Tidak Repot

Bisnis dropship ini sangat menarik untuk dicoba, karena kita tidak perlu memiliki modal usaha (uang) yang banyak dan tanpa harus memiliki stok barang. Karena memang sistem jual beli dropship itu penjual tidak wajib memiliki produk sendiri secara langsung. 

Selain itu, penjual tidak perlu repot-repot untuk mengerjakan pengemasan dan proses pengiriman barang kepada pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Keuntungan lainnya, pada kemasan/packaging barang yang dikirim ke pembeli nama pengirim yang tertulis adalah nama kita sebagai penjual, bukan nama supplier.  Jadi identitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.

Untuk memulai bisnis dropship ini, Anda harus memiliki kontak secara langsung dengan supplier barang yang ingin di jual.   Adapun untuk proses transaksi Anda dapat diskusikan langsung dengan supplier barang.

Biasanya pembeli akan membayar kepada Anda sesuai dengan harga barang yang telah Anda tentukan, kemudian Anda harus mengirim uang ke supplier sesuai dengan harga barang yang telah ditawarkan supplier kepada Anda.

Simulasinya seperti ini, pembeli membeli produk dengan harga 100rb dari toko online Anda dengan modal 80rb, lalu Anda menginfokan kepada supplier untuk memesan dan membayar produk tersebut.  Kemudian supplier mengirimkan barang yang dipesan ke alamat pembeli Anda.  Dari transaksi tersebut Anda memperoleh keuntungan 20rb.

Adapun keuntungan dalam menjalankan bisnis dropship, diantaranya tidak membutuhkan modal besar karena penjual bisa menjual produk secara online melalui situs media sosial.  

Kedua, sangat praktis karena sebagai seorang dropshipper, kita tidak perlu memikirkan proses pengadaan barang, proses packing, dan proses pengiriman barang ke konsumen karena semua proses tersebut sudah menjadi urusan supplier.  Dan tentunya bisnis online ini dapat dikerjakan darimana saja.

Keuntungan terakhir adalah bisnis ini tidak ada biaya operasional karena bisnis dropship bisa dijalankan hanya dengan ponsel dan internet yang memang sudah Anda gunakan sebelum berbisnis.

Lalu apakah Anda sudah siap menjadi dropshipper

Tips Singkat untuk Menjadi Dropshipper yang Baik

Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak kita inginkan, sebagai dropshipper Anda harus selektif dalam bekerja sama dengan penyedia barang atau supplier. Bisnis akan berjalan lancar apabila supplier dan dropshipper bekerjasama dengan baik.

  1. Pilihlah supplier dari wholesale.  Biasanya penjual sistem ini tidak mengambil untung besar hanya pada banyaknya jumlah barang yang dijual.
  2. Pilih supplier yang sudah memiliki sistem dropship yang sudah jelas, mulai dari proses dan sistem pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pesanan, hingga proses packaging dan pengiriman barang ke konsumen.
  3. Pilihlah supplier yang mudah untuk dihubungi.  Biasanya supplied tidak mau menerima telepon, jika menerima biasanya tidak ingin berlama-lama karena mereka harus melayani banyak dropshipper dan customer lainnya.
  4. Biasanya supplier akan menanyakan info mengenai nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper untuk digunakan sebagai data pengirim kepada pembeli, supplier akan menuliskan nama toko online si dropshipper pada kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Rumahan Modal Minim yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Temukan Supplier yang Terpercaya dan Jalin Hubungan Baik

Jadi intinya, bisnis dropship ini sering dilakukan secara online.  Dan Anda tidak memerlukan modal uang yang banyak dan tidak perlu stok barang, Anda cukup memulai hubungan kerjasama dengan supplier.  

Tugas Anda mencari supplier barang yang ingin dijual dengan harga terjangkau, dan mengetahui berapa harga setiap barang yang diberikan oleh supplier kepada Anda. Selanjutnya Anda bisa menjual barang dengan harga yang telah Anda sesuaikan dengan keuntungan.  

Pengiriman barang pesanan akan ditulis sesuai dengan nama toko online Anda sehingga pembeli hanya tahu bahwa barang itu dikirim oleh Anda. Jangan lupa juga untuk menjalin kerjasama dengan baik kepada pihak supplier agar komunikasi dapat terus berjalan dengan lancar dan kelangsungan kerjasama tetap terjaga. Semoga Bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s