Bisnis Sampingan Mahasisws I

Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang Harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Diposkan oleh

Memiliki bisnis atau usaha sampingan tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri sebagai mahasiswa, disamping kita harus fokus belajar demi mengejar gelar sarjana, kita pun harus dapat mengelola usaha sampingan yang kita miliki dengan baik.

Bisnis atau usaha sampingan umumnya dapat mengajarkan kita untuk bisa lebih fokus dan bersabar dalam menjalaninya, apapun jenis dari bisnis sampingan yang Anda lakukan sebagai mahasiswa tentu membutuhkan tenaga dan fikiran yang cukup, agar dapat mengelolanya dengan baik.

Apapun gelar yang Anda miliki, baik Anda seorang sarjana, mahasiswa ataupun seorang ibu rumah tangga pasti menginginkan usaha yang ditekuninya selalu berjalan dengan lancar serta tidak ada hambatan apapun di dalam pengelolaannya.

Meski untuk mendapatkan itu semua tentu bukanlah hal yang mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar membuat bisnis atau usaha sampingan Anda nantinya dapat terus berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Jenis Bisnis Rumahan Modal Minim yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tips usaha sampingan yang dimiliki mahasiswa agar tetap terus berjalan dengan lancar diantaranya:

Merencanakan Strategi Bisnis.

Segala sesuatu yang kita lakukan sebagai pengusaha yang sedang mulai merintis usaha adalah merencanakan strategi bisnis kita. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan strategi bisnis agar dalam menjalaninya kita dapat selalu siap menerima segala risiko mulai dari hal yang terburuk sekalipun. Apalagi Anda yang seorang mahasiswa.

Memiliki usaha sampingan sambil menekuni kegiatan kuliah bukanlah hal yang sangat mudah karena memerlukan tenaga dan pikiran ekstra untuk melakukan itu semua. Untuk itu sejak awal dimulainya usaha tersebut, Anda perlu merencanakan segala sesuatunya dengan baik.

Sama- Sama Fokus di Kedua Bidang

Tentu hal ini bukanlah hal yang mudah dilakukan bagi sebagian mahasiswa. Anda harus dapat memisahkan dua waktu yang berbeda.

Saat Anda sedang dalam kegiatan kuliah usahakan tetap fokus untuk belajar dan menekuni kegiatan mahasiswa Anda di kampus dan ketika Anda sedang dalam kegiatan berbisnis, fokuskan pikiran dan badan Anda untuk sepenuhnya menjadi seorang pengusaha.

Memilih Bidang yang Disukai

Ketika Anda memilih untuk terjun di dunia bisnis, sebaiknya melakukannya dengan sepenuh hati, biasanya ketika seseorang melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, tentu hal tersebut akan berkaitan dengan apa yang disukainya, begitupun dengan berbisnis.

Saat Anda melakukan bisnis dengan sesuatu yang Anda sukai pasti segala sesuatunya akan berjalan dengan mudah, misalkan Anda sangat menyukai hal yang berhubungan dengan kuliner, kenapa tidak membuka usaha kuliner kecil-kecilan, karena hal yang besar pasti berawal dari sesuatu yang kecil.

Pengelolaan Waktu yang Efektif

Mungkin dengan title Anda sebagai mahasiswa sekaligus sebagai seorang pemilik usaha akan lebih sulit membagi waktu dibandingkan dengan mahasiswa lain yang hanya fokus pada satu bidang.

Meski kegiatan yang Anda lakukan sangat padat, pastikan menyisihkan sedikit waktu istirahat di dalamnya karena waktu istirahat sangat penting untuk menjaga agar semua kegiatan yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Bersikap Layaknya Pengusaha

Bekerja keras dalam menjalankan sebuah usaha merupakan bagian yang penting dalam kegiatan bisnis, namun itu semua bukanlah hal yang utama, karena kerja keras merupakan salah satu aspek yang memang seharusnya dilakukan.

Akan tetapi, cara berpikir dalam merekrut orang untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan bisnis adalah hal utama yang harus dilakukan. Anda pun harus mengingat bahwa salah satu cara untuk sukses bukan hanya tergantung pada apa yang kita kerjakan, tapi pada cara orang lain melakukan pekerjaan tersebut untuk kita. Itulah rumus utama dalam menjadi seorang pengusaha.

Memiliki pllaning B dan C

Perlu Anda ingat tidak semua kegiatan usaha dapat berjalan dengan mulus, adakalanya kita mengalami pasang surut dalam melakukan kegiatan usaha, untuk itu dibutuhkan berbagai rencana atau planing lain diluar itu semua, untuk dapat menghindari Anda dari kegagalan ketika melakukan sebuah usaha.

Selalu Kreatif dalam Berpikir

Dalam menjalankan sebuah usaha, kreativitas merupakan hal yang sangat penting untuk pengembangan usaha. Tentunya Anda harus memiliki ide-ide baru yang original agar dapat mengembangkan bisnis Anda. Cara berpikir kreatif juga sangat dibutuhkan agar usaha yang Anda jalani berbeda dengan kebanyakan orang, sehingga akan banyak menarik konsumen.

Melakukan Analisa Usaha Orang Lain

Melakukan analisa merupakan hal yang penting dalam melakukan sebuah usaha. Dengan belajar dari kegagalan dan suksesnya usaha orang lain, bisa Anda jadikan sebagai pengalaman yang membuat Anda lebih baik dalam  menjalankan usaha Anda. Dari hasil analisa yang Anda lakukan tentu akan diperoleh strategi bisnis yang sukses yang bisa Anda terapkan untuk meminimalisir kegagalan usaha Anda

Baca Juga: Tips Cerdas Mengatur Gaji Anda Sehabis Gajian agar Tidak Cepat Ludes

Perhatikan Kualitas Usaha dan Produk yang Ditawarkan

Di dalam melakukan sebuah usaha, baik usaha besar ataupun kecil tentu dibutuhkan sesuatu yang berkualitas untuk dijual, misalnya Anda seorang mahasiswa yang memiliki usaha pakaian online, tentu yang harus Anda perhatikan selain harga juga produk yang berkualitas, biasanya para konsumen akan membandingkan harga  barang satu dengan yang lainnya sebelum membeli barang tersebut, dan dari segi kualitas yang baik juga tentunya. Agar usaha yang Anda lakukan bisa jangka panjang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s