Bisnis Laptop Bekas Ternyata Menguntungkan Lho! Cek Alasanya Berikut Ini

Posted by

Memiliki usaha jual beli laptop bekas atau second & netbook second ternyata peluang usaha yang menggiurkan dengan memiliki keuntungan lumayan besar.  Peluang usaha ini cocok sekali untuk Anda yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari tengah kota, otomatis jauh dari pusat jual beli elektronik.  

Untuk menjalankan bisnis ini yang Anda perlukan adalah kemampuan untuk mengetahui spesifikasi apakah laptop dan netbook yang ditawarkan kepada Anda masih bagus atau tidak dalam arti berfungsi dengan baik, masih memiliki nilai jual.  Hal ini untuk menentukan bahwa laptop second atau netbook second tersebut gampang dijual kembali.

Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang saat ini banyak dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan seperti pekerjaan bagi pekerja di kantor, pendidikan bagi mahasiswa.  Laptop yang memiliki bentuk portable sangat mudah dibawa kemanapun dibandingkan harus menggunakan komputer.  Saat ini ntuk membeli sebuah laptop sudah sangat gampang, karena sudah banyak laptop bekas atau second yang dijual.

Bagi mayoritas orang yang memiliki modal dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha atau bisnis, apalagi jika harga jual yang ditawarkan murah dan kondisi laptop bekas yang dijual masih sangat baik maka banyak orang yang berminat untuk membelinya.

Harga laptop bekas bervariatif tergantung merek, spesifikasi dan kondisi barang nya, semakin tinggi spesifikasi nya maka harganya juga semakin tinggi.  Untuk cara kerja penjual laptop bekas juga tidak rumit, Anda dapat menjual laptop bekas dengan menambahkan selisih harga dari penjual pertama.

Untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, cukup dengan modal kira-kira 20 juta Anda sudah bisa berjualan laptop bekas.  Apalagi jika melihat tingkat perputaran uang pada jual beli laptop bekas yang sangat cepat maka bisa memungkinkan Anda untuk balik modal dan mendapatkan keuntungan.

Bisnis laptop bekas bisa dibilang tidak pernah sepi, karena banyak orang yang rela menjual laptop karena butuh uang, dan Anda bisa mengambil kesempatan ini dengan menjualnya kembali kepada konsumen yang sedang membutuhkan laptop.  Saat yang paling ramai untuk jual beli laptop adalah ketika tahun ajaran kuliah yang baru, banyak mahasiswa baru yang butuh laptop untuk mengerjakan tugas atau sekedar mengisi kebosanan untuk bermain game.

Jika anda memiliki relasi dari Batam atau Singapore maka lebih baik, karena harga jual dari batam sangat murah yang kemudian dapat anda jual lagi di daerah anda dengan harga yang lebih tinggi. Anda bisa mendapatkan keuntungan Rp200 ribu – Rp1 juta per unit laptop bekas.

Baca Juga: Tips Cerdas Mengatur Gaji Anda Sehabis Gajian agar Tidak Cepat Ludes

Berikut tips untuk memulai bisnis jual beli laptop second

Lakukan Survey Harga Pasar

Lakukanlah survei harga pasar laptop bekas di pusat jual beli laptop.  Cermati harga jual dan harga beli dari setiap seri laptop dan netbook yang sedang laku saat itu.  Jangan mengambil resiko dengan menjual laptop second atau netbook second yang sudah jarang terjual, kecuali Anda yakin bahwa produk dapat terjual dengan cepat.

Promosikan Penjualan Anda

Sebar brosur iklan atau bisa juga lewat situs e-commerce bahwa Anda menerima atau membeli laptop dan netbook second.

Periksa Kondisi Barang dengan Baik

Periksa dengan baik laptop dan netbook second yang ditawarkan oleh para penjual. Pemeriksaan ini penting dilakukan agar barang yang Anda dapat masih memiliki kualitas yang baik dan bisa dijual kembali.

Jadikan Pusat Belanja Elektronik Sebagai Alternatif

Untuk bisa menjual cepat, Anda bisa jual ke pusat belanja elektronik.  Tentunya harganya yang ditawarkan tidak sebesar kalau dijual langsung ke pemakai.

Tips bagi Anda jika ingin mencoba peruntungan di usaha jual beli laptop second dan netbook second ini adalah lebih baik Anda berfokus terhadap netbook second.

 Alasan pertama adalah saat ini netbook banyak beredar di pasaran laptop second dan netbook second karena eksistensi netbook ini mulai tergantikan dengan tablet.  Bagi para penggemar gadget yang menggunakan laptop dan netbook hanya untuk kebutuhan lifestyle, pasti akan menjual netbook yang mereka punya dan memilih untu membeli tablet.

Alasan kedua adalah modal yang perlu Anda persiapkan lebih kecil, dengan potensi keuntungan atau margin yang hampir sama.  Harga netbook second tentu lebih murah jika dibandingkan dengan harga laptop second.  Perbedaan antara laptop second dan netbook second berkisar antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Baca Juga: Punya Bisnis Sampingan Mahasiswa? Ini Tips-Tips yang harus Kamu Coba agar Usaha Kamu Makin Lancar

Kondisi Barang Menjadi Prioritas Utama

Walaupun modalnya tidak terlalu besar, Anda harus benar2 memperhatikan kondisi laptop yang akan Anda beli dan jual kembali.  Sebab apabila Anda tidak hati-hati, Anda malah akan dikomplain oleh pembeli dan barang akan dikembalikan, hal ini malah akan menimbulkan kerugian.  

Untuk berjualan di pasar online cermat pula melihat pembeli, jangan sampai mengirim barang tanpa ada transaksi.  Karena maraknya penipuan dibidang jual beli online wajib untuk Anda waspada.