Bisnis Rumahan

5 Jenis Bisnis Rumahan Modal Minim yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Diposkan oleh

Menjadi seorang ibu rumah tangga tidak hanya mengurus di dapur dan membesarkan anak saja, tapi bagi ibu rumah tangga yang inovatif dan kreatif dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk membantu suami dalam hal mencari nafkah yaitu dengan menjadi wanita karir melalui kegiatan bisnis rumahan.

 Ketika bisnis yang dijalankan sudah mulai berkembang, selanjutnya bisa mencari pekerja atau pegawai untuk membantu menjalankan bisnis tersebut sehingga tugas sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dikerjakan.

Tugas seorang suami memang menjadi pencari nafkah bagi keluarga, namun tidak ada salahnya jika istri menjalankan sebuah usaha sampingan untuk menambah penghasilan sehingga ekonomi keluarga dapat lebih terbantu.

Baca Juga: Pilihan Bisnis Jasa yang Mumpuni dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Jalankan

Oleh karena itu, inilah beberapa jenis usaha rumahan dengan modal minim yang sekiranya cocok untuk dilakukan oleh seorang Ibu Rumah Tangga.

1. Bisnis  Catering Rumahan

Bagi para ibu yang memilki keahlian dibidang memasak maka bisa memanfaatkan potensi yang ada didiri nya tersebut untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis katering masakan rumahan.  Ini merupakan peluang bisnis yang cukup besar, mengingat banyak orang yang tidak sempat memasak karena faktor kesibukan yang di lakukan.

Saat ini sudah cukup banyak ditemukan ibu-ibu yang memulai bisnis kuliner dengan membuka warung sederhana, misalnya dengan menu masakan khas daerah, hingga paket nasi kotak untuk keperluan acara resmi formal.

Untuk memulai bisnis ini tidak perlu membuat masakan dalam jumlah besar, Anda dapat memulai dengan membuat prosi makanan yang kecil dulu lalu mulailah memperkenalkannya kepada orang-orang sekitar namun ketika Anda telah punya banyak pelanggan atau pembeli berdatangan maka Anda bisa mencoba meningkatkan produksi makanannya.

2. Bisnis Online

Semakin berkembang dunia digital saat inimampu mendukung lahirnya berbagai usaha kreatif termasuk yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga salah satunya adalah dengan berbisnis online.  

Anda coba bisnis di bidang fashion dan kuliner sebagai langkah awal.  Selain karena banyak peminatnya, kedua bisnis tersebut juga sangar dekat dengan dunia perempuan.  Sehingga akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Bagi yang ingin mencoba peruntungan melalui bisnis online kedua bidang tersebut, semakin dipermudah dengan adanya sistem reseller dan drop shipper. Dimana, ini merupakan sistem yang Anda hanya bersifat sebagai perantara mempertemukan pembeli dengan penjual.  

Sistem jualan online ini modalnya terbilang kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal sama sekali.  Anda hanya perlu handphone dan kuota internet serta promosi dengan rajin agar pembeli juga datang..

3. Bisnis Kue

Bisnis Kue saat ini bisa dibilang cukup menjanjikan, kue sering kali menjadi hidangan untuk keluarga baik di pagi hari, sore hari dan malam, terlebih lagi ketika sedang ada acara seperti seminar, workshop atau lainnya maka membutuhkan makanan ringan, salah satunya kue.

Melihat adanya peluang yang cukup besar ini, maka bisnis kue dapat menjadi salah satu bisnis rumahan yang bisa Anda coba, Anda bisa membuat aneka kue dengan rasa yang enak.  

Kemudian tawarkan kue yang Anda buat kepada masyarakat, jika rasanya cocok dengan selera umum pastinya kedepan akan terus berkembang dan menjadi sumber penghasilan keluarga.

4. Bisnis Laundry atau Cuci Baju Kiloan

Semakin banyak orang yang kian sibuk dengan pekerjaannya, membuat dirinya hingga tidak sempat (tidak ada waktu) untuk mencuci pakaian.  Bagi orang yang hidup di kota besar dengan segudang kegiatan, tentu ini menjadi sebuah problem tersendiri bagi mereka.

Mereka cenderung akan memilih menggunakan jasa cuci baju (laundry) untuk membantu mencuci pakaian mereka. Selain tidak perlu dikerjakan sendiri, praktis, harganya pun tergolong terjangkau.  

Melihat adanya peluang tersebut, menjadi kesempatan tersendiri bagi Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Anda hanya bermodalkan mesin cuci yang dapat berfungsi dengan baik dan alat seterika untuk mendukung bisnis Anda.

5. Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Bukan sebuah rahasia lagi kalau bisnis ini membutuhkan modal yang kecil.  Mayoritas agen yang menawarkan diri sebagai rekan bisnis agen jual pulsa elektrik, tidak akan diminta biaya pendaftaran atau registrasi.

Anda hanya perlu untuk mendaftarkan diri anda, memiliki handphone untuk beroperasi dan membeli deposit pulsa yang nantinya akan Anda jual.  Jumlah deposit yang dapat Anda belipun hanya sekitar Rp. 100.000,- saja.

Bisa dikatakan ini merupakan bisnis dengan modal seratus ribu rupiah saja.  Terlebih dengan adanya paket data, dimana orang membutuhkan internet, Anda bisa menjual 2 produk sekaligus.

Baca Juga: Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

Kesabaran dan Ketekunan Merupakan Modal Utama Kesuksesan Usaha Anda

Memulai sebuah usaha tidak hanya memerlukan modal, tapi juga ketekunan dan keahlian.  Jika Anda memiliki keahlian tertentu, tidak ada salahnya menggunakan itu sebagai potensi untuk memulai bisnis. Semoga Bermanfaat !

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s