Pinjaman Uang di Pegadaian

Pinjaman Uang di Pegadaian? Cari Tahu Ketentuan dan Manfaatnya Berikut Ini

Posted by

Tingginya kebutuhan akan biaya hidup yang semakin melambung  dan sulit untuk diprediksi, tak jarang membuat masyarakat untuk mencari tambahan biaya demi menutupi segala kebutuhan yang datang secara tiba-tiba.

Meski kita sudah bekerja semampunya, namun yang namanya kebutuhan pasti akan tetap ada dan malah terkadang datang di saat kondisi keuangan sedang tidak stabil. Kebutuhan yang mendesak bisa datang dari mana saja seperti kebutuhan akan biaya kesehatan, kecelakaan, kematian, kebutuhan biaya sekolah bahkan kebutuhan  yang sifatnya konsumtif.

Keadaan ekonomi yang tidak stabil membuat kita perlu memutar otak untuk mencari jalan keluar mengenai masalah keuangan yang sedang dihadapi. Melihat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, sedangkan dana tabungan yang ada hanya cukup untuk menutupi sebagian saja dari kebutuhan tersebut.

Tentu kita perlu mencari solusi agar keluar dari pemasalahan ini, salah satunya dengan melakukan pinjaman pada lembaga keuangan seperti pegadaian.

Pegadaian merupakan perusahaan BUMN yang memiliki izin resmi hadir untuk mengatasi masalah keuangan Anda. Melalui pegadaian Anda bisa melakukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meminjam dana melalui pegadaian berarti Anda harus siap menggadaikan barang Anda selama proses cicilan berlangsung, sistem yang berbeda layaknya bank yang hanya menggunakan surat-surat berharga sebagai jaminan.

Keuntungan melakukan pinjaman melalui pegadaian diantaranya, Anda bisa menggadaikan beberapa jenis  barang tententu yang sudah ditetapkan, dengan begitu Anda bisa langsung mendapatkan dana secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama, selain itu bunga yang ditetapkan pegadaian pun sangatlah rendah.

Baca Juga: Pinjam Uang Online? Simak Cara Pengajuan dan Keuntungannya Berikut Ini

Namun terdapat kelemahan bagi nasabah yang akan menggadaikan motor sebagai jaminan, hal ini dikarenakan motor yang akan Anda jadikan sebagai agunan tentunya harus disimpan di kantor pegadaian selama proses cicilan, kemungkinan hal ini akan menyulitkan Anda bagi yang menggunakan motor sebagai kendaraan operasional sehari-hari.

Berikut beberapa jenis barang yang bisa Anda jaminkan melalui pegadaian untuk mendapatkan dana yang Anda butuhkan :

  • Barang elektronik, berupa televisi, kulkas, radio dan alat rumah tangga lainnya. Namun, syarat yang ditentukan untuk barang elektronik biasanya dengan masa produksi 1 tahun terakhir dan bukan sembarangan barang elektronik, semakin baru jenis barang yang akan digadaikan maka semakin besar pula jumlah dana yang akan Anda terima nantinya.
  • Kendaraan, untuk kendaraan bermotor minimal dengan masa produksi 5 tahun terakhir, sedangkan untuk kendaraan mobil minimal dengan masa produksi 10 tahun terakhir.Anda juga perlu menyertakan surat-surat seperti faktur pembelian, STNK dan BPKB, selain itu Pegadaian juga menerima gadai surat BPKB tanpa kendaraan, namun melalui proses yang berbeda.
  • Emas, hampir semua golongan masyarakat lebih banyak menggunakan emas sebagai barang yang digadaikan, karena selain emas mudah dibawa, harga nya pun cenderung stabil, sehingga akan lebih mudah dalam proses mencairkan dana. Persyaratan yang di butuhkan cukup dengan membawa KTP  dan surat-surat pembelian ketika akan menggadaikan emas.
  • Gadget, Gadget yang bisa digadaikan berupa smartphone dan laptop. Sama seperti yang disebutkan diatas, memang tidak semua gadget yang bisa digadaikan melalui pegadaian, syarat yang diberlakukan biasanya gadget keluaran baru dengan kondisi masih baik dan utuh.
  • Kamera, Anda juga bisa menggadaikan kamera untuk dijadikan sebagai jaminan mendapatkan dana di pegadaian, biasanya jenis kamera yang dijadikan jaminan berupa DSLR yang masih berfungsi dengan baik, dengan masa produksi 1 tahun terakhir.

Ketentuan yang digunakan di pegadaian sebenarnya hampir sama dengan lembaga keuangan bank serta lembaga keuangan koperasi, Anda cukup membawa kartu identitas diri, kelengakapan surat-surat beserta barang yang akan digadaikan,  lalu mendatangi kantor pegadaian terdekat, Anda juga perlu melakukan proses administrasi lainnya untuk segera mendapatkan dana yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Gadai BPKB Motor untuk Dapat Pinjaman? Cermati Hal-Hal Berikut Ini agar Cicilan Anda Tidak Macet

Syarat-syarat yang harus dipenuhi diantaranya:

  1. Foto Copy KTP dan KK
  2. Barang jaminan
  3. Apabila barang yang digadaikan kendaraan wajib menyertakan surat BPKB dan STNK
  4. Surat-surat pembelian atau faktur pembelian barang

Keunggulan dan ketetapan meminjam di Pegadaian

  1. Prosedur melakukan pinjaman di pegadaian sangatlah mudah, Anda cukup membawa barang yang akan dijadikan agunan beserta kelengkapan surat dan dana pun akan Anda dapatkan melalui serangkaian proses sederhana.
  2. Untuk melakukan pinjaman di pegadaian tidak dibutuhkan nomor rekening, karena  biasanya dana akan langsung cair pada saat itu juga, sehingga nantinya Anda tinggal melakukan pembayaran cicilan dengan mendatangi outlet pegadaian terdekat.
  3. Proses pencairan tidak memakan waktu lama, kurang lebih 15 menit dan dana pun sudah siap dicairkan.
  4. Pinjaman yang dilakukan melalui pegadaian paling lama hanya selama 4 bulan saja atau sekitar 120 hari, apabila Anda ingin memperpanjang masa pinjaman, Anda  cukup membayar sewa modal atau mengangsur sebagian pinjaman.
  5. Bunga yang ditetapkan pegadaian pun sangatlah rendah dengan sistem angsuran tetap
  6. Bagi nasabah yang akan melakukan pelunasan bisa kapan saja tanpa terkena pinalti serta tanpa batas waktu.

Ajukan Pinjaman Uang dengan Mudah Lewat Pegadaian

Berbagai kemudahan tentu bisa Anda dapatkan melalui pinjaman dana di pegadaian, selain syaratnya yang tidak rumit dana pun bisa langsung dicairkan, karena pegadaian bisa mengatasi masalah Anda tanpa adanya masalah. Semoga Bermanfaat!