Pinjaman Modal Usaha

Kiat-Kiat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha untuk Kamu yang Butuh Dana Cepat!

Posted by

Pinjaman modal usaha bisa dibilang sebagai hal yang pasti dibutuhkan oleh setiap pengusaha maupun calon pengusaha yang akan mengembangkan atau memulai bisnisnya. Adakalanya perusahaan membutuhkan dana tambahan dalam waktu yang cepat dan relatif singkat. Apalagi bagi para karyawan yang ingin banting setir menjadi seorang pengusaha, tentu menjadikan modal usaha kerja sebagai hal pertama yang harus disiapkan.

Untuk saat ini menjadi seorang pengusaha tentunya menjadi dambaan hampir setiap orang, apalagi adanya peluang yang membuat keinginan tersebut semakin besar. Lalu masalahnya darimana mendapatkan modal usaha yang tentunya tidak sedikit nominalnya.

Meski adanya peluang jika terhambat dengan adanya modal, tentu usaha manapun tidak akan berjalan dengan baik bukan?

Kebutuhan Dana Cepat untuk Memajukan Usaha dalam Jangka Panjang

Perusahaan manapun pasti membutuhkan dana segar untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya. Hal ini menjadi sangat wajar, karena setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk mencari tambahan modal. 

Tujuan dilakukannya peminjaman modal usaha ini bukan hanya untuk pengembangan usaha saja. Biasanya juga dilakukan untuk pengelolaan operasional usaha sehari-hari agar lebih efisien. Selain itu, agar tidak kesulitan melakukan produksi dalam mendapatkan jasa maupun barang yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pinjaman Dana Tunai Anda Tidak Setujui? Pahami Dulu Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Ajukan

Teliti Memilih Pinjaman Modal Usaha Sebagai Solusi Dana Tambahan

Pinjaman Modal Usaha
Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha kerja bisa menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan dana dengan cepat. Biasanya pinjaman tersebut diberikan kepada para pengusaha maupun calon pengusaha yang ingin memulai usaha maupun meningkatkan produksi usahanya.

Tapi jangan sampai Anda salah langkah ya, dengan asal-asalan meminjam pinjaman modal, yang ada malah nantinya kesulitan dengan sistem bunga yang tidak sesuai dengan kesanggupan Anda dalam tahap pelunasan pinjaman.

Di Indonesia sendiri, sudah mulai banyak lembaga keuangan seperti bank yang membuka kesempatan bagi para pengusaha maupun calon pengusaha. Caranya dengan menerapkan pinjaman tanpa agunan yang dikhususkan untuk modal usaha kerja.

Namun, dari ada atau tidaknya jaminan dari bank atau lembaga keuangan tersebut pasti tetap dibutuhkan berbagai persyaratan sebelum melakukan pinjaman modal usaha. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kiat-kiat dan syarat mengajukan pinjaman modal usaha.

Pahami Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

Pahami Persyaratan Pinjaman Modal Usaha
Pahami Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

Persyaratan yang dibutuhkan pada setiap bank tentunya akan berbeda-beda dan tidak akan sama, itu semua berdasarkan ketentuan dari pihak bank nantinya.

Untuk perusahaan yang akan berencana mengajukan pinjaman modal usaha haruslah mengetahui terlebih dahulu manfaat dari pinjaman yang akan dilakukan nantinya. Misalnya apakah pinjaman tersebut akan dijadikan sebagai dana cadangan untuk melindungi usaha kerja saat terjadi krisis, atau untuk pengembangan usaha agar lebih cepat dalam segi produksi.

Sebagai pengusaha Anda bisa memilih alternatif pilihan, antara bank konvensional maupun pinjaman online, dari kedua alternatif tersebut bisa Anda jadikan sebagai pilihan tempat untuk melakukan pinjaman modal usaha.

Untuk perusahaan yang membutuhkan dana modal usaha dengan nominal yang cukup besar, Anda bisa memilih alternatif lembaga keuangan seperti bank seperti Bank Mandiri, . Mayoritas bank di Indonesia kini sudah memiliki program kredit modal usaha kerja yang ditujukan untuk para nasabahnya dengan fasilitas pinjaman tanpa jaminan.

Penawaran dari lembaga perbankan atau bank tentunya akan sangat menguntungkan Anda sebagai pengusaha ataupun calon pengusaha yang membutuhkan modal dengan nominal yang cukup besar.

Namun untuk mendapatkan dana pinjaman usaha dari bank tentunya Anda harus lolos dari berbagai serangkaian persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak bank nantinya. Karena prosesnya yang tidak sembarangan, sehingga memang tidak begitu mudah untuk mendapatkan dana modal usaha dari lembaga keuangan ini.

Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki usaha minimal 2 tahun dengan bidang usaha yang sama
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Memiliki skor kredit yang baik (belum pernah mendapat fasilitas kredit atau tidak mengalami kredit macet).

Dokumen Persyaratan Pinjaman Modal Usaha

  • KTP.
  • Akta Nikah (bila sudah menikah).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).
  • Informasi Rekening Tabungan 3 bulan terakhir.
  • Kelengkapan surat dan izin usaha yang meliputi: akte pendirian usaha, surat izin usaha perdagangan (SIUP) serta tanda daftar perusahaan (TDP).
  • Slip Gaji (khusus untuk karyawan).

Persyaratan yang terakhir merupakan persyaratan yang paling penting dan sangat dipertimbangkan oleh pihak bank nantinya, Meski sistemnya tidak membutuhkan jaminan untuk “disekolahkan” tetapi adanya slip gaji minimal menjadi persyaratan yang wajib untuk pengajuan pinjaman modal usaha di bank.

Pinjaman Online Sebagai Alternatif Mendapatkan Modal Usaha Kecil

Mungkin untuk Anda yang membutuhkan pinjaman dana cepat dan nilainya tidak begitu besar, Anda bisa memilih mengajukan pinjaman online, selain prosesnya yang cukup mudah, pencairan dana nya pun relatif sangat cepat. Biasanya Anda hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan dan dokumen seperti:

  • KTP.
  • Slip gaji.
  • Fotokopi rekening tabungan.
  • Fotokopi NPWP dan pas foto.
  • Memiliki penghasilan tetap.
  • WNI.
  • Berusia 21 tahun keatas.

Baca Juga: Pinjam Uang Online? Simak Cara Pengajuan dan Keuntungannya Berikut Ini

Hal ini dikarenakan dari data nyata yang didapatkan melalui slip gaji akan terlihat besaran pendapatan Anda tiap bulannya. Sehingga pihak bank bisa langsung memprediksi apakah pinjaman Anda bisa diterima atau tidak.

Jika pinjaman yang Anda ajukan nilainya sangat besar, sementara penghasilan bulanan Anda sedang-sedang saja, tentu hal tersebut tidak sesuai dengan kemampuan financial Anda untuk melunasi cicilan nantinya. Sehingga bisa dipastikan pinjaman tersebut akan sulit diterima.

Kepercayaan Merupakan Persyaratan Utama Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Melakukan pinjaman dana di lembaga keuangan manapun kunci utamanya adalah sebuah kepercayaan, jika Anda  paham betul mengenai proses dan persyaratan untuk pengajuan dana modal usaha, tentu pinjaman yang Anda lakukan akan disetujui dengan cepat.

Untuk itu memenuhi persyaratan dengan benar dan jujur merupakan kunci utama dalam pengajuan pinjaman dana untuk modal usaha di bank. Dan pastinya jika pengajuan pinjaman dana Anda dikabulkan bisa menguntungkan untuk Anda sebagai pengusaha maupun calon pengusaha. Semoga bermanfaat!

 

Butuh Dana Cepat untuk Modal Usaha? Download Aplikasi Indodana Sekarang dan Segera Lengkapi Data Anda!

Download App Indodana Sekarang!